12 Manfaat Bunga Gardenia untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga gardenia adalah bunga indah yang menyerupai mawar putih. Aroma yang harum sering membuatnya digunakan sebagai bahan parfum. Selain itu bunga ini sangat efektif dalam hal kesehatan dan kecantikan.

Mulai dari sariawan, konstipasi, diabetes, dan penyakit lainnya tampaknya dapat diobati dengan olahan bunga ini. Nama ilmiah bunga ini adalah Gardenia Augusta atau Gardenia Jasminoides yang diambil dari kata melati. Mungkin karena bentuk bunga yang menyerupai melati.

Manfaat-Bunga-Gardenia
Manfaat Bunga Gardenia

Karakteristik bunga ini hanya sekitar 2 meter batangnya berkayu dengan banyak cabang daunnya berwarna hijau tua dengan batang pendek. Kandungan bunga ini mengandung banyak senyawa dalam bentuk minyak atsiri, gardenin, genapun, gardenoside, mannitol, tannin, krosin dan lainnya.

Bunga ini mudah tumbuh di mana saja. Warna bunga putih dengan bentuk kelopak mirip dengan mawar tetapi warnanya berubah menjadi kekuningan seiring bertambahnya usia. Bagi Anda yang ingin tahu apa manfaat dan khasiat bunga gardenia ini, berikut adalah manfaatnya.

Manfaat Bunga Gardenia

Mengobati Diabetes

Khasiat bunga gardenia pertama dapat membantu dalam mengobati diabetes mellitus atau kencing manis. Penyakit ini adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh gangguan sistem metabolisme karbohidrat yang membuat Anda tidak mungkin mengubah gula darah menjadi energi. Untuk mengobatinya, Anda hanya perlu menjadikan bunga ini sebagai obat herbal.

Meringankan Sakit Tenggorokan

Radang tenggorokan umumnya terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Hal ini tentu saja membuat Anda sulit menelan makanan yang masuk ke mulut Anda. Untuk alasan ini, Anda dapat menggunakan bunga ini untuk dikonsumsi. Lakukan metode ini sampai rasa sakit di tenggorokan Anda hilang.

Mengurangi Nyeri saat Sakit Gigi

Sakit gigi adalah rasa nyeri yang dirasakan di sekitar gigi. hal ini disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang. Akibatnya, Anda merasakan sakit saat mengunyah makanan. Untuk menghilangkan rasa sakit Anda bisa menggunakan bunga gardenia. Siapkan bunga ini secukupnya kemudian seduh dengan air panas dan gunakan saat berkumur.

Antibiotik

Bunga ini juga mengandung antibiotik. Antibiotik membantu menghentikan proses infeksi bakteri. Karena itu, Anda dapat mengkonsumsinya sebagai obat antibiotik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda sehingga tidak mudah terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Mencegah Jamur Kulit

Kandungan antibakteri dalam bunga ini terbukti bermanfaat terhadap aktivitas jamur yang ditemukan di kulit. Untuk menghindari atau mencegah jamur kulit cukup rebus bunga ini dengan air maka Anda bisa minum air rebusan dari bunga ini secara teratur. Anda bisa meminumnya setidaknya 2 kali seminggu.

Meringankan Radang Tenggorokan

Manfaat lain dari bunga ini dapat meredakan radang tenggorokan akibat sariawan. Biasanya merasakan sariawan disertai dengan sakit tenggorokan. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menghancurkan 7 bunga ini kemudian tambahkan air saring lalu tambahkan 2 sendok madu murni. Metode ini membantu Anda dengan sakit tenggorokan.

Menyembuhkan Gejala Hepatitis

Sesuai dengan penyebabnya, ada berbagai jenis hepatitis virus yaitu hepatitis A, B, C, D dan E. Bunga ini efektif untuk menyembuhkan penyakit radang atau pembengkakan hati atau liver yang sering disebut sebagai hepatitis. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa menggunakan bunga ini untuk merebusnya. Setidaknya dua kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

Menghentikan Pendarahan

Pendarahan sering digunakan untuk menggambarkan kehilangan darah. Salah satunya adalah mimisan. Pendarahan dari hidung adalah proses pendarahan di hidung. Untuk menghentikan darah yang terus keluar Anda bisa menggunakan bunga ini sebagai obat alami yang bisa Anda konsumsi di rumah.

Mengurangi Demam

Jika Anda atau anak Anda demam di malam hari Anda tidak perlu khawatir. Coba gunakan bunga ini sebagai obat rumah. Mudah saja, caranya remas-remas 7 lembar bunga ini bersama segelas air matang. Lalu peras dan saring airnya tambahkan sepotong gula batu. Minumlah secara teratur sampai demamnya turun.

Obat Tidur Alami

Jika Anda sering menderita insomnia atau gangguan tidur Anda dapat menggunakan bunga ini sebagai bantuan tidur alami. Insomnia sering disebabkan oleh penyakit atau masalah kesehatan mental. Kandungan bunga ini mengandung khasiat yang membuat Anda mengantuk sehingga Anda bisa tertidur dengan cepat.

Melancarkan Sembelit

Bunga gardenia juga bermanfaat untuk kesehatan salah satunya adalah dapat melancarkan sembelit karena kandungan dalam bunga gardenia ini dapat digunakan untuk mengobati sembelit.

Mengeluarkan Racun

Bunga gardenia juga bermanfaat untuk tubuh karena dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, jadi bunga gardenia memiliki kandungan yang dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga gardenia semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya