10 Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat buah zaitun tidak diragukan lagi untuk kesehatan. Buah yang namanya yang dicatat dalam Alquran adalah buah yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Buah ini tersebar luas terutama jika diolah menjadi minyak zaitun. Minyak zaitun biasanya digunakan untuk perawatan kecantikan, perawatan rambut, minyak goreng, dll.

Manfaat-Buah-Zaitun
Manfaat Buah Zaitun

Manfaat buah zaitun juga dapat diperoleh dengan memakannya langsung tanpa terlebih dahulu mengolahnya menjadi minyak zaitun. Dengan beragam nutrisi dalam buah, tidak heran jika buah zaitun memiliki begitu banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Buah Zaitun

Mencegah Berbagai Jenis Kanker

Keuntungan pertama buah zaitun adalah dapat mencegah kanker. Mengandung antioksidan dan karotenoid yang disebut lutein, membuah buah zaitun dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Mengkonsumsi buah zaitun dapat mengganggu siklus hidup sel kanker. Itulah sebabnya buah zaitun dapat mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung dan kanker usus besar.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Manfaat selanjutnya dari buah zaitun adalah mereka dapat membantu mengatasi anemia atau kurang darah. Hal ini karena buah zaitun mengandung zat besi yang diyakini dapat mendukung pembentukan hemogoblin.

Mencegah Penuaan Dini

Keuntungan berikutnya dari zaitun dengan sifat antioksidan adalah mereka dapat mencegah penuaan dini. Antioksidan yang terkandung dalam buah zaitun tidak hanya bisa mencegah kanker, tetapi juga mencegah kulit penuaan dini.

Mencegah Penyakit Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, buah zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, mengonsumsi buah zaitun juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan dua manfaat ini, buah zaitun memainkan peran penting dalam mencegah faktor risiko penyakit jantung yaitu kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Zaitun juga bisa mengurangi kemungkinan pembekuan darah yang menghalangi aliran darah dengan antioksidan yang bisa mengencerkan darah.

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat zaitun berikutnya adalah Menyehatkan pencernaan. Hal ini karena buah zaitun dapat menghilangkan racun dan gas yang menyebabkan masalah pencernaan.

Mencegah Infeksi

Manfaat buah zaitun adalah mencegah infeksi. hal ini karena kandungan dalam buah zaitun sangat kaya akan antioksidan seperti hyroxytyrosol, tyrosol, quercetin, asam oleonic dan oleuropein. Dengan kandungan ini, buah zaitun dapat mengurangi risiko kerusakan oksidatif dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Memperbaiki kesehatan tulang

Sudah diketahui bahwa buah zaitun dan minyak zaitun dapat bekerja melawan keropos tulang pada percobaan hewan. Dengan mengonsumsi buah zaitun Anda dapat menghindari osteoporosis yang bahkan dapat menyebabkan risiko patah tulang. hal ini telah diperhatikan oleh orang-orang Mediterania yang rajin mengonsumsi buah zaitun yang membuat osteoporosis lebih jarang di daerah ini dibandingkan dengan daerah lain.

Mencegah Asma

Kandungan nutrisi buah zaitun tentu sangat positif untuk kesehatan Anda. Vitamin C yang terkandung dalam zaitun dapat membantu Anda menghindari asma. Karena itu, tidak ada salahnya mengonsumsi buah zaitun secara teratur setiap hari.

Mengobati Anemia

Konsumsi buah zaitun dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Ini karena kandungan besi zaitun yang tinggi. Zaitun juga dapat mengikat oksigen dalam darah membuat Anda lebih sehat.

Mengurangi Risiko Diabetes

Diabetes sangat terkait erat dengan kadar gula darah, buah zaitun sendiri sangat tinggi serat dan juga mengandung natrium. Dipercayai bahwa kadar natrium dalam zaitun yang tinggi dapat mengontrol kadar gula darah untuk mengurangi risiko diabetes.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah zaitun semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya