12 Manfaat Bunga Alamanda untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga Alamanda memang sangat akrab dengan keindahannya. Salah satu kekayaan flora dari Amerika Tengah dan Selatan adalah yang terbesar yang akan Anda temui di Brasil. Allamanda cathartica umumnya digunakan sebagai simbol keindahan.

Banyak orang menggunakannya sebagai tanaman hias. Dengan kelopak berwarna kuning dan bentuk memanjang tidak heran banyak orang menyebutnya “tanduk emas” atau “lonceng kuning”.

Manfaat-Bunga-Alamanda
Manfaat Bunga Alamanda

Bahkan beberapa orang di daerah tertentu menyebutnya dengan nama cangkir buttercup. Aromanya yang harum, tentu saja banyak yang menyukainya.

Manfaat Bunga Alamanda

Mengobati Penyakit Kulit

Bagian dari khasiat alamanda yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit adalah daunnya. Sifat antibakteri yang terkandung dalam tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti abses, kudis, cacing kremi dan eksim. Anda cukup membersihkan daun dari kotoran dan debu, lalu haluskan hingga halus dan oleskan ke area kulit yang terkena. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Mengobati Penyakit Hati

Kandungan flavonoid dalam buah Alamanda adalah bahan aktif yang dikenal untuk mengobati penyakit hati. Selain itu, tanaman Alamanda diyakini mampu mengobati penyakit kuning.

Obat Pencahar

Kelopak bunga alamanda memiliki rasa yang sedikit pedas dan pahit, yang juga digunakan sebagai pencahar dan emetik (menyebabkan muntah). Alamanda sangat efektif sebagai pencahar alami, dapat membuat perut Anda muntah.

Mengobati Disentri

Disentri ditandai dengan gejala kram perut, demam, mual dan diare, disertai lendir dan darah. Bagi yang mengalami gejala ini, Anda bisa menggunakan batang daun Alamanda.

Mengobati Sembelit

Alamanda juga diketahui secara efektif melancarkan gangguan pencernaan, termasuk sembelit. Manfaatkan daun Alamanda Anda bisa menyeduhnya dan minum air yang diseduh secara teratur.

Mengobati pembengkakan

Pembengkakan yang persisten dapat memicu pembentukan tumor ganas untuk kanker. Kadar antibiotik pada bunga alamanda dipercaya bisa mengurangi pembengkakan limpa.

Mencegah Radikal Bebas

Buah Alamanda mengandung polifenol yang bertindak sebagai antioksidan. Diyakini mampu menetralkan radikal bebas di udara, terutama polusi, asap rokok, dan sinar matahari langsung.

Membunuh Bakteri

Alamanda memiliki sifat antibakteri yang diketahui ada pada bunga. Bunga Alamanda mengandung getah yang aktif membunuh bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Penangkal Racun dalam Tubuh

Bagian dari alamanda yang digunakan sebagai penangkal adalah daun. Daun Alamanda dapat menonaktifkan racun di dalam tubuh. Anda hanya perlu memetik sekitar 15 lembar daun Alamanda di kebun Anda dan kemudian mencucinya secara menyeluruh. Biarkan masak selama 15 menit. Air rebusannya diminum di pagi dan sore hari.

Menurunkan Panas Dalam

Peningkatan suhu tubuh yang drastis dapat menyebabkan demam dan sakit kepala. Anda bisa memasak daun alamanda dan menunggu sebentar agar air mendidih memanas. Uap juga bisa digunakan untuk mengompres tubuh untuk menguapkan tubuh saat ada demam.

Pengobatan komplikasi limpa

Komplikasi yang menyerang limpa tentu sangat buruk bagi sistem kekebalan tubuh Anda. karena itu harus segera diatasi. Salah satunya adalah dengan bunga alamanda.

Mematikan Jentik Nyamuk

Apakah Anda cukup lelah untuk mengatasi larva nyamuk yang bersarang di dapur dan kamar mandi Anda yang basah? coba gunakan getah dari alamanda. Hal ini dapat menyebabkan larva nyamuk mati dan nyamuk di rumah Anda berkurang.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga alamanda semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: