13 Manfaat Buah Markisa Kuning untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan serta kandungan nutrisi yang perlu Anda ketahui. Markisa adalah buah yang memiliki rasa segar, manis dan asam. Buah markisa sangat cocok untuk dinikmati di musim panas terutama ketika diolah menjadi jus.

Secara ilmiah buah markisa memiliki nama Latin yaitu passiflora quadrangularis. Ada banyak varian buah yang satu ini. Markisa memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang berasal dari kandungan nutrisinya.

Manfaat-Buah-Markisa-Kuning
Manfaat Buah Markisa Kuning

Buah markisa memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap termasuk niasin, zat besi, asam nitrat, beta-karoten, kalsium, fosfor, serat, vitamin C, vitamin B12, B6, vitamin A dan D. Ada dua jenis markisa yang cukup baik. dikenal sebagai markisa kuning dan markisa ungu. Meskipun keduanya memiliki ciri khas yang berbeda akan tetapi kandungan nutrisi di dalamnya tidak jauh berbeda.

Manfaat Buah Markisa Kuning

Meningkatkan Sistem Pencernaan

hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat dari buah markisa. Kandungan serat ini menjadikan markisa sebagai salah satu buah yang dapat menyehatkan dan meningkatkan sistem pencernaan kita. Jika kita mengonsumsi buah markisa secara teratur, sistem pencernaan kita berjalan dengan lancar dan usus kita bersih.

Mencegah Kanker

Hal ini karena buah markisa mengandung antioksidan yang sangat baik untuk tubuh manusia dan mencegah sel kanker tumbuh di tubuh kita. Antioksidan yang dimiliki buah markisa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita.

Baik untuk Penderita Asma

Buah markisa ini adalah salah satu buah yang direkomendasikan penderita asma untuk dikonsumsi. hal ini karena buah markisa mengandung zat yang terkandung di dalam buah markisa dan diyakini zat ini mengurangi serangan asma. Buah markisa ini juga dapat mencegah histamin yang menyebabkan gejala asma.

Memiliki Efek Relaksasi

Buah markisa ini adalah salah satu buah yang memiliki efek relaksasi karena buah markisa mengandung zat yang memiliki efek menenangkan dalam pikiran dan dapat mengendurkan tekanan saraf sehingga perasaan kita menjadi lebih tenang dari sebelumnya.

Menyembuhkan Insomnia

Buah markisa adalah salah satu yang dapat membantu Anda jika Anda sering menderita insomnia. Buah markisa ini dapat membantu Anda mengatasi insomnia. Hal ini karena buah markisa menenangkan saraf kita dan memantulkan pikiran manusia membuat saraf kita lebih mengantuk. Dengan meminum jus buah markisa sebelum tidur kita dapat menghindari insomnia.

Sumber Nutrisi

Hal ini karena buah markisa mengandung banyak zat yang baik, sehingga menjadikan buah markisa sebagai sumber makanan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Ada berbagai kandungan dalam buah markisa termasuk vitamin C dan vitamin A dan markisa ini juga mengandung kalium.

Mengontrol Tekanan Dara

Buah markisa ini adalah salah satu buah yang bisa mengendalikan tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini karena buah markisa mengandung kalium. Kandungan kalium memainkan peran penting dalam vasodilator, kandungan kalium dalam buah markisa memiliki efek menenangkan pada pembuluh darah dan dapat meningkatkan aliran darah.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Buah markisa mengandung manfaat vitamin C, karoten, dan crytoxanthin. Ketiga kandunganini memainkan peran penting dalam menjaga dan mengoptimalkan kekebalan tubuh manusia. Kekebalan tubuh ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan dapat menyembuhkan penyakit yang sudah ada dalam tubuh kita.

Sumber Zat Besi

Buah markisa ini adalah salah satu buah yang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi; dalam secangkir jus markisa ada kandungan besi kira-kir. 4 mg. Zat besi yang dimiliki buah markisa sangat cocok untuk nutrisi tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Membantu Mencegah Stres

Stres adalah masalah yang sering dihadapi orang, terutama mereka yang tinggal di kota besar. Stres biasanya muncul dari gaya hidup yang tidak sehat dan banyak masalah yang menumpuk. Ada kabar baik yang perlu Anda ketahui bahwa buah markisa memiliki manfaat mengurangi stres secara alami. Hal ini karena buah markisa dapat membantu Anda rileks. Efek relaksasi dari markisa dapat mencegah dan mengurangi perasaan depresi pada seseorang.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah markisa juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengonsumsi buah markisa dalam jumlah yang cukup katarak dan kebutaan dapat dihindari.

Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat markisa untuk kecantikan kulit wajah adalah memperlambat proses penuaan pada wajah seperti kerutan dan garis-garis halus. Manfaat buah markisa untuk kecantikan wajah dicapai melalui kandungan antioksidan. Jadi, jika Anda ingin menunda proses penuaan Anda bisa menggunakan buah markisa sebagai menu harian yang sehat.

Mencerahkan Kulit

Mengakui atau tidak memiliki kulit putih adalah dambaan setiap wanita. hal ini bisa dilihat pada banyak produk kecantikan yang menyebabkan kulit putih. Memang, markisa tidak bisa memutihkan kulit Anda tetapi kandungan vitamin C dalam markisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah secara alami.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah markisa kuning semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya