11 Manfaat Daun Serai dan Kandungan Daun Serai

Posted on

Daun Serai – Manfaat kesehatan dari daun serai berkaitan erat dengan kandungan nutrisi yang dikandungnya. Daun Serai tidak hanya membuat cita rasa masakan menjadi lezat, tetapi juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Untuk memanfaatkan daun serai, Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung daun serai. Anda juga bisa membuat minyak serai sebagai aromaterapi yang menenangkan.

Daun Serai
Daun Serai

Kandungan Daun Serai

  1. Kalori: 99 Kkal
  2. Karbohidrat: 25.31 g
  3. Protein 1.82 g
  4. Lemak: 0.49 g
  5. Asam folat: 75 mcg
  6. Niasin (vitamin B3): 1.101 mg
  7. Piridoksin (vitamin B6): 0.80 mg
  8. Riboflavin (vitamin B2): 0.135 mg
  9. Thiamin (vitamin B1): 0.065 mg
  10. Vitamin A: 6 mg
  11. Vitamin C: 2.6 mg
  12. Sodium: 6 mg
  13. Kalium: 723 mg
  14. Kalsium: 65 mg
  15. Tembaga: 0.266 mg
  16. Besi: 8.17 mg
  17. Magnesium 60 mg
  18. Mangan: 5.244 mg
  19. Selenium: 0.7 mcg
  20. Zinc: 2.23 mg

Manfaat Daun Serai

Mengatasi Depresi

Manfaat pertama daun serai adalah mengatasi depresi. Serai dengan sifat antidepresan dapat meredakan berbagai gejala depresi seperti stres, kecemasan dan gangguan tidur atau insomnia.

Dipercayai bahwa aroma serai yang menenangkan membantu mengendurkan otot dan saraf sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak. Mengkonsumsi teh daun serai sebelum tidur akan membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Menghindari Gigitan Nyamuk

Aroma segar daun serai memiliki efek menenangkan dan populer di kalangan manusia, tetapi aroma serai telah dibenci oleh serangga, termasuk nyamuk. Gigitan nyamuk dapat menyebabkan rasa gatal dan membekas di kulit. Bahkan beberapa nyamuk dapat menularkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Jika Anda menggunakan minyak serai secara teratur pada kulit Anda, Anda mungkin akan terlindungi dari gigitan nyamuk. Manfaat serai untuk menghindari nyamuk juga telah dibuktikan dengan banyaknya produk lotion anti-nyamuk dengan wangi daun serai.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat ketiga daun serai adalah dapat menurunkan tekanan darah Anda. Serai memiliki sifat diuretik, yang berarti serai mampu menghilangkan kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urin. Kadang garam berlebihan dalam tubuh memang merupakan salah satu penyebab hipertensi. Jadi, jika kita mengonsumsi serai secara teratur, tekanan darah kita turun seiring dengan menurunnya kadar garam dalam tubuh.

Menurunkan Gula Darah

Selain menurunkan tekanan darah, daun serai dapat menurunkan kadar gula darah. Caranya adalah dengan membuang racun di pankreas dan meningkatkan kerja pankreas. Ingatlah bahwa penyebab diabetes adalah ketidakmampuan pankreas untuk memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kadar gula darah.

Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat daun serai selanjutnya adalah dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa serai dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyerapan kolesterol jahat selama pencernaan.

Meskipun mungkin membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol atau kolesterol LDL, kemanjuran daun serai masih perlu diuji pada pasien yang sudah memiliki kadar kolesterol tinggi.

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat keenam daun serai adalah menjaga sistem pencernaan. Setiap hari tentu tidak dihitung berapa banyak bakteri yang masuk ke sistem pencernaan kita. Serai melindungi sistem pencernaan dengan membunuh bakteri patogen yang memasuki sistem pencernaan.

Serai tidak hanya dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan, tetapi juga dipercaya meredakan gejala berbagai masalah pencernaan mulai dari diare hingga sembelit. Serai juga dapat mengatasi sakit perut (termasuk nyeri haid), karena memiliki efek analgesik.

Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Efek analgesik tidak hanya meredakan sakit perut, tetapi juga jenis nyeri lainnya seperti nyeri otot dan nyeri sendi. Manfaat daun serai untuk meringankan nyeri otot dan persendian dapat dicapai dengan mengonsumsi teh daun serai atau pijatan dengan minyak serai.

Menjaga Kesehatan Mulut

Diyakini juga bahwa daun serai dapat menjaga kesehatan mulut. Dipercaya bahwa sereh mengobati infeksi mulut atau sariawan yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh daun serai dapat meringankan gejala infeksi jamur oral pada pasien HIV / AIDS. Tentu saja, Hal ini karena serai memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antijamur.

Meredakan Gejala Flu

Manfaat daun serai tidak kalah pentingnya yaitu mengatasi gejala flu. Mengkonsumsi teh daun serai dapat meredakan gejala flu seperti demam dan hidung tersumbat. Meskipun demikian, serai tidak dapat mengobati flu karena penyebabnya adalah infeksi virus. Oleh karena itu, serai hanya dapat digunakan sebagai obat tambahan.

Mengatasi Ketombe

Manfaat lainnya dari serai adalah mengatasi ketombe. Padahal, masalah rambut yang satu ini bisa diatasi dengan beragam minyak esensial, dan salah satunya adalah minyak serai. Anda bisa mengoleskan minyak serai langsung ke kulit kepala untuk menghilangkan ketombe.

Namun, satu studi menunjukkan bahwa efektivitas serai belum tentu efektif pada semua manusia. Karena itu, tidak bisa dijamin ketombe akan hilang setelah menggunakan minyak serai. Tetapi cara ini masih layak dicoba karena tidak memiliki efek samping pada kulit kepala.

Meredakan Demam

Manfaat lain dari daun serai yang bisa menurunkan demam. Alasan untuk ini adalah bahwa mengkonsumsi serai dapat membuat tubuh lebih tenang.

Demikianlah pembahasan tentang daun serai semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya