12 Manfaat Daun Duduk bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat Daun Duduk – Daun duduk adalah jenis daun yang berasal dari semak liar. Meski liar, daun ini memiliki khasiat kesehatan yang baik. Tanaman duduk tumbuh tegak dan bisa mencapai ketinggian 6 m.

Batang tanaman ini cenderung bulat dan berwarna coklat tua. Tanaman duduk tumbuh di daerah dengan suhu lembab dengan sedikit sinar matahari, tetapi tidak terlalu kering.

Daun-Duduk
Daun Duduk

Bagian dari tanaman duduk yang memiliki lebih banyak manfaat, ini adalah daunnya. Daunnya berbentuk panjang dengan sayap yang cukup lebar. Warnanya hijau dengan ujung runcing. Seiring bertambahnya usia, daun ini berubah warna menjadi coklat.

Daun duduk mengandung asam silikat, trigonelin, hypaforin, tannin, saponin, dan flavoinda. Daun ini memiliki beragam manfaat dan khasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Daun Duduk

Mengobati Radang Ginjal

Radang ginjal menyebabkan kesulitan buang air kecil dan bahkan demam. Untuk menyembuhkan penyakit ini, 60 gram daun harus dimasak. Saring dan minum 1 gelas di pagi hari.

Mengobati Wasir

Manfaat lain dari daun duduk adalah mampu mengobati wasir. Caranya, Anda bisa memasak daun ini dengan takaran 1 gelas air selama sekitar 15 menit. Minumlah air rebusan dalam sekali minum.

Meredakan Muntah Saat Hamil

Efektivitas daun duduk juga merupakan bagus untuk pengobatan muntah pada ibu hamil.

Ambil beberapa daun duduk dan potong kecil-kecil. Rebus daunnya dengan 3 gelas air lalu minum tiga kali sehari, pagi, siang dan malam.

Mengobati Penyakit Disentri

Disentri adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang biasanya menyerang anak-anak dan orang-orang yang tinggal di lingkungan sanitasi yang kotor dan buruk.

Untuk mengobati disentri dengan dedaunan duduk, ambil 30 gram dedaunan duduk, cuci bersih, dan giling halus. Daun diseduh Masukkan ¾ gelas air panas dan diamkan selama 15 menit. Saring lalu tambahkan garam, aduk sampai larut dan minum selagi masih hangat.

Mengobati Amandel

Efektivitas daun duduk untuk tenggorokan Anda yaitu mengobati amandel. hal yang sering dialami penderita amandel adalah pembengkakan. Dengan daun ini Anda bisa meredakan pembengkakan amandel.

Pereda Demam

Bagi Anda yang punya anak dan sering demam, Anda bisa beralih ke pengobatan herbal dengan daun.

Manfaat daun duduk adalah pereda demam ini bisa mengembalikan suhu tubuh secara perlahan.

Mencegah Penyakit Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang juga bisa dicegah dengan duduk daun. Daun yang satu ini memiliki sejumlah senyawa yang baik untuk pencegahan hepatitis.

Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan yang menurun mempengaruhi kesehatan tubuh Anda, yang tidak berenergi dan tidak memiliki diet yang baik. Dengan daun duduk dapat meningkatkan nafsu makan sehingga tubuh tidak kekurangan nutrisi.

Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat juga dapat disembuhkan dengan menggunakan daun duduk.

Daun ini berfungsi sebagai obat herbal alami yang dapat meredakan penyakit asam urat. Asam urat di tubuh Anda pun akan jauh lebih sehat.

Obat Radang Usus

Bagian organ pencernaan yang bisa meradang adalah usus. Ini karena sebagian besar usus adalah otot lunak yang berfungsi untuk memproses sisa makanan. Cobalah menggunakan khasiat daun duduk untuk mengobati peradangan.

Mencegah Pingsan

Manfaat lainnya dalam daun duduk dapat mencegah pingsan, karena kandungan senyawa dalam daun duduk bisa mencegah pingsan

Menghentikan Luka

Luka yang terjadi pada tubuh kita dapat di obati dengan daun duduk, biasanya luka baru akan mengeluarkan banyak darah dan lama dalam mengering dan daun duduk ini berfungsi untuk menghentikan dan mempercepat mengeringkan luka

Demikianlah pembahasan tentang manfaat daun duduk semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya