16 Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah strawberry dikenal luas sebagai hiasan atau pelengkap dalam hidangan makanan atau minuman yang terbuat dari buah-buahan. Hal ini karena strawberry memiliki bentuk hati dengan warna merah yang sangat kental yang menyebabkan beberapa orang menggunakan stroberi sebagai hiasan makanan.

Ternyata buah merah kecil ini memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan. Ya, manfaat stroberi bagi kesehatan sudah dikenal sejak zaman Romawi. elain untuk kesehatan, manfaat strawberry juga dikenal ampuh untuk mengobati iritasi pada kulit.

Manfaat-Buah-Strawberry
Manfaat Buah Strawberry

Ahli gizi dari seluruh dunia sudah mulai meresepkan stroberi untuk mencapai banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. hal ini disebabkan oleh warna merah tua dari strawberry yang disebabkan oleh anthocyanidin. Anthocyanidin adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan peradangan, kanker, dan masalah jantung tertentu. Strawberry juga dilengkapi dengan vitamin C, vitamin K, serat, asam folat, magnesium, dan kalium. Inilah yang mendasari banyak manfaat stroberi.

Manfaat Buah Strawberry

Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama buah straberry adalah menurunkan berat badan. Buah yang satu ini memiliki kandungan kalori yang cukup rendah dan tidak mengandung natrium, gula atau lemak. Faktanya, karbohidrat yang dikandungnya hanya terdiri dari setengah dari roti. Jadi Anda bisa menyiapkan stroberi sebagai hidangan utama selama diet.

Baik untuk Pencernaan

Stroberi juga baik untuk pencernaan. Buah ini memiliki berat 2 gram serat per dosis. Dengan mengonsumsi stroberi, Anda dapat mencegah kontaminasi dan peradangan di usus. Konsumsi stroberi juga baik untuk pencegahan diabetes tipe 2, karena dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan gula dalam darah.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat stroberi selanjutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Dengan hanya 2 mangkuk stroberi, Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan jenis vitamin ini.

Vitamin C dikenal sebagai vitamin yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai jenis penyakit. Yang unik adalah bahwa antioksidan dalam stroberi juga bekerja lebih cepat dan sudah siap dalam aliran darah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah jenis penyakit yang mematikan. Mengkonsumsi stroberi dapat meningkatkan kesehatan jantung sekaligus mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Buah yang satu ini juga baik untuk mencegah peradangan yang secara tidak langsung dapat melindungi organ-organ vital jantung.

Menyehatkan Mulut

Untuk menjaga kesehatan mulut, Anda bisa menggunakan kandungan stroberi yang sehat. Buah yang satu ini dapat bertindak sebagai zat yang menghilangkan dan mengikis noda yang menempel pada permukaan gigi. Untuk hasil terbaik, Anda bisa mengonsumsi stroberi secara teratur sehingga gigi tampak lebih putih, bau mulut hilang dan pernapasan menjadi lebih segar.

Mengobati Jerawat

Jerawat menjengkelkan dan ingin segera dibersihkan? Anda bisa menggunakan stroberi untuk solusinya. Manfaat strawberry tentu sangat membantu, terutama untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan menghilangkan jerawat wajah.

Menghaluskan kulit

Stroberi tidak hanya bekerja melawan jerawat, mereka juga mengangkat sel kulit mati. Caranya cukup mudah yaitu menjadikan buah ini sebagai lulur saat mandi. Untuk manfaat lebih, Anda bisa mencampur stroberi dengan susu dan minyak zaitun. Dengan campuran bahan-bahan ini Anda mendapatkan kulit yang bercahaya dan halus.

Mencegah Peradangan dan Alergi

Khasiat strawberry selanjutnya adalah mencegah peradangan dan alergi. Buah ini memiliki kadar gula rendah dan karena itu cocok untuk penderita diabetes. Buah ini juga baik untuk encok dan radang sendi.

Menjaga Kesehatan Mata

Usia dan Nutrisi harian seseorang dapat memengaruhi kesehatan mata. Dengan kandungan stroberi yang sehat yang merupakan antioksidan, maka kesehatan mata bisa lebih terjaga dan menjauhkan anda dari berbagai serangan penyakit.

Baik untuk Kesehatan Otak

Kelebihan dari strawberry ini sangat cocok untuk semua orang dari berbagai usia. Konsumsi stroberi yang mengandung vitamin C mencegah radikal bebas yang merusak fungsi otak.

Menjaga Tekanan Darah

Stroberi mengandung kalium yang baik untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh. Buah ini juga dapat digunakan sebagai buah yang sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam semangkuk stroberi Anda akan menemukan 134 miligram kalium yang baik untuk menjaga tekanan darah.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat stroberi ini tentu sangat populer di kalangan wanita. Stroberi mampu merawat kulit yang sehat sehingga Anda terlihat lebih cantik dan menawan. Buah ini mencegah keriput dan mempertahankan tingkat elastis kulit membuat Anda terlihat lebih muda. Stroberi juga mengandung asam ellagic yang dapat melindungi kolagen sehingga tidak mudah rusak.

Mengurangi Peradangan pada Sendi

Khasiat lain dari strawberry adalah mengurangi peradangan pada persendian yang bisa menyebabkan radang sendi dan menyebabkan penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 16 stroberi seminggu 14% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami peradangan.

Memutihkan Gigi

Asam malat yang terkandung dalam stroberi bertindak sebagai zat yang mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi. Mulut dapat dirawat dengan mengunyah stroberi setiap hari, seperti Memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut dan menyegarkan nafas.

Mencegah Kanker

Vitamin C, asam folat, anthocyanin, quercetin dan kaempferol adalah beberapa jenis flavonoid yang ditemukan dalam stroberi dan memiliki efek antikarsinogenik. Karena itu, kandungan antioksidan dipercaya dapat melawan pertumbuhan tumor penyebab kanker. Konsumsi stroberi setiap hari memiliki keuntungan besar karena mengurangi kemungkinan metastasis (penyebaran) sel kanker yang berbahaya.

Meningkatkan Daya Ingat

Di dalam buah stroberi adalah kandungan falvanoid yang disebut fistein. Kandungan ini digunakan untuk meningkatkan memori. Satu studi mengatakan bahwa makan dua stroberi atau lebih dalam seminggu dapat membantu meningkatkan memori otak.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah strawberry semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya