13 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Tubuh Manusia

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Meskipun bentuknya kecil buah kelengkeng ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Si kecil yang imut ini juga populer karena rasanya yang manis dan enak.

Buah ini sering disebut sebagai “saudaranya buah leci” karena bentuk, rasa dan ukuran buah leci sangat mirip. Satu-satunya perbedaan adalah warna dan tekstur kulit – buah lengkeng memiliki warna kulit cokelat dengan tekstur lebih halus. Simak manfaat buah kelengkeng berikut ini.

Manfaat-Buah-Kelengkeng
Manfaat Buah Kelengkeng

Manfaat Buah Kelengkeng

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kelengkeng adalah yang pertama untuk meningkatkan daya tahan. Jika Anda makan setengah mangkuk kelengkeng, Anda dapat memenuhi 80 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Jika Anda mengonsumsi cukup vitamin C, asupan zat besi dalam makanan berjalan optimal, sistem kekebalan tubuh diperkuat dan kulit menjadi sehat dari dalam ke luar.

Antioksidan Alami

Buah ini kaya akan antioksidan, sehingga khasiat kelengkeng membantu tubuh melawan paparan radikal bebas penyebab penyakit seperti peradangan kronis, penyakit jantung, dan kanker.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat buah kelengkeng dapat membuat kulit lebih sehat, lebih cantik, lebih halus dan lebih bercahaya karena kandungan vitamin dan antioksidannya yang tinggi. bahkan, masyarakat Cina sudah lama memaksimalkan buah lengkeng untuk menjaga kesehatan kulit.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Khasiat buah kelengkeng dapat membantu sel darah merah terjaga jika lengkeng dimakan secara teratur. Selain itu, khasiat kelengkeng dapat menangkal berbagai radikal bebas dan membuat jantung dan pembuluh darah lebih sehat karena tingginya tingkat antioksidan.

Membantu Program Diet

Buah kelengkeng memiliki kandungan lemak dan protein yang relatif rendah. Karena itu, Anda bisa menyiapkan buah ini sebagai menu diet. Setengah cangkir buah kelengkeng hanya mengandung 35 kalori dan karenanya direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalani program diet rendah kalori.

Meredakan Stres dan Mengobati Insomnia

Menurut sebuah studi 2014, ketika dikombinasikan dengan derivatif hipnotis lainnya, kualitas dan durasi tidur dapat ditingkatkan. khasiat buah lengkeng juga dapat meningkatkan kecerdasan dan memori otak dengan meningkatkan kelangsungan hidup neuron.

Menurunkan Berat Badan

Buah kelengkeng rendah lemak dan kalori hal ini adalah pilihan sehat bagi mereka yang ingin mengurangi lemak tubuh. Manfaat kelengkeng dapat meningkatkan energi, meningkatkan daya tahan dan mengurangi keinginan untuk makan, karena buah ini mengandung karbohidrat kompleks. Setengah cangkir kelengkeng hanya mengandung 35 kalori menjadikannya makanan sehat untuk diet rendah kalori.

Mengobati Gigitan Ular

Biji kelengkeng telah terbukti mengobati gigitan ular. Caranya dengan menekan biji kelengkeng ke area gigitan ular yang akan menyerap racun dan menyembuhkan bekas gigitan. Bijinya juga mengandung saponin yang bagus untuk rambut dan dapat digunakan sebagai bahan penting dalam shampo.

Sumber Energi

Buah keLengkeng memiliki kandungan lemak dan kalori yang relatif rendah, tetapi ternyata buah ini mengandung banyak tablet karbohidrat kompleks! Dengan cara ini tubuh memenuhi asupan karbohidratnya sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Menyembuhkan Luka

Manfaat lain dari buah kelengkeng adalah mereka dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini karena buah lengkeng mengandung polifenol yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Kaya akan Vitamin C

Buah kelengkeng mengandung 84 miligram vitamin C per 3,5 ons. Jumlah ini dapat memenuhi 93 persen kebutuhan vitamin C harian pria dan lebih dari 100 persen kebutuhan harian wanita.

Memperkuat Tulang

Sebuah studi yang diterbitkan di Maturity pada 2013 melaporkan bahwa wanita pascamenopause yang kekurangan mineral seperti tembaga dalam tubuh mereka secara signifikan lebih berisiko terhadap osteoporosis ketika mereka bertambah tua. Idealnya, orang dewasa harus memiliki asupan tembaga 900 mikrogram setiap hari.

Bagus untuk Mata

Riboflavin adalah jenis vitamin penting yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Seorang pria harus mengonsumsi 1,3 mg vitamin ini setiap hari, seorang wanita 1,1 mg. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology pada 2005, konsumsi riboflavin yang tidak cukup dapat meningkatkan risiko penyakit mata, terutama katarak. Sementara mengkonsumsi 3,5 ons lengkeng kering dapat memenuhi kebutuhan riboflavin sebesar 38 persen pada pria dan 45 persen pada wanita berdasarkan suplai nutrisi harian.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kelengkeng semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: