8 Cara Menanam Kangkung di Polybag

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Cara menanam kangkung dalam polybag dapat dilakukan secara vegetatif dengan biji atau dengan cara stek. Di mana kedua cara itu sangat sederhana dalam praktiknya. hanya bagaimana kita merawat dan menanamnya.

Untuk habitat asli kangkung biasanya ditemukan di sawah atau wilayah sungai. Hal ini berarti bahwa pemeliharaan tanaman ini untuk menumbuhkan media di area yang luas perawatan untuk kangkung juga mudah. Hanya saja media polybag yang digunakan saat ini membutuhkan langkah yang tepat agar tanaman yang dihasilkan tidak mengecewakan.

Cara-Menanam-Kangkung-di-Polybag
Cara Menanam Kangkung di Polybag

Sekadar info,kangkung adalah sayuran yang dianggap sangat menjanjikan di Indonesia karena banyaknya penikmat makanan ini. Pengolahan mudah dan saat ini kangkung juga dapat diolah menjadi hidangan lezat. Sayuran ini juga kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Cara Menanam Kangkung di Polybag

Persiapan Bibit Kangkung

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih bibit unggul. Proses penanaman ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan metode generatif menggunakan biji dan metode vegetatif menggunakan stek. Pilihan benih sangat penting untuk menentukan kualitas sayuran. Karena itu, pilih benih yang bebas dari hama dan penyakit dan berasal dari varietas berkualitas tinggi.

Jika Anda menggunakan bibit dari biji, pertama-tama Anda harus menyiapkan tempat persemaian yang ditaburi pupuk kompos dan pupuk kandang sebelum menanam, kemudian didiamkan selama sehari dan setelah itu bibit ditaburkan secara merata pada lahan dan kemudian menutupinya kembali dengan tanah.

Untuk menjaga kelembaban selama penyemaian, tutupi tempat penyemaian dengan dedaunan atau jaring yang berjarak 20-30 cm dari permukaan semai. Tunggu sampai bibit memiliki 3-4 daun. Bibit kangkung yang telah disemai dan ditanam di tray semai akan menghasilkan 3-4 daun. Benih-benih ini sudah dapat ditempatkan dalam pot atau wadah polybag.

Penyiapan Media Tanam Polybag

Untuk tempat penanaman, Anda dapat menggunakan media polybag, pot bunga, pot plastik atau wadah bekas yang sebelumnya telah disediakan dengan diberi lubang yang berguna untuk peresapan air. Selanjutnya untuk tanah, campurkan tanah gembur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 2: 1. Aduk sampai rata dan masukkan ke dalam pot/polybag hingga 3/4 bagian. Tunggu hingga 1-2 hari sampai tanah stabil sebelum ditanam.

Proses Penanaman

Langkah selanjutnya adalah langkah penanaman. Ketika media tanam sudah siap dan tanpa melakukan penyemaian. Jadi yang perlu dilakukan adalah memasukkan bibit ke dalam polybag. Namun, ketika melewati fase penyemaian,maka harus memindahkan bibit dari media semai ke media tanam Poybag. Perlu dicatat bahwa harus dilakukan dengan hati-hati ketika pemindahan agar akar bibit tidak rusak. Masalahnya adalah jika ada kerusakan, pertumbuhan bibit akan terganggu.

Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah penanaman selesai dilakukan, maka selanjutnya adalah proses perawatan. Perawatan tanaman kangkung sebenarnya sama dengan perawatan tanaman lainnya seperti penyiraman, penyiangan dan pemupukan.

Penyiraman

Lakukan penyiraman secara teratur dua kali sehari yaitu di pagi hari dan di malam hari ketika cuaca kering.Penyiraman ini perlu dilakukan terutama pada awal masa tanam untuk menghindari layu dan mati.

Pemupukan

Pemupukan dapat dimulai 10 hari setelah penanaman tanaman kangkung. Penggunaan pupuk organik dianjurkan untuk pemupukan agar sayuran tetap sehat untuk dikonsumsi.

Penyiangan

Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman kangkung, Penyiangan juga bertujuan agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman kangkung.

Proses Panen

Memasuki langkah yang ditunggu-tunggu adalah fase panen. Panen kangkung dapat berlangsung dalam 25 hingga 30 hari. yaitu ketika tanaman kangkung sudah memiliki banyak daun. Tanaman kangkung ini harus dicabut untuk dipanen. Namun, jika Anda ingin panen dua kali Anda bisa melakukan pemotongan pada bagian batangnya saja.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam kangkung di polybag semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya