Manfaat Buah Kepel

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah ini adalah tanaman langka di indonesia dan mungkin tidak banyak yang tahu. Buah ini memiliki varian nama yang tergantung pada daerahnya masing-masing, seperti simpol, cindul dan turalak. Konon buah ini diidentifikasi oleh provinsi daerah istimewa yogyakarta. Hal ini karena sang putri kraton yogyakarta menyukainya sejak dulu. Bagi puteri kraton yogyakarta saat itu, ia memiliki banyak kelebihan selain rasanya yang manis. Manfaat kepel sangat baik untuk kesehatan Anda.

Buah yang menyandang nama latin stelechocarpus buraho juga merupakan identitas dan simbol bagi kesatuan fisik dan mental istana di jawa. Buah ini memiliki khasiat kecantikan yang luar biasa. Sehingga sang putri istana menggunakannya sebagai penghilang bau badan. Sementara orang-orang biasa tidak berani menanam buah ini karena takut kualat, mereka menganggap bahwa buah kepel hanya dapat ditanam di istana.

Manfaat-Buah-Kepel
Manfaat Buah Kepel

Pohon kepel dapat tumbuh tinggi mencapai 25 m dengan diameter batang 40 cm. Bentuk daunnya meruncing dengan warna hijau agak gelap. Mekar dan berkelamin tunggal dan buahnya bulat cokelat. Dagingnya berwarna kuning hingga coklat dan memiliki rasa manis. Buah kepel memiliki banyak kelebihan dan manfaat.

Manfaat Buah Kepel

Melindungi Fungsi Hati

Sebuah penelitian menemukan bahwa daging buah kepel memiliki kemampuan perlindungan atau hepaprotektif fungsi hati. Senyawa yang dikandungnya dapat mengembalikan kinerja produksi enzim di hati dan membantu regenerasi sel yang rusak di hati.

Sebagai Alat Kontrasepsi

Sebenarnya belum pernah ada penelitian yang membuktikan kemampuan buah kepel yang satu ini. Tetapi orang tua, terutama yang masih tinggal di istana yogyakarta, mengatakan bahwa wanita yang mencoba untuk hamil dilarang untuk mengkonsumsi buah-buahan ini di zaman kuno. Atau bagi mereka yang benar-benar tidak ingin hamil, buah ini harus dikonsumsi karena dapat sementara membuat wanita mandul, sehingga buah ini juga dikenal sebagai kontrasepsi alami.

Mencegah Batu Ginjal

Buah kepel dipercaya dapat melancarkan air seni dan membersihkan batu ginjal. Sebagai hasil dari mengkonsumsi buah kepel, urin yang keluar juga memiliki bau yang harum.

Mencegah Bau Badan

Buah kepel mengendalikan produksi mercaptan salah satu pemicu bau tak sedap di tubuh. Selain itu, dalam buah kepel mengandung zat antibakteri yang kuat terhadap pembentukan amonia yang disebabkan oleh reaksi keringat, jamur serta bakteri.

Menurunkan kolesterol

Daun kepel juga bisa digunakan untuk mengobati kolesterol. Atau lebih khusus lagi, keseimbangan kadar kolesterol jahat (HDL) dalam darah. Rebus hingga 7-8 lembar daun kepel dalam tiga gelas air dan didihkan sampai sisa airnya adalah satu gelas. Minumlah secara teratur setiap hari. Jika suka, daun kepel juga bisa dimakan langsung sebagai lalapan.

Mencegah Peradangan Ginjal

Bua Kepel dapat digunakan untuk mencegah peradangan ginjal. Konsumsilah buah Kepel setiap hari dan secara teratur dengan jumlah minimum satu buah untuk menghindari peradangan akibat penyakit ginjal.

Mencegah Bau Mulut

Sebuah penelitian telah berhasil menemukan ramuan halitosis yang menggunakan ekstrak buah kepel. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ekstrak buah kepel mengandung senyawa yang menghambat pertumbuhan bakteri F. Nucleatum dan P. gingivalis yang menyebabkan bau mulut.

Mengobati Asam Urat

Buah kepel juga dipercaya bisa menyembuhkan asam urat. Hal ini dilakukan dengan merebus daun dalam air panas. Kemudian hasil air rebusan dengan daun kepel diminum dua kali sehari (masing-masing satu sendok makan), asam urat secara bertahap menghilang.

Mempercepat Regenerasi Kulit

Kandungan vitamin E, quercetin dan dalam buah kepel mempercepat regenerasi sel dan pemurnian DNA. Dengan manfaat ini anda dapat mengkonsumsi buah kepel untuk memerangi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. khasiat regenerasi sel juga akan membantu menjaga kebugaran fisik dan membuat Anda awet muda.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Probiotik merupakan bakteri ramah yang hidup dan berkembang biak di dalam tubuh dan bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. buah kepel merupakan prebiotik, adalah sejenis makanan yang dikonsumsi oleh probiotik (bakteri). Dengan mengkonsumsi buah kepel Anda dapat merangsang perkembangan bakteri ini dalam tubuh, terutama di usus serta untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Anti Kanker

Buah kepel juga mengandung acetogenin, isoflavon dan styryllactones yang bertindak sebagai anti kanker. Acetogenin adalah senyawa unik yang menghambat permeabilitas sel kanker mitokondria dan mengendalikan apoptosis sel kanker. Styryl lactone berperan dalam meningkatkan gen penekan tumor. Isoflavon akan mengendalikan sifat estrogenik sel kanker.

Mengatasi Masalah Kandung Kemih

Saluran kandung kemih terhubung ke ginjal karena hasil sisa pengolahan makanan oleh tubuh di ginjal (dalam bentuk urin) terbuang oleh organ ini. Jika ginjal sehat dan bersih, tidak ada masalah dalam bentuk batu ginjal, dll., Saluran kemih juga bersih. Dan karena saluran kemih adalah organ yang paling mungkin terinfeksi oleh bakteri, jaga agar tetap bersih sehingga proses mengeluarkan sekresi anda terus berjalan dengan lancar.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kepel semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: