10 Manfaat Bunga Dahlia untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Dahlia adalah jenis bunga yang diklasifikasikan sebagai Asteraceae. Tetapi jenis bunga ini memiliki umbi dan sering digunakan sebagai tanaman hias karena bunganya sangat indah. Selain itu, bunga ini tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan termasuk umbi bunga.

Berbicara tentang bunga ia juga memiliki kandungan kalori yang rendah, jadi mengkonsumsinya tidak menjadi masalah dan tidak menyebabkan kelebihan berat badan. Namun, diketahui bahwa bunga ini memiliki khasiat karena mengandung bahan yang berbeda, baik di dalam bunga maupun di dalam umbinya. Bagi Anda yang ingin tahu apa manfaat dan khasiat bunga dahlia ini, berikut adalah manfaatnya.

Manfaat-Bunga-Dahlia
Manfaat Bunga Dahlia

Manfaat Bunga Dahlia

Meningkatkan Imunitas

Khasiat dahlia memiliki kandungan inulin yang dapat difermentasi menjadi asam lemak rantai pendek dan beberapa asam laktat mikrofloro. Kemudian kandungan bunga ini dapat membentuk sistem kekebalan yang kuat dan membuat tubuh lebih kebal terhadap beberapa penyakit yang menyerang karena disebabkan oleh virus.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain meningkatkan kekebalan, manfaat dahlia lainnya juga bisa untuk menurunkan tekanan darah. Namun kandungan bunga ini sangat baik bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sehingga tekanan darah bisa normal kembali. Kemudian dengan tekanan darah normal aliran darah bisa lancar dan timbulnya stroke dapat dihindari.

Mencegah Obesitas

Obesitas adalah satu hal yang bisa mengurangi kepercayaan diri Anda. Salah satu faktor di balik obesitas adalah makan berlebihan. Untuk alasan ini, kandungan kalori bunga dahlia sangat penting. Serat makanan dan kalori dalam dahlia dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mencegah obesitas terjadi. Karena itu, konsumsilah kandungan bunga ini secara teratur karena diyakini bahwa kandungan bunga ini berperan dalam mencegah obesitas dalam tubuh Anda.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Kesehatan gigi dan tulang adalah prioritas utama yang perlu dijaga. Jika gigi dan tulang Anda tidak sehat, Anda tidak dapat bergerak sepenuhnya. Karena itu, kandungan inulin pada dahlia memiliki keuntungan membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang untuk mencegah keropos tulang atau sering disebut dengan osteoporosis.

Menurunkan Kolesterol

Jika usia Anda adalah 40 tahun atau lebih penyakit kolesterol dapat menyerang anda dengan mudah. Karena usia ini, sistem kekebalan tubuh menurun dan kebiasaan makan yang tidak sehat memperburuk keadaan tubuh.

Kandungan dalam dahlia diyakini mengandung zat yang bisa menurunkan kolesterol. Anda tidak hanya dapat menurunkan kolesterol Anda juga dapat mengonsumsi air putih dan menghindari makanan berlemak. Kandungan dalam dahlia diyakini mengandung zat yang bisa menurunkan kolesterol.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan dahlia yang cukup tinggi juga memiliki keuntungan untuk melancarkan sistem pencernaan. Inulin pada bunga dahlia yang bertindak sebagai probiotik akan bermanfaat bagi usus untuk mencegah kanker di usus. Selain probiotik, mereka juga bertindak sebagai substrat mikroflora yang berperan dalam kesehatan usus Anda.

Menyehatkan Tubuh

Di antara banyak kandungan yang terdapat dalam bunga dahlia juga dapat menyehatkan tubuh. Jadi jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, Anda dapat mengkonsumsi bunga ini sebagai kekebalan tubuh Anda.

Hal Ini sendiri disebabkan karena kandungan bunga ini memiliki banyak manfaat yang akan membantu Anda menjaga tubuh tetap sehat dan bebas penyakit. Konsumsilah bunga ini secara teratur.

Mencegah Konstipasi

Asam laktat yang dibuat selama fermentasi inulin, mencegah sembelit dan meningkatkan penyerapan kalsium untuk mencegah osteoporosis. Karena perannya dalam mencegah osteoporosis inulin sering digunakan dalam produk susu formula.

Bagus untuk Usus

Inulin memiliki sifat larut dalam air dan tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan. Insulin ini bertindak sebagai probiotik. Probiotik ini adalah komponen yang bertindak sebagai substrat mikroflora yang berguna dalam usus.

Mencegah osteoporosis

Kandungan asam laktat dalam dahlia digunakan untuk meningkatkan asupan kalsium untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga dahlia semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya