12 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Siapa yang suka mengkonsumsi semangka di sini? Buah ini sering menjadi andalan untuk memuaskan dahaga di musim kemarau. Ketika sepenuhnya matang, rasanya manis dan kaya air jumlahnya bisa mencapai 92 persen.

Setiap gigitannya mengandung vitamin A, B6 dan C, banyak likopen, antioksidan dan asam amino. Ada juga sebagian kecil dari kandungan kalium. Semangka juga dikenal bebas lemak, rendah sodium dan rendah lemak. Secangkir jus semangka hanya mengandung 40 kalori. Lalu apa manfaat semangka dengan kandungan nutrisi seperti itu?

Manfaat-Buah-Semangka-untuk-Kesehatan
Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Mengatasi Nyeri otot

Senyawa asam amino sitrulin dalam semangka dapat meredakan nyeri otot. Kandungan ini mengendurkan otot dan melepaskan ketegangan. Banyak orang yang mengonsumsi semangka setelah berolahraga.

Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C dan likopen yang tinggi dalam semangka sangat penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan kanker. Semangka juga mengandung antioksidan yang juga membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Menjaga Kesehatan Rambut

Buah semangka juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin A yang terdapat dalam buah semangka dapat membantu menjaga batang rambut tetap lembab.

Mengatasi Sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kurangnya serat di dalam tubuh. Semangka dengan kadar air yang tinggi dapat menjadi solusi untuk mengatasi kondisi ini.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan potasium di semangka dapat membantu menghilangkan racun yang ada di ginjal. Semangka juga bermanfaat mengurangi konsentrasi asam urat sehingga kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal dapat dikurangi. Kandungan air yang tinggi juga dapat melancarkan buang air kecil yang dapat membantu membersihkan ginjal.

Mencegah Impotensi

Manfaat semangka tentu saja bisa dirasakan pria. Semangka dapat digunakan sebagai obat kuat untuk pria yang bisa menjaga kesuburan. Impotensi dapat diobati dan dicegah dengan mengonsumsi semangka. Impotensi adalah suatu kondisi di mana penis tidak dapat mempertahankan atau menjaga ereksi meskipun ada rangsangan seksual.

Mencegah Dehidrasi

Semangka memiliki kandungan air sebesar 92%. Kadar air yang tinggi ini dapat membantu mencegah dehidrasi. untuk itu gunakan buah semangka untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Menjaga Kelembaban Kulit

Kandungan semangka yang tinggi air dapat melembabkan kulit. Jika Anda memiliki masalah dengan kulit kering, Anda dapat mengambil semangka untuk perawatan. Kulit kering dapat disebabkan oleh kurangnya air dalam tubuh. Anda tidak hanya dapat memakan semangka secara langsung, Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker wajah.

Melindungi Fungsi Saraf

Manfaat semangka lainnya juga dapat membantu melindungi fungsi saraf. Buah semangka memiliki kandungan kalium yang dapat mengatur fungsi saraf.

Kaya akan Vitamin C

Jangan berpikir bahwa hanya jeruk atau stroberi yang tinggi vitamin C. Semangka mengandung sekitar 23 miligram vitamin C yang merupakan sekitar 30 persen dari asupan vitamin C yang direkomendasikan yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Vitamin C memiliki keunggulan yaitu membentuk kolagen dalam tubuh, yang menjaga kulit tetap sehat dan mata menjadi tajam.

Baik untuk Kesehatan Jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa fitonutrien juga menjaga arteri fleksibel, menghilangkan plak yang dapat menyumbat arteri dan bahkan menurunkan tekanan darah. Mengingat bahwa penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada wanita, makanan yang ramah jantung selalu menjadi rekomendasi penting dalam menu harian.

Mencegah Asma

Ternyata semangka tidak hanya melindungi fungsi saraf, tetapi juga mengurangi frekuensi serangan asma. Tingginya kadar vitamin C dalam semangka dapat mengurangi serangan asma. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C dapat meningkatkan frekuensi serangan asma.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah semangka untuk kesehatan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: