10 Manfaat Buah Rimbang untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pernahkah Anda melihat tanaman berbentuk buah kecil yang terlihat seperti terong? Tanaman ini memiliki banyak nama dari rimbang, terong pipit, takokak hingga pokak. Sebagai terong sayuran pada umumnya, telah ditemukan bahwa terong / pokak juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat untuk keluarga.

Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu cara mengolahnya dan mengabaikan tanaman liar ini atau bahkan memotongnya untuk dibuang. Sekalipun kecil, rimbang ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Manfaat-Buah-Rimbang
Manfaat Buah Rimbang

Manfaat Buah Rimbang

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat pertama dari rimbang untuk tubuh adalah untuk memperlancar aliran darah, kandungan senyawa flavonoid dalam rimbang, baik di daun maupun di dalam buah adalah alasan mengapa tanaman ramuan ini dikatakan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Aliran darah ke tubuh akan sangat penting. Karena aliran darah tidak lancar, masalah kesehatan dapat timbul, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Mencegah Diabetes

Dipercaya juga mengkonsumsi buah rimpang teratur mengatur kadar gula darah dalam tubuh sehingga risiko terkena diabetes dapat diminimalkan. Faktanya, tidak banyak penelitian ilmiah yang benar-benar menunjukkan manfaat yang satu ini. Rasa pahit (karena kekurangan gula) pada rimbang bisa menjadi alasan yang masuk akal mengapa tanaman harus membantu mengendalikan kadar gula darah.

Mengatasi peradangan

Ada juga senyawa yang disebut campesterol pada rimbang. Campesterol adalah senyawa dengan sifat anti-inflamasi. Akibatnya, mengkosumsi rimbang yang tepat dapat mencegah peradangan di tubuh Anda. Buah ini juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi peradangan yang sudah terjadi.

Mengatasi Infeksi

Tubuh yang mengalami infeksi, baik infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri dapat diatasi dengan mengkonsumsi rimbang. buah rimbang berkhasiat dalam mengobati infeksi, karena tanaman herbal ini diperkaya dengan zat antimikroba dan antibakteri.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan zat dalam tanaman kerdil dengan nama lain takokak juga dikatakan efektif menangani sejumlah masalah pencernaan. Sejumlah gangguan pencernaan seperti diare, sakit perut dan maag dapat diatasi dengan tanaman rimbang ini.

Sayangnya, hasil penelitian yang dapat membuktikan kegunaan metode ini masih sangat terbatas. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat klaim ini.

Memperkuat Imunitas

Tubuh yang sehat yang tidak rentan terhadap penyakit didukung oleh sistem kekebalan tubuh yang kuat. Salah satu cara untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi rimbang. Manfaat rimbang untuk meningkatkan kekebalan disebabkan oleh kandungan vitamin C yang dikandungnya.

Menurut penelitian, vitamin C adalah vitamin yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, tidak pasti apakah vitamin C layu memiliki dampak besar pada peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Minimalkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat rimbang lainnya adalah meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Khasiat rimbang ini, karena tanaman ini mengandung vitamin C. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Michigan, AS, menunjukkan bahwa vitamin C memainkan peran penting dalam Perlindungan tubuh. memainkan penyakit kardiovaskular.

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang terjadi karena perkembangan sel-sel abnormal dalam tubuh. Sel kanker berkembang setelah sel tubuh rusak. Penyebabnya karena efek radikal bebas.

Rimbang adalah tanaman yang diperkaya dengan senyawa flavonoid. Senyawa ini merupakan antioksidan, fungsi utamanya adalah untuk menangkal serangan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Fungsi flavonoid didukung oleh vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai vitamin dengan sifat antioksidan.

Mencegah Anemia

Anemia dapat menyebabkan gejala tidak nyaman, mulai dari kelelahan, kelelahan, lesu, pusing dan banyak lainnya. Kebiasaan mengonsumsi rimbang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga Anda terhindar dari anemia.

Melawan Bakteri dalam Tubuh

Bakteri menjadi salah satu penyebab penyakit dan berbagai masalah dalam tubuh. Nah, kandungan nutrisi dalam rimbang bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan bakteri dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah rimbang semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: