14 Manfaat Buah Kurma untuk Tubuh Manusia

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Siapa yang tidak tahu buah asal Timur Tengah yang identik dengan bulan suci Ramadhan? Sebagian besar orang di Indonesia sangat akrab dengan kurma yang memiliki rasa manis dan tekstur khas daging lunak ini. Namun tidak banyak yang tahu manfaat kurma untuk kesehatan tubuh kita.

Menurut survei medis modern, salah satu manfaat kurma bermanfaat untuk pencegahan kanker lambung. Tentu hal ini sangat mengagumkan, bagi umat islam yang berbuka puasa dengan kurma, maka tidak hanya mendapatkan pahala karena mengikuti ajaran sang rasul, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan.

Manfaat-Buah-Kurma
Manfaat Buah Kurma

Tidak cukup sampai disitu saja, berbuka puasa dengan kurma membantu menghindari makan berlebihan karena efek kenyang yang ditimbulkannya. Kurma juga baik untuk sahur, ketika tubuh mulai menyerap nilai gizi kurma yang tinggi, yang mempertahankan energi dan dapat membantu meminimalkan rasa lapar saat berpuasa.

Manfaat Buah Kurma

Menyehatkan Kulit

Asam salisilat dalam kurma juga berguna untuk kecantikan kulit. Dalam dunia kecantikan, asam salisilat juga digunakan untuk membersihkan kulit dari berbagai masalah seperti jerawat, komedo dan minyak berlebih.

Mencegah Pembekuan Darah

Buah ini juga kaya akan asam salisilat yang berperan dalam mencegah pembekuan darah dan mengendalikan tekanan darah. Gumpalan darah sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Mencegah Insomnia

Insomnia atau gangguan tidur sering dialami oleh orang-orang yang sibuk di zaman modern ini. Efeknya keseimbangan tubuh terganggu oleh sistem metabolisme yang tidak teratur. Kandungan vitamin B3 dalam kurma dapat membantu mengurangi tanda-tanda insomnia.

Mengobati Demam Berdarah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kurma dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah. Persentase peningkatan kandungan trombosit oleh pemberian saei kurma adalah 23,90% per hari, sedangkan peningkatan kandungan trombosit tanpa konsumsi sari kurma adalah 8,09% per hari. Kandungan sari kurma yang diyakini berperan dalam meningkatkan produksi trombosit adalah sejumlah karbohidrat seperti manosa, galaktosa, arabinosa, dan xilosa sebagai komponen butiran trombosit.

Sumber Antioksidan

Kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Di mana manfaat antioksidan itu sendiri melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Secara tidak langsung mengkonsumsi kurma juga membantu terlepas dari risiko berbagai jenis kanker. Zat fitokimia dalam kurma meliputi polifenol, sterol, tanin, dan karotenoid.

Mencegah kanker Otak

Kurma memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi dan kaya. Diantaranya magnesium, sulfur, potasium, kalsium dan boron, yang juga berperan dalam pencegahan kanker otak. Jika Anda mengonsumsi 15 kurma sehari Anda dapat menyerap hingga 80% magnesium dan 70% kebutuhan sulfur.

Mencegah Rematik

Siapa yang menyangka jika buah dari Timur Tengah dapat mencegah rematik? Hal ini karena kurma mengandung banyak mineral yang penting untuk kesehatan, terutama tulang dan otot. Mengkonsumsi 15 kurma sehari dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, sulfur dan boron.

Mengobati Diare

Kurma matang mengandung kalium, yang dikenal efektif melawan diare. Kurma juga mudah ditelan, yang membantu diare kronis. Serat terlarut pada kurma dapat juga membantu pengobatan diare, dengan membantu kemampuan usus serta mempromosikan guna sistem pembuangan yang normal serta sehat.

Mengatasi Mabuk

Kurma sering digunakan sebagai obat untuk mabuk karena alkohol. Buah kurma membantu dengan cepat dan menyadarkan Anda jika Anda telah mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar. Kurma juga dapat digunakan pada hari berikutnya untuk mencegah mabuk vertigo. Pijat dan rendam kurma semalaman untuk hasil terbaik.

Menyembuhkan Rabun Senja

Keuntungan kurma banyak dan sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang mengganggu telinga, hidung, dan tenggorokan. Bila daun dari palem kurma ditumbuk serta dioleskan di sekitaran mata, atau saat kurma dikonsumsi, terbukti kurma bisa mengurangi frekuensi rabun senja, serta pemecahan ini seringkali dipakai di daerah pedesaan dimana kurma ditanam untuk dipakai sebagai pengobatan alternatif.

Meningkatkan Energi

Kurma memiliki kadar gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Karena itu kurma adalah camilan yang luar biasa jika Anda membutuhkan energi tambahan dengan cepat. Banyak orang di seluruh dunia mengkonsumsi buah kurma sebagai camilan sore ketika mereka merasa lelah dan letih.

Mencegah Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi yang berguna untuk berbagai kondisi kesehatan. Kandungan zat besi yang tinggi dari kurma menjadikannya sebagai suplemen nutrisi untuk penderita anemia. Kadar zat besi yang tinggi mengkompensasi kekurangan zat besi pada orang dengan anemia, meningkatkan energi dan tenaga sambil mengurangi kelelahan dan kelesuan.

Mencegah Pembekuan Darah

Keuntungan selanjutnya dari kurma adalah pencegahan gumpalan darah, karena kurma kaya akan asam salisilat. hal ini tentu saja sangat penting karena pembekuan darah bisa berakibat fatal jika terjadi di pembuluh darah otak (stroke) dan di pembuluh darah jantung (infark kantung).

Menyehatkan Tulang

Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua ini telah diperiksa potensinya dalam mencegah penyakit terkait tulang seperti osteoporosis.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kurma semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: