16 Manfaat Buah Sirsak untuk Tubuh Manusia

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Meskipun bersumber dari Amerika, buah sirsak sangat mudah ditemukan di sekitar. hal ini karena buah sirsak termasuk buah tropis, sehingga cocok untuk tumbuh di Indonesia. Namanya menjadi terkenal setelah banyak penelitian membuktikan manfaat luar biasa dari buah sirsak.

Dagingnya berwarna putih, kenyal dan sedikit asam, tetapi segar. Ini memiliki konten tubuh yang sangat bagus. Bahkan, diyakini bahwa tidak hanya buah-buahan, tetapi juga daun sup asam adalah obat kanker untuk waktu yang lama.

Manfaat-Buah-Sirsak
Manfaat Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa senyawa yang terkandung dalam Sirsak yaitu muricapentocin dan acetogenins adalah manfaat buah sirsak yang dapat memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh untuk menghindari berbagai penyakit.

Mengurangi Risiko Diabetes

Berbeda dengan manisnya gula dalam sirsak, karena kandungan gula pada buah ini tidak tinggi, manfaat sirsak dapat mengurangi risiko diabetes. untuk itu buah sirsak baik dikonsumsi penderita diabetes

Melawan dan Mencegah Kanker

Kanker masih merupakan penyakit yang mengerikan, tetapi tidak jika Anda mengetahui manfaat buah sirsak yang dikonsumsi secara teratur, yang berarti Anda mendapatkan vitamin C langsung dari buah ini, yang dijelaskan dalam beberapa penelitian ketika vitamin C dalam buah sirsak mengandung menghambat sel kanker dan dapat mengurangi efek kemoterapi.

Memberikan Tambahan Energi pada Tubuh

Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh karena manfaat memakan buah sirsak yang terkandung dalam segelas buah sirsak adalah 38 gram karbohidrat, dan karbohidrat yang ada pada buah ini jauh lebih baik dibanding apa yang terdapat dalam kue.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang menyebutkan manfaat buah sirsak yang mengurangi risiko penyakit jantung berkat vitamin C dari buah sirsak ini mungkin memiliki respons yang baik terhadap pembuluh darah di jantung.

Mencegah Tulang Rapuh dan Keropos (osteoporosis)

Fosfor dan kalsium adalah dua zat yang terkandung dalam buah sirsak ini. Berkat kandungan keduanya manfaat sirsak dapat menjaga tulang kuat dan mencegah osteoporosis.

Meredakan Stres / Insomnia

Teh sirsak menjadi manfaat buah sirsak yang sangat efektif untuk meredakan stres karena mengandung zat yang dapat menenangkan pikiran bahkan melawan susah tidur.

Melawan Radikal Bebas

Vitamin C dalam Sirsak memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Meringankan Kram Otot

Jika Anda sering berolahraga Anda harus rutin makan buah sirsak, baik melalui konsumsi langsung atau melalui jus, karena manfaat buah asam dapat merilekskan kontraksi otot yang tegang setelah aktivitas berat.

Mencegah Infeksi Luka

Jika Anda memiliki luka pada satu bagian tubuh, setelah membersihkannya lebih baik Anda bisa menerapkan manfaat buah sirsak ini. Menempatkan potongan buah sirsak pada luka dapat mencegah infeksi bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.

Antiradang dan Antinyeri Alami

Buah sirsak adalah obat anti-inflamasi alami serbaguna yang dapat digunakan untuk mengobati saluran akar gigi dan menggantikan natrium hipoklorit yang berbahaya. Buah ini juga mengandung zat analgesik sehingga dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit, terutama pada penderita radang sendi.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain dari buah sirsak juga penting untuk kolesterol. Kadar serat yang tinggi dalam sirsak membantu menurunkan kolesterol. Untuk itu perbanyaklah mengkonsumsi buah sirsak.

Baik untuk Wanita Hamil dan Menyusui

Kandungan buah sirsak bermanfaat bagi wanita hamil misalnya untuk mencegah mual, meningkatkan kekebalan dan memperkuat tulang janin. Sirsak dapat merangsang produksi ASI untuk ibu menyusui.

Meningkatkan Kesuburan

Sirsak juga memiliki khasiat untuk kesuburan. Daun sirsak sangat baik untuk pria karena mengandung mineral, protein dan vitamin yang dibutuhkan oleh sperma. Sedangkan bagi wanita, daun sirsak berguna untuk memperlancar siklus menstruasi, membuat kehamilan lebih mudah.

Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat kesehatan dari buah sirsak adalah menjaga kesehatan pencernaan. Untuk setiap 100 gram daging sirsak, 3,3 gram serat digunakan yang mencakup 13 persen dari kebutuhan serat per hari. Dengan kandungan seratnya dapat mempercepat pencernaan dan menjaga kadar gula darah stabil.

Merangsang Produksi ASI

Manfaat sirsak bagi wanita hamil adalah dapat merangsang produksi ASI. Jika Anda ingin mendapatkan kolostrum langsung dari ASI yang keluar terlebih dahulu, makan buah sirsak adalah pilihan yang tepat.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah sirsak semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: