10 Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Selama kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi dan bergizi agar perkembangan janin di dalam rahim tetap terjaga. Pilihan makanan bernutrisi dan bergizi untuk ibu hamil cukup beragam. Salah satunya adalah buah melon.

Melon adalah salah satu buah yang membawa manfaat bagi tubuh karena tidak hanya berserat tinggi tetapi juga mengandung nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Berikut beberapa manfaat makan melon untuk wanita hamil:

Manfaat-Buah-Melon-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi buah melon selama kehamilan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh . Konsumsi 500 gram melon dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian ibu hamil. Karena mengandung vitamin C makan melon selama kehamilan membantu memperkuat kekebalan, sehingga ibu hamil tidak rentan terhadap penyakit dan infeksi selama kehamilan.

Baik untuk Kesehatan Janin

Buah Melon mengandung asam folat yang cukup tinggi untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan janin di dalam rahim. Seperti kita ketahui, asam folat adalah vitamin penting yang dibutuhkan wanita hamil untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim.

Tidak hanya kandungan asam folat yang cukup tinggi, melon juga mengandung zinc, yang juga penting untuk perkembangan jaringan tubuh janin di dalam rahim. Studi menunjukkan bahwa risiko cacat tabung saraf pada janin dapat dikurangi hingga 50 persen jika wanita hamil mengonsumsi asam folat dan zinc yang direkomendasikan.

Mendukung Perkembangan Kognitif Janin di dalam Rahim

Buah melon mengandung vitamin A yang cukup tinggi untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Vitamin A adalah persediaan penting yang mendukung pertumbuhan fungsi kognitif pada bayi yang sehat dan menangkis cacat bawaan. Vitamin ini juga mendukung perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, dan tulang bayi, sehingga jumlah yang cukup dapat mendukung perkembangan janin di dalam rahim.

Mencegah Dehidrasi

Makan buah melon selama kehamilan dapat membantu mencegah dehidrasi. Hal ini karena melon mengandung air yang cukup tinggi untuk memberikan asupan cairan yang menyegarkan bagi tubuh. Meskipun melon mengandung cukup air, ibu hamil masih perlu minum cukup cairan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi.

Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum pada wanita hamil. Nah, jika Anda mengatasi sembelit tidak ada salahnya makan buah melon secukupnya. Melon adalah buah yang kaya akan serat alami yang larut dalam air sehingga masalah sembelit yang terjadi selama kehamilan dapat diatasi. Tidak hanya itu, serat yang terkandung dalam melon juga membantu tubuh menyerap nutrisi sehingga metabolisme tubuh Anda meningkat.

Mencegah Anemia

Konsumsi melon selama kehamilan juga dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Hal ini karena melon mengandung sejumlah zat besi. Fungsi zat besi untuk wanita hamil tidak hanya dapat mencegah anemia selama kehamilan, tetapi juga membantu membangun otot janin, terutama ketika ibu mencapai trimester kedua dan ketiga. Asupan zat besi yang cukup dapat mengurangi risiko keguguran dan kelahiran prematur.

Mengontrol Tekanan Darah

Buah melon tidak hanya tinggi serat, tetapi juga tinggi kalium. Kandungan kalium dalam buah melon memainkan peran penting dalam mengatur sistem tekanan darah. Tekanan darah ibu hamil dapat dikontrol dengan baik dengan mengonsumsi melon yang cukup.

Mengatasi Perubahan Mood

Kandungan tryptophan adalah salah satu asam amino dalam buah melon yang dapat membantu meningkatkan produksi hormon serotonin dan memperbaiki suasana hati.

Mengurangi Heatburn

Heatburn adalah suatu kondisi di mana kondisi tersebut menyebabkan sensasi terbakar selama kehamilan atau tertusuk di ulu hati. Biasanya, wanita hamil memiliki tingkat sakit maag yang lebih tinggi.

Membantu Pembentukan Organ Janin

Dalam setiap 100 gram melon mengandung sekitar 0,5 mg fosfor. Wanita hamil dan janin membutuhkan fosfor untuk mempersiapkan wanita hamil untuk persalinan. Otot ibu hamil membutuhkan kontraksi yang sangat kuat sebelum proses kelahiran. Selain itu, fosfor juga berperan dalam menjaga sistem pembekuan darah dan meningkatkan fungsi jantung dan ginjal.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah melon untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya