14 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pisang adalah buah-buahan yang umum ditemukan di Indonesia. Buah pisang mudah didapat di mana saja dan dengan harga yang relatif terjangkau. Buah pisang sangat cocok sebagai hidangan penutup. Konsumsi pisang secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan.

Wanita hamil makan pisang yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin. Hal ini karena pisang mengandung nutrisi seperti potasium dan asam folat. Pisang membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor dan nitrogen, yang digunakan untuk memperbaiki dan meregenerasi jaringan di dalam tubuh.

Manfaat-Buah-Pisang-untuk-Kesehatan
Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Manfaat pisang kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi dan magnesium. Berikut manfaat pisang untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan

Manfaat pisang untuk menurunkan berat badan. Bagi mereka yang memiliki masalah berat badan, konsumsilah pisang secara teratur untuk menurunkan berat badan. hal ini karena pisang memiliki kandungan kalori yang relatif rendah.

Mengobati Jerawat

Cara menggunakan pisang untuk mengobati jerawat, Anda harus terlebih dahulu menghancurkan daging pisang yang sudah matang. Lalu oleskan ke kulit wajah dengan jerawat. Diamkan selama beberapa menit lalu basuh dengan air. Ulangi metode ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit menjadi bersih.

Menghaluskan Kulit

Bagi mereka yang memiliki masalah dengan kulit kasar atau kering, buah pisang adalah solusinya. Seperti cara untuk mengobati jerawat, pertama-tama hancurkan pisang dan tambahkan madu dengan satu sendok makan. Gunakan itu untuk menjadi masker di wajah Anda. Lakukan secara teratur dan kulit wajah menjadi halus.

Mengatasi Diabetes

Untuk penderita diabetes dengan mengkonsumsi pisang khas daerah gorontalo yaitu Goroho yang dikukus dan dicampur dengan parutan kelapa muda yang bisa dijadikan makanan tambahan bagi penderita diabetes.

Menyeimbangkan Jumlah Cairan

Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang yang cukup untuk mendukung semua fungsi organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium dalam pisang memainkan peran penting dalam menyeimbangkan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Mengobati Sakit Maag

Pisang ini digunakan sebagai solusi ketika maag mengganggu tubuh. Hal ini karena pisang mengandung penangkal asam dalam tubuh yang dapat membantu meringankan sakit maag.

Mengatasi Anemia

Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan karenanya cocok untuk penderita anemia. Konsumsilah 2 pisang secara teratur setiap hari. Manfaat pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

Menyehatkan Tulang

Mengkonsumsi pisang secara teratur dapat membantu menyehatkan tulang. Hal ini karena pisang ini adalah salah satu buah dengan kandungan mangan yang tinggi.

Menyembuhkan Luka Bakar

Anda dapat menggunakan bagian dari tanaman pisang untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya adalah dengan mengambil abu daun pisang dan kemudian menambahkan minyak kelapa. Oleskan ke luka bakar kulit yang terkena.

Mencegah Penyakit Jantung

Pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini karena pisang mengandung vitamin C dan flavonoid yang merupakan antioksidan dan dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam pisang adalah tonik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Serat pektin membantu menurunkan kolesterol.

Mengencangkan Sistem Pencernaan

Konsumsi pisang secara teratur dapat menghasilkan kinerja sistem pencernaan yang lebih baik. Pada akhirnya, berbagai nutrisi dari makanan dapat diserap dan digunakan secara optimal oleh tubuh.

Mengatasi Gatal akibat Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk yang mengganggu dan rasa gatal yang dihasilkan dapat dihilangkan dengan pisang. Ambil kulit pisang dan perlahan-lahan oleskan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

Melancarkan Peredaran Darah

Pisang mengandung kalium dan potasium yang berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat membantu memperlancar detak jantung, mengurangi risiko stroke, dan mengatur tekanan darah.

Mengurangi Rasa Sakit ketika Haid

Jika Anda sering merasakan sakit selama haid, Anda bisa menyelesaikan masalah dengan mengkonsumsi pisang. Jika Anda mengkonsumsi lebih banyak pisang rasa sakitnya dapat dikurangi.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pisang untuk kesehatan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya