11 Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Jika Anda melihat sekilas, buah lambat sangat mirip dengan buah duku. Warna kulit buah dan daging buahnya sangat mirip serta ukurannya dengan buah duku. Perbedaannya dengan buah duku adalah buah langsat rasanya lebih asam daripada buah duku.

Kulit buah langsat juga lebih tipis dari kulit buah duku dan dalam beberapa hari setelah dipetik, kulit buah langsat akan menghitam lebih cepat. Namun, rasa asam dari buah menyembunyikan sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan. Berikut ini adalah manfaat buah langsat yang harus Anda ketahui:

Manfaat-Buah-Langsat
Manfaat Buah Langsat

Manfaat Buah Langsat

Sumber Antioksidan

Buah langsat mengandung zat yang bisa bertindak sebagai antioksidan terhadap radikal bebas. Asap mobil atau kuman yang menyebar ketika kita di dekat penderita flu membuat kita mudah terserang penyakit. Antioksidan dalam buah langsat yang dapat melindungi tubuh kita dengan lebih baik saat dikonsumsi.

Mencerahkan Kulit

Buah langsat yang kaya akan zat antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan permanen. Sementara ekstrak buah langsat dapat digunakan sebagai pencerah alami dan pencerah kulit. Ekstrak buah langsat dapat dioleskan langsung ke kulit. Kandungan enzim dalam ekstrak buah langsat bekerja dengan menghambat enzim tyrosinase.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah langsat mengandung banyak serat alami yang dapat membantu mempercepat sistem pencernaan kita. Dengan makan perlahan, kita mendapatkan serat alami. Sembelit / konstipasi di mana kondisi seseorang sulit dihilangkan juga bisa diatasi dengan mengonsumsi buah lambat ini. Cari buah lambat ini segera jika Anda memiliki masalah pencernaan yang membutuhkan serat alami.

Obat Pereda Turun Panas

Bagian dari buah langsat yang dapat digunakan sebagai bantuan panas adalah bijinya. Anda bisa makan buah perlahan-lahan terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mengeringkan biji yang biasanya dibuang hingga kering. Setelah kering, Anda bisa mengoven / menggoreng biji buah langsat. Kemudian haluskan kemudian seduh dengan air panas. Rasa biji buah langsat cukup pahit tetapi sangat efektif dalam memanaskan obat.

Obat Cacingan

Anak-anak yang dapat bermain dengan bebas di halaman setiap hari / tempat yang bersentuhan langsung dengan tanah sangat rentan terhadap cacingan. Setelah bermain tanpa mencuci tangan, anak sering menelan makanan yang terkontaminasi dengan telur cacing yang menyertai kotoran di tangan. Biji langsat juga dapat digunakan sebagai obat cacing. Anda cukup mengeringkan biji buah langsat dan kemudian haluskan. Minumkan pada penderita cacingan. Maka penderita akan segera pulih

Obat Nyamuk

Kulit langsat mengandung beberapa zat yang cukup dibenci oleh nyamuk. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli IPB telah membuktikan hal ini. Untuk menggunakan kulit buah langsat sebagai pengusir nyamuk, Anda dapat mengeringkan kulit langsat terlebih dahulu. Setelah kering, Anda bisa membakarnya seperti membakar gulungan nyamuk di pasaran. Bedanya tentu karena lebih alami, obat nyamuk dengan kulit buah langsat tidak akan mengganggu pernafasan.

Obat Luka Gigitan kalajengking

Pernahkah Anda digigit kalajengking? di daerah yang terkena sengatan kalajengking, rasanya sangat menyakitkan bahkan rasa sakit itu bisa berlangsung selama satu hari atau hingga dua hari. Kulit Langsat dapat mengatasi luka gigitan kalajengking. Yang Anda butuhkan adalah zat tepung yang ada di kulit pohon buah. Kamu dapat langsung mengoleskan zat tepung pada kulit buah langsat pada bagian kulit yang terkena gigitan kalajengking dan biarkan hingga mengering. Ulangi metode ini sampai pembengkakan dan luka benar-benar sembuh.

Obat Penyakit Malaria

Malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk yang telah terinfeksi parasit Plasmodium. Parasit yang menginfestasi nyamuk memasuki tubuh manusia bersama ketika nyamuk menggigit kita. Kulit buah langsat dapat digunakan untuk mengobati malaria. Dengan menggunakan kulit buah langsat kita menggunakan obat alami sehingga kita tidak perlu khawatir tentang risiko efek samping.

Sumber Karbohidrat

Setiap 100 gram buah langsat mengandung 13 gram karbohirat. Tentu saja, jika Anda mengonsumsi lebih dari 100 gram buah langsat, Anda bisa mendapatkan lebih banyak karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam buah langsat tentu saja dapat digunakan sebagai sumber energi. Ganti camilan tidak sehat Anda dengan buah langsat.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Dalam 100 gram perlahan ada kandungan fosfor 9 mg dan kalsium 18 mg dan mineral 0,7 gram. Beberapa bahan ini berkontribusi signifikan terhadap pemeliharaan tulang dan gigi yang sehat. Makan buah langsat akan memberi Anda kandungan tersebut dan tulang dan gigi Anda harus sehat mungkin dan Anda akan terlindungi dari keropos tulang dan gigi.

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat langsat berikutnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung. Langsat dapat membantu mengendalikan kolesterol yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, diyakini bahwa kandungan kalium yang tinggi dalam buah langsat juga membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah langsat semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: