14 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah naga adalah salah satu dari banyak buah yang direkomendasikan untuk wanita hamil. hal ini karena ada sejumlah manfaat buah naga untuk ibu hamil. Apa sajakah itu? Mari kita simak bersama liputannya.

Dalam kehamilan, seorang wanita bertanggung jawab tidak hanya untuk menjaga kesehatannya sendiri, tetapi juga untuk janinnya. Untuk alasan ini, sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayuran selama kehamilan. Karena dari dua sumber makanan ini, tubuh wanita hamil dapat menyerap banyak vitamin dan mineral penting.

Manfaat-Buah-Naga-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga tidak hanya diisi dengan kandungan vitamin C, tetapi juga mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak dan berbagai vitamin dan mineral seperti B1, B2, B3, zat besi, fosfor dan kalsium. Bahkan bagian bijinya yang kecil dan berwarna hitampun juga merupakan sarang nutrisi jenis asam omega-3 dan -6.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Mencegah Cacat Lahir

Banyaknya asam folat dalam buah naga menjadikannya pilihan yang sehat untuk wanita hamil. Asam folat melindungi bayi yang belum lahir dari cacat tabung saraf.

Buah ini juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya seperti vitamin B1, B2 dan B3 serta vitamin C. Buah ini juga mengandung nutrisi penting lainnya yang meningkatkan kesehatan janin serta pertumbuhan dan perkembangannya.

Membantu Perkembangan Tulang

Kandungan kalsium dalam buah naga memperkuat tulang dan gigi. Kalsium dan fosfor dalam buah naga juga dapat membantu mengembangkan tulang anak yang belum lahir.

Meningkatkan Hemoglobin

Kandungan zat besi dan vitamin C membantu meningkatkan jumlah hemoglobin pada wanita hamil. Jadi buah naga membantu mengurangi risiko anemia dan efek negatif yang disebabkan oleh kadar hemoglobin yang rendah.

Mengobati Konstipasi dan Sembelit

Sembelit adalah keluhan yang paling umum dari ibu. Serat tinggi dalam buah naga membantu mengatasi sembelit. Nutrisi buah bertindak sebagai pembersih terhadap banyak gangguan pencernaan lainnya. Satu porsi buah naga mengandung serat yang cukup, sekitar 0,3 hingga 0,9 gram serat. Jika Anda sedang hamil, dianjurkan minimal 28 gram serat per hari.

Tinggi Vitamin C

Vitamin C yang cukup penting selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan gusi, gigi, dan tulang pada janin. Beberapa wanita hamil harus mengikuti diet karena alasan kesehatan saat mereka hamil.

Menurut Intake Reference Diet, diet Anda harus mengandung setidaknya 70 miligram vitamin C per hari. A-100 gram, atau sekitar 3,6 ons buah naga, mengandung 4 hingga 25 miligram vitamin C. Untuk camilan bervitamin tinggi, campur dengan buah beri atau jeruk.

Sumber Karbohidrat yang Baik

Sebagai sumber karbohidrat alami, satu porsi 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 hingga 14 gram karbohidrat. Rekomendasi untuk karbohidrat selama kehamilan adalah setidaknya 135 gram per hari. Karbohidrat adalah sumber energi utama ketika janin tumbuh di dalam rahim.

Menambahkan porsi buah naga ke dalam makanan Anda selain tepung gandum utuh dapat membantu Anda menyeimbangkan karbohidrat yang kaya nutrisi. hal ini bisa menjadi ide yang bagus untuk wanita hamil yang sedang diet.

Sumber Lemak Sehat

Lemak bukan hanya sumber energi selama kehamilan untuk ibu dan janin, tetapi juga dibutuhkan untuk pembentukan otak janin. Bagian buah naga mengandung sekitar 0,1 hingga 0,6 gram lemak, yang sebagian besar merupakan lemak tak jenuh tunggal. Mengkonsumsi lemak jenis ini, lemak jenuh atau asam lemak trans dapat mendukung kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan.

Menjaga Tekanan Darah dan Gula Darah Stabil

Mengkonsumsi buah naga dapat menjaga tekanan darah dan stabilitas gula darah pada wanita hamil untuk menghindari komplikasi kehamilan. Karena tekanan darah dan gula darah tinggi dapat menyebabkan preeklampsia ibu hamil yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Mampu Mencegah dan Mengatasi Kurang Darah (anemia)

Buah naga juga dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi buah naga, karena buah naga kaya akan zat besi sebagai komponen utama sel darah merah.

Meningkatkan Imunitas (kekebalan)

Buah naga mengandung vitamin C yang memperkuat kekebalan atau daya tahan tubuh. Mengkonsumsi buah naga dapat mencegah serangan dari berbagai penyakit.

Menambah Tenaga dan Kekuatan

Buah naga sangat berguna bagi wanita hamil karena 100 gram buah naga mengandung sekitar 9-14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi alami. Wanita hamil yang mengkonsumsi buah naga mendapatkan kekuatan dan tambahan tenaga.

Mencegah Keguguran

Kandungan asam folat dalam buah naga memperkuat janin dan mencegah keguguran dan kelahiran prematur. Untuk itu disarankan untuk mengkonsumi dengan rajin buah naga selama kehamilan.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan mineral juga ditemukan dalam buah naga, yaitu kalsium, magnesium dan fosfor, yang berguna untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengkonsumsi buah ini membuat wanita hamil dan janin yang dikandungnya memiliki tulang yang kuat dan mencegah keropos tulang.

Meningkatkan Pencernaan

Buah naga untuk wanita hamil dapat meningkatkan pencernaan. Wanita hamil cenderung mengalami konstipasi atau sembelit karena pengaruh hormon dan desakan janin di perut. Buah naga adalah buah berserat tinggi yang digunakan untuk pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah naga untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya