11 Manfaat Daun Sendok untuk Kesehatan

Posted on

Daun Sendok – Daun sendok adalah sejenis tanaman kebun yang banyak disukai oleh pemilik rumah untuk menghias taman atau kebun rumah. Namun masih banyak orang yang menganggap tanaman ini hanya sebagai tanaman yang mengganggu.

Beberapa daerah di Indonesia menyebut daun sendok dengan nama berbeda. Orang-orang Minahasa akan menyebutnya Torongoat, sedangkan orang Sumatra menyebutnya Daun Berurat.

Daun-Sendok
Daun Sendok

Sejauh ini daun sendok hanya digunakan sebagai tanaman yang melengkapi desain taman atau taman rumah. Banyak yang masih belum tahu apakah daun yang satu ini memiliki banyak manfaat kesehatan fisik yang ampuh.

Daun ini mengandung flavonoid, polifenol, tanin, asam sitrat dan bahkan vitamin C. Jadi, jangan heran jika daun sendok disebut sebagai daun sejuta manfaat untuk meningkatkan kesehatan Anda dan mencegah serangan penyakit.

Manfaat Daun Sendok

Anti Inflamasi

Khasiat daun sendok yang pertama adalah sebagai daun penyembuhan terhadap peradangan atau anti-inflamasi. daun ini memiliki kandungan senyawa kuat untuk menyembuhkan radang di bagian tubuh Anda.

Melancarkan Saluran kemih

Khasiat daun sendok ini sangat berguna untuk saluran kemih Anda. Ya, daun hijau ini dapat melancarkan saluran kemih, sehingga Anda tidak sering mengalami masalah kemih.

Anti Infeksi

Khasiat daun sendok berikutnya adalah sebagai anti infeksi. Daun ini dapat menyembuhkan banyak infeksi yang menyerang tubuh Anda. Kandungan senyawa yang kuat untuk mencegah infeksi juga sangat dianjurkan.

Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Khasiat daun sendok juga dapat mencegah penyakit batu ginjal. Daun sendok ini akan menyehatkan organ ginjal Anda dan mencegah berbagai penyakit menyerang organ penting ini agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Mengobati Influenza

Khasiat daun sendok juga cocok sebagai obat herbal untuk mengatasi flu. Daun ini mengandung vitamin C, vitamin yang baik untuk melawan virus, termasuk virus influenza.

Menurunkan Panas

Daun sendok adalah salah satu daun yang secara efektif mengurangi panas tubuh jika terjadi demam. Jika anak Anda sering demam, tidak ada salahnya mencoba daun yang satu ini untuk meredakan demam anak tanpa efek samping.

Mengobati Nyeri Lambung

Salah satu nyeri pada tubuh yang bisa Anda obati dengan daun sendok adalah rasa sakit di lambung. Lambung adalah organ yang berpotensi mengalami nyeri karena bekerja dengan asam saat memproses makanan.

Mengatasi Diare Akut

Khasiat daun sendok juga bisa menjadi obat yang bisa mengatasi diare yang sudah akut. Diare akut adalah diare yang dapat memburuk dan menyebabkan kematian jika tidak ditangani.

Obat Disentri

Anda bisa mengobati disentri dengan daun sendok. Daun lebar ini mampu mengatasi dan mencegah disentri agar tidak menyerang tubuh Anda lagi. Daya tahan tubuh Anda terhadap penyakit ini akan semakin kuat.

Mencegah Radang Prostat

Pria berpotensi mengalami peradangan pada alat kelaminnya, yaitu peradangan pada kelenjar prostat. Untuk mengobatinya tanpa efek samping, Anda bisa mencoba menggunakan khasiat daun sendok sebagai obat alami.

Mengatasi Batu Empedu

Dipercaya tidak hanya efektif menghilangkan dahak dari batuk, tetapi juga masalah batu empedu masih dalam keadaan ringan sekalipun Anda dapat mencoba mengatasinya dengan daun ini. Ya, itu karena daun ini adalah ramuan efektif yang membantu meluruhkan batu empedu Anda.

Demikianlah pembahasan tentang daun sendok semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: