10 Manfaat Buah Plum Merah untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Ada begitu banyak manfaat buah plum merah yang selama ini mungkin belum diketahui. Dimulai dengan menjaga pencernaan yang sehat, dari jantung hingga fungsi kognitif. Untuk lebih memahami, mari simak berbagai manfaat buah plum merah berikut ini.

Plum adalah buah dari genus Prunus. Bentuknya bulat atau oval, seukuran tomat. Rasanya berkisar dari manis hingga agak masam. Plum merah sendiri adalah varietas yang paling umum dan populer di berbagai negara.

Manfaat-Buah-Plum-Merah
Manfaat Buah Plum Merah

Buah plum tidak sulit ditemukan di Indonesia. Biasanya tersedia di beberapa supermarket. Bahkan di beberapa kota sudah mulai ada yang membudidayakannya. Tidak heran kalau buah plum sudah tidak biasa lagi.

Buah plum terutama plum merah tidak hanya memiliki rasa yang lezat tetapi juga beragam manfaat kesehatan. Kandungan kalori juga cukup rendah dan tidak mengandung lemak jenuh, sehingga aman untuk semua orang, terutama bagi penderita diabetes.

Manfaat Buah Plum Merah

Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan seperti sembelit atau konstipasi maka cobalah makan buah plum merah. Alasannya buah plum merah adalah sumber serat yang baik. Di dalamnya ada serat larut dan tidak larut yang dapat membantu mengatur usus dan gula darah stabil.

Menjaga Kesehatan Jantung

Flavonoid dan senyawa fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin, dan katekin yang terkandung dalam buah plum merah memiliki efek antiinflamasi pada berbagai sel tubuh. Dikombinasikan dengan kehadiran vitamin K yang telah terbukti membantu mencegah kalsifikasi arteri dan tekanan darah tinggi.

Mengurangi Risiko Diabetes

Buah plum merah memiliki indeks glikemik rendah dan senyawa flavonoid, yang berguna untuk melindungi tubuh dari resistensi insulin. Serat larut juga dikenal untuk menormalkan kadar gula darah dan bertindak sebagai obat alami untuk diabetes.

Menjaga Tulang Tetap Kuat dan Padat

Buah plum merah mengandung polifenol, kalium dan potasium yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Polifenol dan kalium bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah keropos tulang. Sementara potasium yang terkandung dalam buah plum merah secara efektif melindungi tulang mereka tidak mudah lemah dan rentan terhadap patah tulang.

Sumber Antioksidan Alami

Buah plum merah adalah sumber antioksidan yang dapat membantu mencegah sel-sel tubuh tertentu dari kerusakan oleh oksidasi. Beberapa sumber antioksidan ini termasuk vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthine, zeaxanthine, asam neoklorogenik dan asam klorogenat.

Menurunkan Kolesterol

Bagi yang memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, cobalah rasakan manfaat buah plum merah ini. Serat larut yang terkandung dalam buah plum merah diketahui membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan menekan penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Membuatnya menjadi alternatif makanan sehat bagi para pejuang kolesterol tinggi untuk dapat terbebas.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Konsumsi buah plum merah secara teratur sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit neurodegeneratif terkait usia seperti Alzheimer dan Parkinson. hal ini karena buah plum merah diberkahi dengan banyak senyawa fitonutrien yang memainkan peran penting dalam mengurangi peradangan di area neurologis terutama di daerah hippocampus yang penting untuk proses pembelajaran dan memori.

Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Buah plum merah tinggi akan kandungan potasium karena mereka kemudian mengatur kontraksi otot dan menjaga keseimbangan asam lembab dalam tubuh. Dengan demikian elektrolit dalam tubuh akan seimbang.

Meningkatkan Imunitas

Kaya akan vitamin C, buah ini memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumis buah ini bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Membantu Pembekuan Darah

Buah plum merah juga mengandung vitamin K, yang berperan penting dalam pembekuan darah. Jadi, jika anda mengalami luka sayatan, bisa mengkonsumsi buah ini agar darah cepat untuk membeku.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah plum merah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya