11 Manfaat Bunga Kamboja Jepang untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga kamboja Jepang sering digunakan sebagai bunga hias. Cukup banyak dari mereka yang menyukai manfaat dari bunga ini, terutama wanita. Selain sebagai tanaman hias di balik sisi yang indah, bunga dalam bahasa ilmiah yang disebut adenium memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh.

Bunga ini berasal dari Amerika tropis dan Afrika. Ada berbagai jenis ada yang kecil dan ada yang tumbuh besar dan tinggi hingga mencapai beberapa meter. Ada juga beberapa warna, ada yang pink, putih, kuning atau kombinasi dari warna-warna ini.

Manfaat-Bunga-Kamboja-Jepang
Manfaat Bunga Kamboja Jepang

Batang bunga ini adalah kayu keras setinggi 6 meter dan banyak bercabang. Daun bunga ini berwarna hijau, lonjong dengan ujung meruncing dan agak keras dengan daun yang menonjol. Sementara bunga berbentuk terompet muncul di ujung batang, kelopaknya 5 bagian dan mekar sepanjang tahun.

Bunga ini dapat tumbuh hingga 700 meter di atas permukaan laut di dataran rendah, tumbuh subur di hampir semua lokasi. Bagi Anda yang ingin tahu apa manfaat dan khasiat bunga kamboja Jepang ini, berikut adalah manfaatnya.

Manfaat Bunga Kamboja Jepang

Mengobati Kencing nanah

Khasiat kamboja Jepang pertama dapat membantu Anda mengobati penyakit menular seksual seperti kencing nanah. Anda bisa mengobatinya dengan bunga ini. Caranya adalah merebus bunga ini dengan 2 gelas air dan kemudian meminumnya sekali sehari.

Mencegah Penyakit Kulit

Khasiat lain dari kamboja Jepang ini dapat membantu mencegah iritasi kulit akibat bakteri. Penyakit kulit adalah penyakit menular. Karena itu dapat dicegah dengan menggunakan bunga ini melalui obat herbal.

Menjaga Elastisitas Kulit

Bunga ini juga memiliki kandungan nutrisi untuk kecantikan kulit. Bunga kamboja Jepang memberikan perasaan alami yang dapat membuat kulit Anda tetap lembab, karena kandungan vitamin E dan emolline berguna dalam memberikan nutrisi pada kulit agar terlihat elastis dan lembut.

Menghilangkan Tahi Lalat

Keuntungan lain dari bunga ini adalah memiliki masalah dengan tahi lalat. Anda dapat mencoba 1 tangkai bunga, kemudian mengambil getah dan perlahan menerapkannya pada tahi lalatg Anda. Lakukan ini sampai tahi lalat Anda hilang dengan sendirinya.

Sebagai Antibiotik

Bunga ini mengandung antibiotik yang bermanfaat sebagai obat infeksi bakteri. Karena itu, Anda bisa mengonsumsi bunga ini untuk menghentikan perkembangan bakteri atau mikroorganisme berbahaya di dalam tubuh.

Mengobati Gigi Berlubang

Manfaat lain dari bunga kamboja Jepang membantu Anda menjaga kesehatan gigi. Cara mengobatinya sangat mudah. Anda dapat menggunakan bunga ini untuk mengambil getah dengan kapas dan kemudian menaruhnya di gigi yang sakit karena kerusakan gigi.

Mengobati Bisul

Selain banyak manfaatnya bagi kesehatan, bunga ini juga memiliki manfaat dalam mencegah atau mengobati penyakit bisul yang umumnya ada di bokong. Karena itu, bunga ini dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk bisul.

Mengatasi Pembengkakan

Bunga ini juga memiliki sifat antiseptik yang dapat mengobati pembengkakan akibat infeksi. Untuk mengatasi pembengkakan, Anda bisa mengoleskan bunga ini ke kulit. Cukup haluskan sampai hancur, tambahkan air, rebus sampai mendidih, lalu rendam bagian tubuh yang bengkak dalam air rebusan dan pijat perlahan.

Anti-inflamasi

Bunga kamboja Jepang juga memiliki khasiat untuk mencegah antiinflamasi atau peradangan pada tubuh. Bunga ini mengandung bahan flavonoid yang membantu dalam mengobati luka terkait peradangan.

Menghilangkan Kutil

Khasiat bunga ini juga dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Jika kulit Anda tumbuh kutil Anda dapat menyingkirkan kutil dengan bunga ini. Namun, Anda perlu berhati-hati karena getah bunganya sangat pedas dan dapat melukai kulit sehingga ketika digunakan tidak terpapar ke bagian kulit lainnya.

Menghilangkan Panu

Bunga kamboja jepang juga sangat bermanfaat untuk kulit karena dapat menghilangkan panu, getah kamboja jepang dapat menghilangkan panu yang ada dikulit anda.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga kamboja jepang semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya