12 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Mangga adalah buah yang memiliki rasa dan aroma khas. Saat matang, rasanya manis dan lezat. Ada berbagai jenis mangga di Indonesia, diantaranya mangga gadung, mangga manalagi, mangga arum manis, mangga telur dan lain sebagainya. Namun, varietas mangga yang disukai banyak orang adalah mangga manalagi, gadung dan arum manis. Ketiga jenis mangga tersebut memiliki rasa manis dengan daging yang kental.

Dalam buah mangga terdapat kandungan gizi dalam bentuk karbohidrat 25 gram, 23 gram gula, 3 gram serat, 100 gram kalori, 1 gram protein, 0,5 gram lemak, vitamin C dan 100% harian kebutuhan, mengandung 10% vitamin B6, 20% vitamin A dan 8% vitamin K dan kalium.

Manfaat-Buah-Mangga-untuk-Kesehatan
Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Selain itu, buah mangga mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, mangan dan nutrisi lain seperti beta-karoten, zeaxathine dan antioksidan. Jadi jangan heran jika buah ini dikatakan memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya bagi tubuh.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Meningkatkan Imunitas

Mangga memiliki nutrisi yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin A dalam mangga dapat membantu melawan infeksi. Vitamin C dalam mangga juga dapat membantu tubuh membuat lebih banyak sel darah putih yang memerangi penyakit bakteri dan memperkuat pertahanan kulit. Selain itu, kandungan asam folat, vitamin K, vitamin E dan B berkontribusi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Hati

Mangga memiliki kandungan nutrisi yang membantu kesehatan hati. Magnesium, potasium, vitamin dan antioksidan mangiferin dalam mangga membantu menjaga denyut nadi dan pembuluh darah yang sehat, rileks dan meningkatkan tekanan darah. Mangga juga dapat meningkatkan asupan kalium Anda sambil mengurangi asupan Anda untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dan air dalam mangga dapat mencegah sembelit dan diare. Selain itu, ketika diminum secara teratur, sangat baik untuk pencernaan. Mangga yang diperkenalkan oleh BBC Good Food mengandung phytochemical yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan untuk pencernaan dan mengurangi peradangan seperti kolitis ulserativa.

Menjaga Kesehatan Mata

Mangga dipenuhi dengan bahan-bahan yang baik untuk kesehatan mata. Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam mangga berfungsi sebagai pelindung sinar matahari alami yang menyerap cahaya berlebih dan melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya. Kandungan vitamin A dalam mangga juga baik untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dalam tubuh dapat dikaitkan dengan mata kering dan rabun senja.

Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Mangga juga baik untuk rambut karena mengandung vitamin A dan C, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum untuk menjaga kelembaban rambut. Vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Sementara itu, vitamin C berperan dalam memicu pembentukan kolagen. Kolagen dapat membuat kulit kenyal dan membantu kulit kendur dan keriput.

Mengurangi Risiko Kanker

Mangga kaya akan polifenol, yang mungkin memiliki sifat anti kanker. Polifenol dapat melindungi terhadap stres oksidatif yang terkait dengan berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, paru-paru, prostat, payudara dan tulang.

Menurunkan Berat Badan

Jus mangga dapat membantu Anda mencapai tubuh ideal Anda. Karena minuman ini dapat membantu menghancurkan lemak dalam tubuh dan membuat Anda kenyang lebih lama, menghindari keinginan untuk ngemil.

Mengatasi Anemia

Manfaat lain dari jus mangga adalah dapat mengatasi anemia. Jus mangga mengandung banyak zat besi. Zat besi itu sendiri menghasilkan sel darah merah, sehingga konsumsi jus mangga secara teratur oleh anda dapat mengatasi dan mencegah anemia.

Menyehatkan Otak

Mangga dapat membuat tubuh lebih sehat karena mangga mengandung asam folat yang dapat meningkatkan kinerja otak dan menyehatkan otak. Selain itu mangga juga mengandung asam glutamat yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Mencegah Penyakit Flu

Vitamin C yang terkandung dalam jus mangga bermanfaat untuk mendorong sel darah putih agar lebih efektif menghilangkan bakteri dan kuman. Untuk setiap 8 gram jus mangga Anda dapat memenuhi 60% dari kebutuhan vitamin C tubuh dalam satu hari.

Menyeimbangkan Kadar Asam

Buah mangga bersifat basa, dengan sifat dasar mangga memiliki sifat menyeimbangkan kadar asam tinggi di usus. Perut yang terlalu asam menyebabkan penyerapan nutrisi yang buruk. selain itu jus mangga juga menjaga pH tubuh tetap stabil.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin A tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pomona College telah menunjukkan bahwa vitamin ini mendukung pertumbuhan tulang.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah mangga untuk kesehatan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya