10 Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Ibu hamil lebih cenderung memilih makanan dan minuman selama kehamilan. Karena apapun yang dikonsumsi mempengaruhi kondisi tubuh dan kesehatan janin. Sayuran dan buah-buahan harus selalu dijadikan sebagai makanan rutin.

Bukan tanpa alasan kedua jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral cukup tinggi. Konsumsi secara teratur dapat memenuhi kebutuhan asupan makanan sehari-hari, yang secara signifikan mendukung kesehatan ibu dan janin.

Manfaat-Tomat-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Makanan yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil adalah tomat. Tomat memiliki beragam manfaat untuk wanita hamil. Hal ini karena tomat mengandung berbagai nutrisi dan mineral seperti karbohidrat, vitamin B, protein vitamin C, vitamin K, vitamin A, serat dan banyak lagi lainnya.

Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil

Mengatasi Hipotensi

Tekanan darah rendah adalah keluhan paling umum dari wanita hamil. Kondisi ini terjadi karena pembuluh darah besar yang tertekan oleh janin yang semakin hari semakin membesar. Nah, tomat sebenarnya memiliki salinitas, likopen, dan bioflavanoid, yang sangat berguna untuk mengatasi tekanan darah rendah (hipotensi). Jika Anda memiliki tekanan darah rendah, anda bisa makan tomat sebagai buah segar setiap hari. Namun, perlu diingat bahwa tidak dianjurkan mengonsumsi terlalu banyak bagi ibu hamil untuk menghindari kemungkinan efek samping.

Membantu Perkembangan Sel Janin

Kadar likopen dalam tomat banyak sekali manfaatnya bagi para ibu hamil, nah, yang satu ini jangan dianggap remeh. Mengkonsumsi tomat dan kandungan likopen dapat membantu perkembangan sel janin.

Mengatasi Anemia

Wanita hamil terutama wanita hamil muda sering menderita anemia (kekurangan darah). Anemia hal-hal yang tidak boleh diremehkan untuk wanita hamil. Buah tomat memiliki zat besi yang cukup tinggi untuk mengatasi anemia.

Mencegah Sariawan dan Bibir Pecah-pecah

Tidak hanya zat besi, tetapi juga tomat mengandung vitamin C yang cukup tinggi untuk memperkuat kekebalan, mengatasi sariawan, sakit tenggorokan dan bibir pecah-pecah. Sariawan biasanya diremehkan, meskipun sariawan dapat mengurangi nafsu makan yang berbahaya bagi wanita hamil.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ibu hamil perlu tahu ini, ternyata tomat mengandung likopen yang sangat berguna untuk mengobati gangguan pencernaan. Padahal, kandungan tersebut dapat mengoptimalkan fungsi hati dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Memenuhi Asupan Nutrisi

Sebelumnya dikatakan bahwa tomat kaya nutrisi dan mineral. Salah satunya adalah vitamin C. hal ini terbukti dari 100 gram tomat yang mengandung setidaknya 34 mg vitamin C. Tidak hanya itu tomat juga mengandung 4,7 gram karbohidrat, 1,3 gram protein, 8 mg kalsium, 77 mg fosfor, 0 5 g Lemak, 0,6 mg zat besi, dan 2,083 μg karoten.

Semakin tinggi kandungan vitamin C dalam tubuh, semakin tinggi proses penyerapan zat besi selama kehamilan. Vitamin C juga membantu dalam pembentukan tulang, gigi, dan gusi pada janin. Tomat dapat digunakan sebagai sumber energi karena kandungan kalorinya yang tinggi.

Meningkatkan Imunitas

1 buah tomat mengandung setidaknya 10-15 mg vitamin C. Vitamin C memiliki efek yang sangat positif pada kesehatan wanita hamil. Kali ini, vitamin C digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama selama kehamilan. Vitamin C juga membantu ibu menyerap zat besi dan memperkuat tulang dan gigi.

Vitamin C dalam tomat ternyata juga sangat bermanfaat bagi janin. Yaitu untuk pembentukan organ bayi di dalam rahim. Baik itu pembentukan otot, kulit, tulang maupun gigi. Karena itu, ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi 80-85 mg vitamin C setiap hari.

Melancarkan Pencernaan

Tomat juga mengandung banyak serat. Setidaknya 1,5 gram serat dimasukkan per 100 gram tomat. Tingginya kadar serat dalam tomat melancarkan pencernaan, terutama pada wanita hamil. Sebagian besar wanita hamil cenderung mengalami gangguan pencernaan.

Kandungan serat ini nantinya akan membantu menyediakan cairan yang cukup untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, serat mempromosikan peristaltik pada otot pencernaan. pembuangan sisa makanan menjadi lancar. Ketika sistem pencernaan menjadi lancar, risiko sembelit berkurang.

Mencegah Radikal Bebas

Diketahui pula bahwa tomat memiliki kandungan likopen yang sangat tinggi. Bagi mereka yang tidak tahu, likopen berperan aktif dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kandungan likopen juga digunakan sebagai antioksidan yang membantu tubuh mencegah masuknya radikal bebas. Tujuannya untuk menangkal sejumlah infeksi dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa antioksidan dan likopen dalam tomat sangat tinggi untuk membantu mencegah gangguan kehamilan. Mulai dari preeklampsia, tekanan darah tinggi hingga diabetes gestasional. Meski demikian, anda dianjurkan menggunakan suncream setiap hari. Dengan cara ini kulit dapat terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari sebanyak mungkin.

Mencegah Masalah Kehamilan

Tomat dapat membantu mencegah gangguan kehamilan. Pencegahan preeklampsia adalah salah satunya. Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang sering terjadi pada wanita hamil. Hal ini karena perkembangan plasenta terganggu oleh peningkatan tekanan darah selama kehamilan.

100 gram tomat mengandung setidaknya 164,9 mg potasium. Kandungan kalium ini dapat mengurangi risiko cacat sumsum tulang belakang dan tabung saraf pada bayi baru lahir. Tidak hanya potasium, tomat juga mengandung asam folat, yang juga berperan penting dalam mencegah gangguan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah tomat untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya