13 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah naga adalah salah satu buah yang paling mudah dikenali karena bentuknya yang unik. Alasannya adalah bahwa buah-buahan Amerika Tengah awalnya berasal dari kaktus yang kemudian mekar di malam hari dan layu di pagi hari. Karena keindahan bunganya, sering kali bunga buah naga mendapat julukan moonflower atau Queen of The Night.

Tidak berhenti sampai di situ, buah naga umumnya memiliki penampilan kulit merah (terkadang kuning) dengan daging berwarna ungu atau putih dengan biji hitam. Selain itu, buah dengan nama latin Hylocereus undatus ini rendah kalori, tetapi kaya akan nutrisi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, serat, captine dan antioksidan.

Manfaat-Buah-Naga-untuk-Kesehatan
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan

Buah naga ini mengisi perut Anda dengan makanan berserat tinggi, rendah kalori, dan memastikan perut Anda terus terasa kenyang tanpa harus khawatir tentang kenaikan berat badan. Selain itu buah naga juga akan membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung banyak air.

Camilan Sehat untuk Diet

Bagi Anda yang sedang diet, tidak salah untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal jika Anda memanfaatkan buah naga untuk diet. Jika Anda mengkonsumis buah naga secara teratur perut Anda akan terus merasa kenyang tanpa takut tubuh membesar.

Membantu Proses Detoksifikasi

Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas di dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (penghilangan racun dalam tubuh) berjalan lancar.

Mencegah Kanker

Seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung likopen. Likopen, yang digunakan sebagai pewarna merah pada buah naga, telah terbukti menurunkan risiko kanker prostat.

Tidak hanya likopen, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin, yang mendukung pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, dan membantu menghilangkan racun logam dari tubuh beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

Mencegah Diabetes

Kandungan antioksidannya juga mencegah diabetes melitus terjadi karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan kebiasaan makan. Buah naga juga aman untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya sangat rendah.

Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung

Kandungan likopen tidak hanya berfungsi untuk mencegah kanker tetapi juga menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak, karena biji buah naga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu meringankan penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah naga untuk sistem kekebalan tubuh adalah efek samping dari buah naga yang mengandung banyak nutrisi dan gizi. Selain itu, konsumsi buah naga yang cermat mempercepat proses penyembuhan luka eksternal dan eksternal.

Meningkatkan Nafsu Makan

Vitamin B1 dan B2 dalam buah naga meningkatkan nafsu makan jika Anda mengonsumsi buah naga secara teratur terutama pada anak-anak yang biasanya sulit makan. Hal ini bertentangan dengan manfaat buah naga dalam menurunkan berat badan, tetapi bagi Anda yang melakukan diet cukup mengganti makanan sehari-hari Anda dengan buah naga yang membuat Anda kenyang bahkan tanpa takut tubuh melar.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk membersihkan pencernaan Anda maka konsumsilah buah naga. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati sembelit atau konstipasi. Dengan mengonsumsi dagingnya yang juga mengandung protein baik, Anda dapat membuat tubuh Anda sehat dan segar.

Menunda Penuaan Dini

Manfaat buah naga untuk kecantikan adalah dengan menambah penuaan diri. Hal ini karena antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.

Membantu Meringankan Batuk dan Asma

Biji buah naga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu meringankan masalah pernapasan. Cocok untuk membantu penderita asma atau batuk tidak berhenti-berhenti.

Mencegah Keguguran dan Kelahiran Prematur

Khusus untuk wanita hamil kandungan asam folat dalam buah naga sangat baik untuk janin. Tidak hanya untuk pertumbuhan dan perkembangan tetapi juga mencegah risiko keguguran dan kelahiran prematur.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Buah naga mengandung mineral yaitu magnesium, kalsium dan fosfor. Ketiga bahan ini bisa memperkuat tulang dan gigi. Buah naga juga baik untuk wanita hamil. Untuk mencegah pengeroposan tulang.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah naga untuk kesehatan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya