15 Manfaat Buah Timun Suri untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Salah satu kebiasaan orang Indonesia memasuki Ramadan adalah berburu Takjil. Takjil yang sering diburu adalah buah timun suri. Buah ini telah menjadi idola karena merupakan solusi penghilang dahaga yang cukup bagus. Namun, tahukah Anda bahwa buah timun suri memiliki manfaat lain selain memuaskan dahaga Anda? Apa manfaat timun suri yang bermanfaat bagi kesehatan?

Meskipun buah ini menggunakan nama timun, timun suri sebenarnya adalah anggota keluarga labu (Cucurbitaceae). Berbagai nutrisi yang ada dalam buah timun suri seperti vitamin A, C, magnesium, kalium, kalium dan asam linoleat. Berikut adalah beberapa manfaat timun suri yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat-Buah-Timun-Suri
Manfaat Buah Timun Suri

Manfaat Buah Timun Suri

Sumber Antioksidan

Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit mematikan. Dan timun suri sarat dengan berbagai jenis antioksidan seperti vitamin A, B, C, magnesium, potasium, mangan dan silika.

Membantu Sistem Pencernaan

Karena kaya akan air dan serat, tidak heran buah ini juga baik untuk sistem pencernaan. Mereka yang sering mengalami kesulitan buang air besar, menderita maag, gastritis atau tukak lambung harus sering mengkonsumsi buah timun suri.

Detoksifikasi Tubuh

Manfaat buah timun suri berikutnya benar-benar istimewa karena dapat memulai proses menghilangkan racun dari tubuh. Salah satu “racun” yang bisa dibasmi dengan buah timun suri ini adalah cacing pita.

Antikanker

Siapa sangka buah yang memiliki nama lain yaitu timun betik juga menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Semua ini berkat kandungan saponin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menyehatkan Mata

Jika Anda menderita gangguan penglihatan seperti mata kabur atau iritasi, Anda harus mencoba untuk mengkonsumsi buah timun suri yang sarat dengan vitamin A. Kandungan asam askorbat dan asam caffeic dalam buah timun suri juga dapat mengurangi retensi air, sehingga pembengkakan di sekitar mata dapat dikurangi.

Baik untuk Kesehatan Ginjal

Banyak nya kandungan air dalam buah timun suri ini membuat proses buang air kecil menjadi lancar. Oleh karena itu, buah timun suri ini adalah salah satu diuretik alami paling andal.

Mempertajam Daya Ingat

Jika Anda sedang hamil, manfaat buah timun suri juga berlaku untuk bayi yang tumbuh dalam kandungan. Ya, buah timun suri bisa membuat otak janin menjadi pintar.

Baik bagi Penderita Diabetes

Buah timun suri mengandung karbohidrat, tetapi jenis karbohidratnya kompleks. Dalam arti sebenarnya, kadar gula darah tidak naik dengan cepat. Karena itu, buah ini sangat cocok untuk penderita diabetes.

Mendukung Program Diet

Buah timun suri dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang sehat karena tinggi serat dan air, dua elemen utama yang diperlukan untuk menghilangkan lemak dari tubuh Anda.

Menurunkan Kolesterol dan Hipertensi

kandungan senyawa potasium, serat, saponin, dan magnesium dalam buah timun suri bekerja bersama untuk menjaga stabilitas tekanan darah, mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Ketika kolesterol dan tekanan darah tinggi turun, Anda dapat yakin bahwa jantung Anda aman. Belum lagi bahwa buah timun suri juga mengandung asam linoleat yang bisa menurunkan kadar lipid.

Membantu Regenerasi Sel Tubuh

Jika Anda baru sembuh dari sakit, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah timun suri ini karena nutrisi dalam buahnya dapat membantu regenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

Baik untuk Sistem Imun Tubuh

Tanda bahwa sistem kekebalan tubuh seseorang melemah adalah kerentanan terhadap flu. Namun, kandungan vitamin C dari buah timun suri mampu menghindari kondisi lemah ini. Selain itu, biji timun suri dikenal sebagai agen anti-inflamasi sehingga mereka dapat mengurangi radang selaput lendir dan tenggorokan.

Sumber Energi

Jika Anda tidak punya waktu untuk sarapan dengan nasi atau roti Anda dapat mengandalkan khasiat buah timun suri sebagai sumber energi instan. Kandungan glukosa dan fluktuasi buah ini memiliki sifat larut sehingga cepat diubah menjadi energi setelah dikonsumsi.

Meningkatkan Kekuatan Sendi

Manfaat timun suri yang sering tak terduga adalah kemampuan mereka untuk menjaga kesehatan sendi. Hal ini karena kandungan silika dalam timun suri. Silikon dioksida dibutuhkan oleh tubuh agar persendian tetap kuat dan sehat. Selain itu, kadar vitamin A, B1, B6, C, D, kalsium, asam folat dan magnesium bermanfaat untuk mengatasi penyakit rematik.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah timun suri semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya