10 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Sirsak atau bahasa Latin yang dikenal sebagai annona muricata adalah salah satu buah yang sangat populer dengan banyak orang di Indonesia. Buah ini berasal dari negara Karibia di Amerika Tengah. Bagi Anda yang sedang hamil, tentu saja, membeli buah asam untuk wanita hamil sangat dilarang karena ini dapat menyebabkan masalah saat lahir. Apa ini benar? Apa bisa makan sirsak waktu hamil?

Buah sirsak dikonsumsi sebagai hidangan penutup biasa. Sirsak juga bisa diolah menjadi jus buah segar. Bagi wanita hamil, khasiat buah asam ini sebenarnya cukup banyak. Bertentangan dengan mitos yang telah berkembang sejauh ini, penggunaan buah sirsak selama kehamilan bahkan baik untuk kesehatan kehamilan. Apa gunanya Sirsak dalam kehamilan?

Manfaat-Buah-Sirsak-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Menahan Mual Diawal Kehamilan

Buah sirsak memiliki rasa asam, manis, sangat cocok untuk ibu yang merasa mual pada awal kehamilan mereka. Rasa manis dan asam dapat merangsang produksi air liur sehingga mual menghilang setelah minum. Selain itu, rasa manis dari buah asam dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Bagi mereka yang malas makan di awal kehamilan, minumlah jus buah ini secukupnya.

Tingkatkan Ketahanan Badan

Vitamin C dalam buah sirsak matang sangat tinggi. Hal ini mungkin diperlukan untuk mencegah radikal bebas akibat asap kendaraan atau sinar matahari. Untuk wanita hamil yang biasanya bekerja di luar kota, Anda harus makan buah sirsak setidaknya sekali seminggu selama kehamilan sehingga makanan penutup dapat menahan sariawan dan panas dalam.

Merangsang Produksi ASI

Sama seperti daun katuk, buah sirsak dapat merangsang produksi ASI pada ibu hamil. Jika Anda ingin bayi mendapatkan kolostrum langsung dari ASI yang keluar pertama kali, makanlah buah ini. Jangan biarkan bayi Anda menunggu sampai saluran ASI lancar saat melahirkan. Persiapkan sejak awal dengan mengonsumsi sirsak pada trimester terakhir kehamilan selama kehamilan.

Mencegah Berbagai Komplikasi Kehamilan

Selama kehamilan, seorang ibu dapat mengalami komplikasi kehamilan yang dapat berbahaya bagi janin yang dikandungnya. Vitamin dan mineral yang memadai yang dibutuhkan oleh wanita hamil adalah salah satu upaya untuk mencegah komplikasi selama kehamilan. Buah sirsak adalah salah satu buah yang dapat dikonsumsi untuk pencegahan karena kaya akan vitamin dan mineral.

Mencegah Sembelit

Mengkonsumsi kurang serat dalam jumlah besar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada ibu yaitu sembelit. Sembelit menyebabkan ibu merasa perut penuh dan sakit saat buang air besar. Makan buah sirsak serat tinggi dapat mencegah ibu dari gangguan karena sembelit. Selain mencegah sembelit, kandungan dan buah sirsak juga dapat membantu pencernaan pada wanita hamil.

Mencukupi Asupan Kalsium

Buah sirsak adalah makanan yang mengandung kalsium untuk wanita hamil. Kandungan kalsium dalam sirsak cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan kalsium banyak ibu hamil. Kandungan kalsium mempengaruhi perkembangan tulang janin. Kebutuhan kalsium pada wanita hamil lebih besar dari pada wanita normal jadi asupannya harus dijaga dan perawatan harus diperhatikan.

Mengenyangkan untuk Ibu Hamil

Memang tidak bisa menggantikan nasi, tetapi sirsak juga tinggi karbohidrat, serat, dan gula. 100 g Sirsak mengandung 16,4 g karbohidrat dan 3,3 g serat dan 13,5 g gula. Hal ini membuat sirsak sangat mengenyangkan dan bisa menjadi suplemen sebelum ibu hamil mengonsumsi makanan pokok. Ingat, makanlah buah terlebih dahulu baru makanan pokok.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain mengalami rasa mual, wanita hamil tidak hanya menderita mual, tetapi juga dari masalah pencernaan. Buah sirsak tinggi serat. Makan buah sirsak selama kehamilan sangat membantu dalam memperlancar sistem pencernaan.

Memperkuat Tulang Janin

Buah sirsak tidak hanya mengandung vitamin C tetapi juga fosfor dan kalsium. Saat buah ini dikonsumsi oleh ibu hamil tulang-tulang janin bisa menguat. Dengan demikian ibu sehat dan janin yang kandung pun sehat.

Membersihkan Rahim

Berguna untuk membersihkan rahim, buah sirsak juga merupakan jenis obat alami untuk tubuh Anda. untuk itu konsumsilah buah sirsak secukupnya.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah sirsak untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya