14 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat buah durian telah terbukti sangat penting bagi kesehatan manusia. Dengan daging buah yang lembut dan berbau kuat, buah ini tersebar luas di Asia. Durian memiliki banyak penggemar, tetapi tidak jarang orang menghindarinya karena baunya yang menyengat.

Buah durian yang disebut raja buah ini mengandung beragam nutrisi. Keunggulan Durian dicapai melalui kandungan vitamin dan mineral yang mengesankan. Manfaat Durian dipercaya membantu mencegah penyakit jantung, melawan infeksi, dan menurunkan gula darah.

Manfaat-Buah-Durian
Manfaat Buah Durian

Durian mengandung senyawa aromatik yang menghasilkan aroma yang kuat. Beberapa orang menyukai baunya, sementara yang lain membencinya. Bagi penggemar buah tropis ini, mengonsumsninya tak hanya memberi kepuasan, tapi juga bisa mengambil manfaat buah durian.

Manfaat Buah Durian

Sumber Energi

Menurut stylecraze.com, 100 gram durian dapat memenuhi sekitar 21% dari kebutuhan karbohidrat harian Anda. Karena mengandung karbohidrat yang cukup buah ini dapat membantu Anda meningkatkan energi.

Antidepresan Alami

Durian secara alami mengandung vitamin B6. Vitamin B6 menghasilkan serotonin. Hormon serotonin memastikan perasaan yang nyaman dan menyenangkan. Karena itu, buah ini dapat membantu Anda mengatasi depresi.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium, kalium dan vitamin B dalam buah durian bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Untuk itu rajinlah mengkonsumsi durian

Menunda Penuaan

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Vitamin ini ditemukan dalam buah durian. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini.

Menjaga Tekanan Darah

Buah durian mengandung kalium yang dibutuhkan untuk mempertahankan kadar natrium dalam tubuh. Karena itu, mengkonsumsi buah ini bisa menangkal hipertensi.

Mencegah Anemia

Jika jumlah asam folat dalam tubuh tidak mencukupi, ini dapat mengurangi jumlah sel darah merah. Hal ini bisa memicu anemia. Nah, asam folat dalam buah durian dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Ada kandungan organosulfur dalam Durian yang membantu mengatur enzim inflamasi. Karena itu, Durian berpotensi menjauhkan penyakit kardiovaskular.

Menyembuhkan Insomnia

Sebuah studi penelitian dalam Journal of Peer-review Medicine menemukan bahwa triptofan bermanfaat dalam mengurangi gangguan tidur. Triptofan ini terdapat dalam kandungan durian.

Mengatur Kadar Gula Darah

Ada kandungan mangan yang tinggi dalam buah durian. kandungan mangan dapat membantu mengatur kadar gula darah. Untuk itu rajinlah mengkonsumsi buah durian

Baik untuk Penderita Kolesterol

Hal yang sering tidak dipahami oleh orang-orang bahwa buah durian merupakan pemicu kolesterol tinggi. Meskipun faktanya adalah bahwa tidak ada kolesterol sama sekali dalam buah durian. Sehingga aman bagi penderita kolesterol tinggi.

Melancarkan Pencernaan

Buah durian juga tinggi serat. Manfaat Durian dapat menjauhkan sembelit dan meningkatkan daya pencernaan. Kehadiran tiamin dan niasin meningkatkan nafsu makan dan daya pencernaan.

Mencegah Penyakit Jantung

Serat dalam buah durian mengurangi kadar kolesterol dalam darah dengan menghilangkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari tubuh. Kehadiran organosulfur membantunya mengatur enzim inflamasi. Karena itu, Durian juga berpotensi menangkal penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung. Beberapa senyawa dalam buah durian dapat membantu menurunkan risiko kolesterol dan aterosklerosis.

Meredakan Migrain

Apakah Anda sering menderita migrain? Mengkonsumsi durian bisa meredakan sakit migrain. Riboflavin adalah vitamin B yang terkandung dalam buah durian yang dapat meredakan sakit kepala migrain.

Meningkatkan Nafsu Makan

Buah durian juga kaya akan vitamin B yang merangsang nafsu makan dan mendukung produksi asam klorida di perut untuk membantu pencernaan makanan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah durian semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya