12 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Anda mungkin sudah tidak asing dengan buah Kedondong, buah yang berkulit hijau dengan rasa agak asam yang cukup keras. Anda sering dapat menemukannya sebagai bahan pelengkap untuk buah rujak atau manisan.

Namun ternyata selain rasanya yang enak dan segar di olah ataupun untuk dimakan langsung, buah bulat dari Asia Tenggara ini tidak hanya rasanya enak dan segar ketika diolah atau dimakan langsung, tetapi juga memiliki beragam manfaat dan kegunaan yang pasti baik untuk tubuh. Apa saja ya? mari simak.

Manfaat-Buah-Kedondong
Manfaat Buah Kedondong

Manfaat Buah Kedondong

Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah kedondong mengandung vitamin C dan kolagen tingkat tinggi yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka di permukaan kulit. Tidak perlu diolesi atau diletakkan di permukaan luka. Cukup rutin mengonsumsi buah Kedondong sesuai porsi dan kebutuhan.

Antioksidan

Kandungan berbagai vitamin dalam buah Kedondong juga merupakan antioksidan alami bagi tubuh sebagai perlindungan utama terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Meningkatkan Imunitas

Selain itu, vitamin dan nutrisi yang kaya buah Kedondong dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan imunitas sehingga mereka mampu melawan berbagai virus dan bakteri yang menularkan penyakit dengan lebih efektif.

Obat Batuk

Buah Kedondong juga dipercaya untuk waktu yang lama dan terbukti sebagai pereda batuk. Caranya cukup dengan menghaluskan 2-3 buah kedondong dengan cara diparut atau di blender, peras dan tambahkan sedikit garam, lalu minum secara teratur tiga kali sehari dan batukpun akan reda dengan sendirinya.

Melancarkan pencernaan

Buah Kedondong juga dapat membantu dengan melancarkan dan pengobatan gangguan pencernaan, karena mereka memiliki kandungan serat yang tinggi dan karena itu sangat baik untuk kesehatan seluruh sistem pencernaan tubuh. Karena itu, bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan disarankan untuk mengonsumsi buah Kedondong secara teratur sesuai porsi dan kebutuhan.

Mencegah Penuaan Dini

Kolagen dan vitamin C serta kadar vitamin A yang tinggi dalam buah Kedondong juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan. Selain kemampuan untuk meremajakan jaringan kulit, daun Kedondong yang dimasak juga terbukti bermanfaat sebagai pelembab alami untuk kulit.

Menyehatkan Gigi dan Tulang

Manfaat selanjutnya dari buah Kedondong adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. hal ini disebabkan oleh senyawa kalsium alami yang ditemukan dalam buah Kedondong yang telah dibuktikan oleh para ilmuwan yang meneliti kandungan kalsium pada buah Kedondong.

Mencegah Penyakit Jantung

Selain itu buah kedondong juga bisa mencegah penyakit jantung. hal ini berdasarkan kandungan alami buah Kedondong yaitu potasium. Anda perlu memahami setiap hari bahwa kita membutuhkan kalium untuk menggunakan jantung. Jika jantung tidak menyerap energi, jantung menjadi sakit dan terinfeksi.

Mengatasi Anemia

Anemia atau kekurangan darah juga bisa diatasi dengan mengonsumsi buah kedondong. Karena buah Kedondong ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang berkontribusi pada pembentukan sel darah merah di tubuh Anda.

Mengatasi Diare

Khasiat buah kedondong adalah untuk mengatasi diare. Penyakit diare umumnya disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak sehat. Nah, ada kandungan alami dalam buah Kedondong ini yang bisa mengatasi diare, yaitu kandungan antibakteri. Hal ini karena buah kedondong memiliki rasa asam.

Menyegarkan tubuh dan menghilangkan kantuk

Dengan rasa buah asam yang luar biasa, buah Kedondong ternyata sangat efektif bagi mereka yang mengantuk dan lemah. Saat memakan buah yang pecah, tubuh bereaksi dan merasa kaget. Akhirnya dapat membuat tubuh menjadi lebih segar.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam buah Kedondong membantu memperbaiki jaringan dan memberi nutrisi pada kulit. Hal ini meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan kecantikan kulit. Kedondong juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Daun kedondong dan ekstrak yang dimasak digunakan sebagai pengganti lotion dan pelembab tubuh. Akar pohon secara tradisional digunakan untuk merawat kulit yang gatal.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kedondong semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya