12 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Nama buah lontar tentu dikenal di telinga Anda, bukan? Kita sering menemukan pedagang yang khusus dalam menjual buah ini dalam bentuk minuman segar. Nah, jika Anda penggemar buah lontar Anda beruntung karena buah lontar ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Lalu apa manfaat buah lontar? Simak informasinya berikut ini.

Buah lontar (Borassus flabeliffer) adalah buah yang termasuk dalam kelompok palma. Buah dengan nama berbeda tersebar luas di daerah tropis dan Asia Selatan dan Asia Tenggara adalah habitat utama pohon lontar tersebut. Di Indonesia sendiri, pohon lontar dapat ditemui di sejumlah daerah mulai dari Jawa, Bali, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara.

Manfaat-Buah-Lontar
Manfaat Buah Lontar

Manfaat Buah Lontar

Merawat Sistem Pencernaan

Sebagai buah yang mengandung serat, tidak heran manfaat buah lontar adalah dalam merawat kesehatan pencernaan dan juga mengatasi sejumlah masalah sistem pencernaan seperti sembelit dan diare.

Seperti yang sudah kita ketahui, serat adalah zat yang memiliki fungsi utama melancarkan sistem pencernaan. Serat peptin misalnya. Bersama-sama dengan bakteri baik di usus, serat ini bertanggung jawab untuk pembentukan asam lemak rantai pendek yang pada gilirannya meregenerasi sel-sel di usus.

Berbagai masalah sistem pencernaan lebih mungkin disebabkan oleh kurangnya serat dalam tubuh. Karena itu, pastikan serat masih ada di tubuh dengan mengonsumsi buah lontar ini.

Mencegah Dehidrasi

Kadar air yang tinggi pada buah lontar yang mencapai 90 persen menciptakan manfaat buah lontar untuk mencegah tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

Agar seluruh fungsi tubuh berfungsi optimal, tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup. Dengan rutin mengonsumsi buah lontar cairan tubuh yang hilang selalu diganti sehingga tubuh terbebas dari kondisi dehidrasi yang tentu saja sangat menyebalkan.

Merawat Fungsi Hati dan Ginjal

Karena kandungan air yang tinggi dalam buah lontar atau siwalan, buah ini tidak hanya menangkal dehidrasi tetapi juga fungsi hati dan ginjal dan keduanya diselamatkan dari berbagai penyakit.

Hati dan ginjal adalah 2 (dua) organ vital yang harus dijaga tetap sehat. Karena kedua organ tersebut berperan dalam pengolahan dan pembuangan limbah atau racun tubuh yang timbul selama asupan makanan. Nah, kandungan mineral fosfor pada buah lontar kemudian memiliki tugas mengoptimalkan proses pembuangan (ekskresi).

Menjaga Kesehatan Kulit

Apakah Anda ingin kulit Anda sehat dan bebas dari sejumlah masalah kulit seperti jerawat dan gejala penuaan dini? Salah satu solusi sederhana dan murah untuk mencapai tujuan-tujuan ini adalah dengan mengkonsumsi buah lontar.

Manfaat buah lontar untuk kulit yang sehat disebabkan oleh kandungan vitamin C yang memiliki sifat antioksidan untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh serangan radikal bebas.

Mengobati Diabetes

Bagi Anda yang memiliki gula darah atau diabetes, mengkonsumsi buah lontar sangat dianjurkan. Karena buah lontar mengandung glikemia dalam jumlah sedikit sehingga dapat membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah.

Tidak hanya buahnya, tetapi juga akar lontar menghasilkan manfaat yang sama dengan buah lontar, yakni membantu agar kadar gula di dalam darah tetap terkendali.

Meningkatkan Kesuburan

Anda para lelaki, apakah Anda sedang ingin mempunyai bayi? Jika demikian, maka rajin mengonsumsi buah lontar agar si wanita bisa cepat hamil. Manfaat buah lontar untuk pria diyakini meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Faktanya, tidak ada penelitian yang secara khusus meneliti manfaat buah lontar untuk kesuburan pria. Namun, tidak ada yang salah dengan memasukkan buah lontar ke dalam menu sehat harian selama program kehamilan. Tentu saja, Anda juga harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan bergizi lainnya.

Mengobati Disfungsi Ereksi

Manfaat buah lontar untuk pria yang juga diterima banyak kalangan dapat mengatasi disfungsi ereksi atau impotensi. Tetapi seperti halnya klaim bahwa manfaat buah lontar berbicara untuk kesuburan pria, manfaat buah lontar dalam kasus ini masih meragukan karena tidak ada penelitian untuk menyelidiki mereka.

Antibiotik

Buah lontar juga dikenal sebagai antibiotik alami. Tingkat enzim dalam buah segar ini menurut sejumlah penelitian sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme jahat seperti virus dan bakteri yang mengancam kesehatan tubuh. Buah Lontar juga membantu memaksimalkan kinerja probiotik atau bakteri “baik” dalam memerangi bakteri jahat.

Antioksidan

Seperti yang disebutkan sebelumnya buah lontar kaya akan antioksidan. hal ini kemudian mengarah pada manfaat buah lontar untuk mencegah stres oksidatif dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Kerusakan sel-sel tubuh tentu saja harus dihindari karena efeknya dapat menyebabkan sel-sel abnormal yang mungkin dapat menyebabkan tumor dan bahkan dapat berkembang menjadi sel kanker yang berbahaya.

Sumber Energi

Kandungan gula dalam buah lontar tergolong rendah, tetapi ini cukup membuat buah lontar menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh. Diketahui bahwa gula adalah salah satu komponen yang dibutuhkan tubuh sebagai “bahan bakar” agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Menghilangkan Stres

Manfaat buah lontar sama pentingnya untuk menghilangkan stres. Perasaan segar buah lontar (terutama ketika dikonsumsi dalam bentuk minuman dingin) memiliki efek tidak langsung pada suasana hati atau suasana hati menjadi lebih baik dan lebih hidup.

Hal ini terkait erat dengan kandungan vitamin C. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C efektif dalam meningkatkan mood pasien rumah sakit. Hal yang sama berlaku bagi siapa saja yang secara teratur mengonsumsi vitamin C.

Menyehatkan Ginjal

Buah lontar mengandung fosfor untuk mengatur cairan tubuh. Hal ini sangat bermanfaat untuk membersihkan ginjal dan sisa-sisa metabolisme. untuk itu rajinlah mengkonsumsi buah lontar.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah lontar semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya