5 Manfaat Buah Pisang untuk Diet dan Cara Memanfaatkannya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah pisang sering disebut sebagai menu utama untuk diet atau biasa dikenal sebagai diet pisang. Bagi Anda yang tidak punya waktu untuk berolahraga tetapi masih ingin menghindari kelebihan berat badan, mengkonsumsi pisang bisa menjadi solusinya.

Diet pisang awalnya populer di negara jepang ketika seorang pria bernama hitoshi watanabe berhasil kehilangan 18 kilogram selama beberapa bulan dengan hanya mengonsumsi pisang dan air di pagi hari.

Manfaat-Buah-Pisang-untuk-Diet
Manfaat Buah Pisang untuk Diet

Diet ini juga menjadi semakin populer karena metodenya sederhana dan tidak ada perubahan dalam diet keseluruhan yang diperlukan. Mengapa diet pisang begitu efektif? Pisang adalah buah yang kaya serat yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan mengandung sumber energi (karbohidrat) dan mineral. Mengkonsumsi buah pisang dapat membantu anda menurunkan berat badan dan mendetoksifikasi tubuh anda.

Cara Diet Pisang

  1. Diet pisang dapat dimulai di pagi hari atau disebut sebagai diet pisang pagi. Caranya, Anda bisa hanya mengkonsumsi dua pisang dan air putih untuk sarapan.
  2. Pilih pisang segar untuk diet Anda. Ada berbagai jenis pisang untuk dipilih misalnya pisang cavendish, pisang barangan, pisang mas, pisang raja bulu, pisang tanduk dan pisang kepok. Untuk pelaku diet, pisang cavendish dan pisang mas adalah jenis yang terbaik untuk dikonsumsi.
  3. Anda bisa makan seperti biasa untuk makan siang dan makan malam. Namun, hindari makanan atau minuman seperti es krim, produk susu dan alkohol. Untuk hasil terbaik, jangan lupa makan makanan berserat dan bergizi dan minum banyak air.

Jenis Pisang Yang Cocok untuk Diet

Pisang Kepok

Pisang Kepok adalah salah satu pisang yang bisa anda buat untuk menu diet anda. Pisang kepok rendah lemak dan rendah gula sehingga aman bagi penderita diabetes. Selain itu, buah ini mengandung banyak vitamin B yang mendukung metabolisme tubuh.

Pisang Barangan

Pisang barangan juga dapat digunakan sebagai hidangan utama dalam diet Anda. Pisang Barangan merupakan pisang yang berasal dari sumatera utara. Pisang ini mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh. Selain asam folat dan karbohidrat, pisang barangan mengandung banyak serat. Kandungan seratnya baik untuk pencernaan, karena dapat melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

Pisang Raja Bulu

Pisang raja bulu sangat enak dimakan karena rasanya manis. Pisang berbentuk gemuk ini juga dapat digunakan untuk program diet anda. Hanya dengan mengkonsumsi satu buah pisang raja buah dengan segelas susu untuk sarapan. Pisang raja bulu mengandung banyak vitamin dan zat yang penting bagi tubuh. Bulu pisang mengandung vitamin A dan C serta magnesium dan mangan.

Pisang Cavendish

Pisang yang satu ini rasanya agak unik. Bagi yang mencobanya pertama kali, pasti agak aneh karena pisang cavendish rasanya manis agak masam. Daging buah yang lunak dengan kulit pisang tebal. Permukaan kulit pisang halus dengan warna hijau. Pisang cavendish juga rendah kalori sehingga paling aman dikonsumsi untuk diet.

Pisang Mas

Walaupun bentuknya kecil, tetapi pisang mas ini memiliki rasa manis. Aroma pisang khas dan menggoda untuk dimakan segera. Atau bisa diolah terlebih dahulu.

Pisang mas juga cukup baik untuk diet. Kandungan nutrisinya tidak kalah lengkap dengan pisang ambon. Harga pisang mas sedikit lebih mahal, tetapi sesuai dengan manfaatnya ketika menurunkan berat badan. Ada banyak vitamin dan mineral dalam pisang mas yang membuatnya cocok sebagai menu diet Anda.

Manfaat Buah Pisang Lainnya

Mengatasi Jerawat

Pisang dapat menghilangkan jerawat dan mengurangi ukuran pori-pori kulit. Karena pisang sangat kaya akan vitamin C dan zinc yang dapat melawan bakteri jerawat di wajah. Ketika digunakan secara rutin dalam bentuk masker wajah, pisang dapat mencegah jerawat yang disebabkan oleh bakteri.

Mencegah Sembelit

Pisang kaya akan serat, yang secara signifikan dapat melancarkan pencernaan sehingga sembelit dapat dihindari. Bagi mereka yang kesulitan buang air besar, konsumsi pisang setiap hari agar BAB menjadi lebih lancar.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat pisang selanjutnya untuk penurunan berat badan. Pisang mengandung serat. Serat yang terkandung dalam pisang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal ini bagus untuk Anda yang sedang diet sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Menyehatkan Tulang

Mengkonsumsi pisang secara teratur dapat membantu menyehatkan tulang. Hal ini karena pisang ini adalah salah satu buah yang memiliki kandungan magnesium tinggi.

Mengobati Maag

Manfaat lain dari pisang adalah pisang mengandung penangkal asam di lambung sehingga bisa meredakan sakit maag. Zat ini dikenal sebagai protease inhibitor membantu menyingkirkan bakteri lambung yang menghasilkan sakit maag.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pisang untuk diet semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya