10 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah naga termasuk dalam jenis kaktus yang mudah ditemukan di Amerika Utara dan Meksiko. Disebut buah naga karena buah ini memiliki kulit yang mirip sisik naga. Di Cina, buah naga dianggap suci karena hadir sebagai persembahan kepada para dewa di setiap upacara keagamaan.

Namun seiring berjalannya waktu, buah naga tidak hanya dilihat sebagai buah suci untuk persembahan, tetapi juga buah yang sangat kaya nutrisi yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan, selain daging buahnya, kulit buah naga juga memiliki nutrisi yang sama hebatnya.

Manfaat-Kulit-Buah-Naga
Manfaat Kulit Buah Naga

Berikut ini kami akan memberi tahu kamu beberapa informasi seputar khasiat atau manfaat kulit buah naga yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Tentunya hal ini jarang diketahui orang banyak, yuk simak dibawah ini.

Manfaat Kulit Buah Naga

Mencegah Kanker

Ternyata, kulit buah naga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah kanker. Kulit buah naga juga bermanfaat bagi orang yang sedang dalam fase pengobatan atau yang sedang menyembuhkan kanker. Tentu saja ini dilakukan agar kanker tidak menyebar dengan cepat.

Melenturkan Pembuluh Darah

Ternyata kulit buah Naga mengandung bahan aktif dalam bentuk Taraxast 12 dan Pentacyl-Triyepen-20en-30aol, yang memastikan pembuluh darah menjadi kenyal dan tetap sehat. Dengan mengkonsumsi kulit buah naga dengan cara diseduh, pembuluh darah yang mengalami kekakuan dan penyempitan menjadi kenyal lagi.

Mengobati Tumor

Ternyata, kulit buah naga juga mengandung senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan tumor. Anda hanya perlu memotong kulit buah naga menjadi potongan-potongan kecil, lalu dijemur hingga kering. Setelah itu, Anda bisa menyeduh menjadi minuman herbal. Konsumsi buah naga ini secara teratur direndam dua kali sehari.

Merawat Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Pada buah naga, kulitnya juga mengandung antioksidan, vitamin C dan vitamin E, yang cukup tinggi. Kandungannya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit sehingga kulit bebas radikal bebas. Selain itu, kandungan air yang tinggi dari kulit buah naga membuat kulit tetap lembab. Cara menggunakannya, Anda bisa menjadikan kulit buah naga sebagai masker alami untuk kulit dan wajah Anda.

Merawat Rambut

Jika rambut Anda sering rontok, ujungnya membelah dan membentuk sisik, kulit buah naga cocok untuk Anda. Anda dapat menggunakan kulit sebagai masker alami untuk mengembalikan rambut berkat enzim dan vitamin C yang dikandungnya. Selain itu, kulit buah naga juga mampu merawat rambut kusam dan menguatkan rambut sehingga tidak mudah patah.

Melawan Kolesterol Jahat

Kulit buah naga berpotensi menurunkan kadar LDL (kolesterol Jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol Baik).Kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL menurun dengan ditingkatkannya pemberian asupan dosis bubuk kulit buah naga merah. Sementara itu HDL meningkat.

Baik untuk Pencernaan

Kulit buah naga mengandung serat yang tinggi dan juga kandungan vitamin C, kandungan senyawa ini dapat di gunakan untuk memperbaiki pencernaan.

Mengurangi Risiko Diabetes

Studi menunjukkan bahwa anthocyanin membantu mencegah resistensi insulin dan menurunkan kadar gula darah yang memicu diabetes. Bahkan, obat-obatan tradisional Cina telah menggunakan kulit buah naga untuk mengobati diabetes karena kandungan antosianin di dalamnya.

Anti Obesitas

Kandungan senyawa alami seperti antosianin dalam kulit buah naga telah terbukti menekan kenaikan berat badan dan mencegah lemak menumpuk di dalam tubuh.

Mengatasi Masalah Jerawat

Kulit buah naga dengan kandungan vitamin E dan C yang tinggi diyakini efektif mengatasi masalah jerawat yang membandel. Karena itu, produksi minyak yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat di wajah.

Caranya sederhana, cukup oleskan kulit buah naga dengan jerawat di wajah. Biarkan selama 10 menit. Lakukan secara teratur untuk efektivitas maksimum. Setidaknya setiap dua hari.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat kulit buah naga semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya