12 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Mungkin Anda tahu buah ini. Ya, buah kersen atau disebut talok, keres, kersem, ataupun baleci sangat mudah ditemukan karena merupakan pohon liar yang tumbuh cepat dengan ketinggian 5 hingga 10 meter. Pohon itu terkenal dengan daunnya yang teduh, lengket, dan berbulu dengan buah merah bulat kecil ketika sudah matang. Dagingnya halus seperti biji kecil dan memiliki rasa manis.

Meski sering dipetik untuk dikonsumsi, tidak banyak orang tahu bahwa buah ceri ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Bahkan, nama ilmiah kecil Muntingia Calabura, biasanya dimakan karena “alasan iseng”, mampu melawan penyakit tertentu.

Manfaat-Buah-Kersen
Manfaat Buah Kersen

Manfaat Buah Kersen

Menjaga Kesehatan Jantung

Ada sumber nutrisi dalam buah kersen yang berperan dalam melindungi miokardium, yang menghasilkan pengurangan signifikan dalam batasan hilangnya enzim. Dengan kata lain, kandungan kersen memiliki kemampuan mencegah kebocoran enzim sehingga berguna untuk melindungi organ jantung.

Mengobati Penyakit Asam Urat

Buah kersen mengandung senyawa dan bahan aktif yang dapat digunakan untuk mengobati asam urat jika dikonsumsi secara teratur. Untuk itu rajinlah mengkonsumsi buah kersen.

Meringankan Kram Perut

Sifat antiseptik dan anti-inflamasi dari buah kersen ini dapat digunakan untuk meredakan dan mengobati kram perut. Konsumsilah dengan rajin buah kersen

Mencegah Kanker

Berkat sifat anti kanker dari buah kersen dapat dipastikan bahwa buah kersen ini juga dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk itu rajinlah mengkonsumsi buah kersen

Mengatasi dan Mencegah Anemia

Ada kandungan zat besi yang tinggi dalam buah kersen. Kandungan zat besi dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah anemia atau kurang darah. Kandungan zat besi dapat mendukung proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang terdiri dari vitamin C dan flavonoid memiliki kemampuan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari gangguan penyakit akibat infeksi bakteri, virus, atau bakteri.

Menyehatkan Organ Pencernaan

Buah kersen kaya akan serat makanan. Kandungan serat pangan tersebut bermanfaat untuk organ pencernaan yang sehat seperti lambung dan usus, sehingga tubuh terlindungi dari gangguan pencernaan.

Meredakan Sakit Rematik

Berkat sifat anti-inflamasi atau anti peradangan dari buah ceri nyeri rematik dan rasa sakit di bagian lain tubuh, seperti nyeri otot, nyeri sendi, dan bahkan nyeri haid, dapat dikurangi.

Mencegah Dehidrasi

Buah kersen memiliki kandungan air yang relatif tinggi, sehingga ketika dikonsumsi dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi adalah istilah untuk tubuh yang kekurangan asupan cairan.

Kaya akan Vitamin C

Menurut lifehack.org, satu gram buah kersen mengandung 150 miligram vitamin C. Oleh karena itu, buah dengan nama ilmiah muntingia calabura dapat mencegah masuk angin untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyebaran penyakit dengan mudah.

Meningkatkan Mood

Bagi Anda yang mengalami penurunan mood, memilih buah kersen sebagai camilan bukanlah kerugian. Buah ini mengandung vitamin B yang bermanfaat sebagai penambah suasana hati. Mengkonsumsi buah kersen bisa mengembalikan mood.

Antioksidan Alami

Sama seperti daunnya, buah kersen juga tinggi antioksidan, sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Buah kersen mengandung sekitar 24 senyawa flavonoid dan fenonil. hal ini menunjukkan bahwa kersen memiliki buah yang kaya antioksidan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kersen semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: