14 Manfaat Buah Delima Putih untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Delima putih atau Punica granatum adalah tanaman buah dengan khasiat herbal. Buah ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah, buah ini dikenal dengan banyak nama, di Sumatera bernama glima glineu mekah, dalimo, ende limau, sedang di Jawa disebut dlima, gangsalan dan dhalima, sementara di Nusa Tenggara sebagai jeliman, talima, dila lae lok, leo kase, dan rumau.

Delima Putih mengandung berbagai senyawa kimia, dari alkaloid hingga tanin hingga gula. Kulit batang atau kulit akar efektif sebagai peluruh dahak, pencahar, pengelat. Sedangkan daunnya berkhasiat untuk peluruh haid.

Manfaat-Buah-Delima-Putih
Manfaat Buah Delima Putih

Manfaat Buah Delima Putih

Mencegah Kanker Payudara

Bagi wanita, mengonsumsi buah delima putih juga sangat baik untuk mencegah kanker payudara. Delima putih memelihara sel-sel dalam tubuh, terutama di daerah payudara sehingga perkembangan sel kanker payudara dapat dicegah.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh tidak terlalu baik dan memicu perkembangan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Mengonsumsi delima putih dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk menurunkan kadar kolesterol secara signifikan dalam tubuh.

Mengatasi Impotensi

Delima putih juga sangat efektif dalam mengatasi impotensi. caranya adalah dengan memeras sari dari 1 delima putih matang dan kemudian dicampur dengan daging kelapa muda bakar, ketan gajih, gula aren, gula pasir dan madu. Campur semua bahan dan masak sampai semuanya tercampur rata. Minumlah campuran ini sampai habis.

Mengatasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur juga bisa diatasi dengan menggunakan delima putih yaitu daunnya. Caranya: haluskan 3 gram daun delima putih dan didihkan dengan 200 ml air sampai hanya 1/4 bagian tersisa. Tunggu sampai agak dingin dan minum air ini sebelum tidur.

Menyembuhkan Sakit Perut

Daun delima putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit perut. Caranya adalah dengan merebus beberapa daun delima putih dengan air dan minum air rebusannya untuk mempercepat proses pencernaan.

Mengatasi Disentri

Daun delima putih dan buahnyadapat digunakan untuk menyembuhkan disentri, karena tanaman ini mengandung agen antibakteri. Caranya: rebus daun delima putih dengan air secukupnya ketika sudah cukup dingin, masukkan ke dalam blender dan tambahkan daging buah delima putih seperti jus. Minumlah jus ini sampai disentri benar-benar sembuh.

Menyembuhkan Sakit Kuning

Penyakit kuning dapat terjadi karena akumulasi bilirubin dalam darah dan jaringan tubuh lainnya. Gejala penyakit kuning juga bisa diatasi dengan menggunakan ekstrak dari delima putih. Seperti, keringkan dan haluskan daun delima sampai ia mendapat hingga 3 gram daun delima bubuk. Rebus bubuk delima putih ini dan minum airnya dua kali sehari.

Mengatasi Eksim

Eksim yang merupakan salah satu penyakit kulit atau juga dikenal sebagai eksema dapat menyebabkan peradangan pada permukaan kulit yang kendur. Kondisi kulit ini juga dapat disembuhkan dengan menggunakan daun delima putih dengan menghaluskan daun delima putih dan kemudian menempelkannya ke area kulit yang terkena eksim.

Obat Batuk

Daun delima putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk. Caranya adalah merebus beberapa daun delima kering dan campur dengan tunas daun dan lada hitam. Saring campuran ini dan minum selagi hangat.

Menyembuhkan Rektum Prolap

Gangguan yang terjadi pada rektum juga bisa diatasi dengan berendam di air daun delima putih. Campurkan daun delima putih dengan sedikit tawas, saring, dan gunakan air campuran ini untuk merendam anus atau mencuci anus secara teratur.

Menyembuhkan Sariawan

Menyembuhkan sariawan yang merupakan salah satu penyakit mulut dan lidah biasanya menyebabkan rasa sakit dan nyeri ketika disentuh oleh makanan atau organ mulut lainnya. Untuk mengatasi sariawan ini, Anda dapat secara teratur berkumur dengan air matang dari daun delima hingga sariawan telah sembuh sepenuhnya.

Menyembuhkan Sakit Telinga

Daun pohon delima putih ini digunakan untuk menyembuhkan sakit telinga. Hancurkan beberapa daun delima dan sangrai bersama dengan minyak wijen. Tempelkan daun delima panggang ke telinga.

Mengatasi Kulit Keriput

Kerutan biasanya muncul seiring bertambahnya usia. Kerutan ini dapat dicegah dengan menggunakan daun delima putih tanpa menimbulkan efek samping. Caranya adalah merebus beberapa lembar daun delima putih dan haluskan hingga halus untuk menghasilkan minyak. Gunakan api sedang saat memasak sehingga air bisa menguap dengan benar. Oleskan campuran ini ke kulit selama pijatan lembut.

Mengobati Cacingan

Buah delima putih diperkaya dengan penisilin dan tanin. Akibatnya, buah delima putih dapat digunakan sebagai obat herbal untuk pengobatan cacingan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah delima putih semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya