15 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah kundur yang sering kita sebut dengan nama beligo atau buah baligo, adalah jenis buah yang tumbuh merambat. Buah kundur milik genus benincasa serta keluarga cucurbitaceae. Biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran oleh masyarakat.

Buah yang memiliki nama nama latin benincasa hispida memiliki nama berbeda di masyarakat indonesia, di batak sebagai gundo, di aceh sebagai kundo, di lampung sebagai serdak, di minangkabau sebagai Serdak, di madura sebagai kondur, di jawa yang dikenal dengan nama beligo, disebut di NTT disebut lela dan di pulau timor dikenal sebagai komelingan.

Manfaat-Buah-Kundur
Manfaat Buah Kundur

Manfaat Buah Kundur

Menjaga Suhu Tubuh

Manfaat selanjutnya dari buah kundur merupakan buah yang dapat menjaga suhu tubuh, misalnya dengan mendinginkan tubuh ketika terasa panas. Hal ini karena buah ini mengandung kadar air yang cukup tinggi dan kadar air yang tinggi dapat berperan dalam mengatasi berbagai gejala panas dalam tubuh, seperti radang tenggorokan, panas dalam, bibir pecah-pecah dan demam.

Mengatasi Gejala Panas Dalam

Karena kandungan mineralnya yang tinggi buah kundur memiliki khasiat sebagai obat antipiretik untuk bibir kering, sakit tenggorokan dan penyakit panas dalam lainnya. Kaya akan vitamin C, kebutuhan vitamin Anda juga dipenuhi oleh konsumsi buah kundur.

Menurunkan Berat Badan

Buah kundur mempunyai kandungan kalori yang relatif rendah. Dalam 100 gr, porsinya hanya menyumbang 13 kkal kalori. Karena itulah para ahli nutrisi merekomendasikan buah kundur untuk obat penurunan berat badan.

Menurunkan Kolesterol

Buah kundur juga dipercaya efektif menurunkan kolesterol. Jika buah ini mengandung banyak serat tetapi rendah kalori, yang dapat membantu menyerap lemak dan karbohidrat berlebih di dalam tubuh, kemudian mengikatnya agar dapat dengan mudah dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk feses.

Membantu Pembentukan Kolagen

Buah kundur tidak hanya mengatasi gejala panas dalam, tetapi juga bisa merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh. Kolagen dalam tubuh itu sendiri bertindak sebagai penyembuh luka dan menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru, kesehatan sendi dan sebagainya. Secara tidak langsung, memakan buah kundur membuat anda terlihat lebih muda.

Mengatasi Sembelit

Kadar air pada buah kundur berguna dalam membantu proses pencernaan agar melancarkan pergerakan makanan di usus sehingga dikeluarkan dari tubuh sebagai bentuk feses.

Meningkatkan Imunitas

Buah kundur dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh. Di mana buah ini dapat menyerap asam amino esensial dan protein yang digunakan untuk memperbaiki berbagai jaringan tubuh yang rusak untuk menjaga kekebalan tubuh dan tetap kuat.

Mengobati Sakit Asma

Karena udara yang kurang sehat atau karena alasan lain, Anda kadang-kadang dapat mengalami sesak napas kapanpun dan di mana pun. Untuk mencegah serta mengobati asma, Anda perlu mengonsumsi buah kundur secara teratur dan rutin. Asma yang parah akan membuat kesehatan anda lebih bermasalah nantinya.

Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Konsumsi jus buah kundur bisa membantu menetralkan kadar racun didalam tubuh yang ditularkan melalui minuman, makanan atau udara yang biasa kita hirup.

Melancarkan Peredaran Darah

Buah kundur dapat disebut sebagai buah blonceng atau buah beligo juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Karenanya, Anda bisa mengonsumsi buah ini secara rutin bagi Anda yang memiliki sirkulasi buruk.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Kundur mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Di mana kandungannya bisa membuat gigi dan tulang lebih kuat dan padat. Dengan cara ini Anda dapat menghindari masalah terkait seperti kalsifikasi tulang dan gigi.

Obat Diet Alami

Jangan repot-repot menjalankan program diet untuk merawat tubuh yang menyiksa karena ada solusi aman dan efektif untuk menghadapinya. Didukung oleh porsi makanan teratur, Anda dapat mengonsumsi buah kundur sebagai obat diet alami. kunduryang tinggi serat tetapi rendah kalori dapat membuat berat badan ideal dan tetap dirawat dengan baik.

Meningkatkan Produksi Urin

Kita mudah mengalami dehidrasi di musim panas. Hal ini disebabkan produksi keringat yang berlebihan yang memengaruhi terjadinya masalah pembuangan urin. Konsumsi jus buah kundur akan dapat menyeimbangkan level air pada tubuh. Hal ini akan dapat meningkatkan sekresi urin.

Ampuh mengobati edema

Bagi generasi millenial yang tidak akrab dengan istilah edema, dimungkinkan untuk memakan kundur untuk mengatasi masalah tersebut. Edema itu sendiri adalah suatu kondisi di mana pergelangan kaki membengkak tidak normal karena akumulasi cairan di satu daerah.

Anti-inflamasi

Peradangan terjadi karena berbagai hal, seperti alergi makanan atau alergi udara. Sifat anti-inflamasi dari buah kundur bisa meringankan keadaan peradangan tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kundur semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya