13 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah kelapa juga disebut “dewa buah” karena manfaatnya yang luar biasa. Banyak orang beranggapan bahwa buah tropis ini hanya dimaksudkan untuk mengatasi masalah terkait lambung dan sebagai minuman segar, tetapi itu salah.

Banyak sekali manfaat kelapa selain dua hal ini. Buah kelapa dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, digunakan untuk memasak, dan juga bertindak sebagai bahan eksternal jika Anda ingin menjaga kesehatan kulit.

Manfaat-Buah-Kelapa
Manfaat Buah Kelapa

Manfaat Buah Kelapa

Minuman Menyehatkan

Anda mungkin sudah tahu bahwa air kelapa adalah minuman yang sehat dan menyegarkan, terutama ketika dikonsumsi pada hari-hari yang panas. Tetapi air kelapa sebenarnya baik dikonsumsi kapan pun Anda mau. buah kelapa tidak mengandung banyak kalori dan baik untuk kesehatan Anda. Cobalah minum segelas air kepala setiap hari untuk memastikan Anda sehat dan juga meningkatkan energi Anda.

Mengatasi Penyakit Ginjal dan UTI

ISK (infeksi saluran kemih) dan penyakit ginjal lainnya dapat diatasi dengan mengonsumsi buah kelapa yang diproses dan diekstraksi secara teratur. Buah ini membersihkan saluran kemih dan menyembuhkan infeksi sambil mencegahnya terjadi lagi di lain waktu. Minyak kelapa sendiri tidak akan melapisi lipida dan akan mencegah penyakit yang berhubungan ginjal.

Menurunkan Kolesterol

Tingginya asam lemak jenuh dalam buah kelapa juga dapat membantu mengubah kolesterol jahat (low density lipoprotein atau LDL) menjadi kolesterol baik (high density lipoprotein atau HDL). Jadi buah ini sangat baik untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda dan juga baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Menyeimbangan Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang baru saja kami sebutkan pada poin ketiga, minyak yang terkandung dalam kelapa sangat kaya akan asam lemak, komponen-komponen ini jelas merupakan bahan alami dan mudah diserap oleh tubuh. Sebagai hasilnya, tubuh kita akan dapat menyeimbangkan tekanan darah dan mengatur aliran darah ke berbagai bagian tubuh kita.

Membuat Rambut Berkilau

Anda bisa mendapatkan rambut yang berkilau dengan mengoleskan minyak kelapa atau sari kelapa / santan secara teratur. Anda tahu, buah kelapa ini kaya akan vitamin yang bisa membantu mengisi batang rambut! Ini juga dapat menambah kelembapan pada rambut, menenangkan kulit kepala dan bertindak sebagai agen yang merangsang pertumbuhan rambut.

Hidrasi

Apakah Anda tidak tahu bahwa air kelapa identik dengan plasma darah manusia dan digunakan untuk transfusi selama Perang Dunia II?
Konsumsi air kelapa secara teratur dikenal sebagai sumber kelembaban bagi tubuh kita. Pada dasarnya, air kelapa mengandung cairan, kalium, natrium dan kalsium untuk mendukung proses rehidrasi. buah kelapa juga memiliki elektrolit alami yang dikenal untuk membersihkan sistem pencernaan dan membantu menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Meredakan Sakit Perut

Apakah Anda pernah tahu bahwa ada orang yang mencari air kelapa untuk diminum ketika mereka sakit perut atau diare? Ternyata, air kelapa bisa meringankan dan menghilangkan masalah perut seperti diare atau masalah pencernaan lainnya dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur. Daging buah ini juga mengurangi masalah perut dan bertindak sebagai pencahar alami.

Mengurangi Peradangan

Tingkat antioksidan yang tinggi dalam kelapa dapat membantu mengurangi peradangan. Antioksidan diketahui dapat mengatasi masalah seperti nyeri sendi yang terkadang terjadi karena peradangan. Kandungan analgesik dan tanin yang terkandung dalam buah ini dapat meredakan peradangan. Hal ini membuat air kelapa populer dan merupakan minuman favorit bagi para atlet.

Mencegah Kanker

Minyak kelapa memiliki kandunganketon yang membantu proses pencernaan. Keton ini adalah molekul yang larut dalam air dan diproduksi oleh hati dari asam lemak selama masa kelaparan, puasa, diet karbohidrat ketat, dll. Nah, keton ini membuat sel tumor tidak dapat beregenerasi dalam tubuh. MCFA (asam lemak rantai sedang) juga membentuk dinding lipida yang mencegah pertumbuhan bakteri di perut yang mengarah pada pengurangan risiko kanker.

Anti Penuaan

Minyak kelapa dan buahnya kaya akan antioksidan yang berguna dalam memerangi radikal bebas. Radikal bebas ini bertanggung jawab atas proses penuaan dalam tubuh kita (terutama terlihat pada kulit dan wajah). Konsumsi air kelapa secara teratur dapat mencegah tanda-tanda penuaan dan juga mengurangi garis / kerutan yang muncul di wajah, lho!

Menurunkan Berat Badan

Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa menyediakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan lemak jenuh alami yang terkandung di dalamnya mencegah pembentukan lemak jahat di dalam tubuh. Air kelapa rendah kalori, kaya gula dan asam lemak jenuh. Dengan cara ini, air kelapa dapat memicu peningkatan metabolisme yang membantu Anda menurunkan berat badan.

Menyeimbangkan Hormon

Hormon memainkan peran penting dalam kesehatan pria dan wanita. Ada sekitar 6.000 gangguan endokrin yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Nah, minyak kelapa itu sendiri mengandung asam laurat, yang bisa memperlancar fungsi hormon dalam tubuh. Air kelapa biasanya berguna untuk wanita hamil atau wanita menopause karena hormon mereka mengalami turbulensi.

Menyembuhkan alergi kulit

Alergi kulit diklasifikasikan sebagai penyakit yang sulit disembuhkan. Salah satu sifat air kelapa hijau adalah memecah bakteri, virus, dan jamur yang menyebabkan alergi kulit. Selain minum obat dan menggunakan salep, Anda juga harus minum air kelapa muda.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kelapa semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya