Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol dan Cara Mengolahnya

Posted on

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol – Sirsak mungkin bukan buah favorit banyak orang. Karena buah berdaging putih mengandung rasa asam. Tidak semua tahan akan keasamannya meskipun ada juga sirsak yang memiliki rasa manis.

Namun siapa sangka, buah ini memiliki daun yang memiliki banyak kelebihan. Ya, sudah banyak didengar, konon rebusan daun sirsak bisa mencegah kanker meredakan asam urat hingga diabetes.

Manfaat-Daun-Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol

Salah satu masalah kesehatan yang beberapa orang Indonesia miliki saat ini adalah keluhan kolesterol tinggi. Masalah yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Terutama karena disebabkan oleh pola makan. Meskipun kolesterol sebenarnya ada dan memiliki fungsi dalam tubuh, kolesterol dapat menyebabkan penyakit jika terlalu tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mempertahankan gaya hidup sehat Anda sendiri.

Kolesterol sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu HDL (kolesterol baik) dan LDL (kolesterol jahat). Secara umum, kolesterol dalam tubuh dapat dianggap normal jika berada dalam kisaran 160 hingga 200 mg.

Dan jika kolesterol darah lebih dari jumlah ini, maka sangat berbahaya untuk memasukkannya dalam kategori kolesterol. Dengan kolesterol tinggi, tentu saja dapat membahayakan kesehatan, karena banyak memiliki efek negatif.

Walaupun menurunkan kadar kolesterol tidak cukup sulit karena dibantu dengan obat kolesterol. Padahal, ada banyak jenis perawatan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi. Salah satunya dengan daun sirsak.

Cara Mengurangi Kolesterol Tinggi Dengan Daun Sirsak

Daun sirsak diketahui mengandung antioksidan tingkat tinggi yang baik untuk kesehatan Anda. Terutama yang terkait dengan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, daun sirsak juga bisa menjadi alternatif alami dalam mengatasi kolesterol tinggi Anda.

Untuk mengolah daun sirsak menjadi obat tradisional alami untuk menurunkan kadar kolesterol sangat mudah. Anda dapat melakukan langkah atau metode berikut:

  1. Siapkan beberapa daun sirsak secukupnya
  2. Cuci bersih daunnya terlebih dahulu
  3. Kemudian rebus dengan segelas air
  4. Tunggu rebusan mendidih, sisakan hanya setengahnya
  5. Biarkan selama beberapa saat sampai hangat
  6. Jika sudah, minumlah rebusan daun sirsak 2 kali sehari.

Manfaat Daun Sirsak Lainnya

Mengobati Kanker

Manfaat pertama daun Sirsak, yang membuat daun sirsak terkenal, adalah pengobatan kanker. Bahkan daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan lebih efektif daripada kemoterapi. Hal Ini karena acetogenin dapat mengobati dan menyembuhkan pasien kanker.

Acetogenin dalam Sirsak sangat kuat dan 10.000 kali lebih kuat melawan sel-sel kanker daripada adriamycin. Acetogenin menghambat pertumbuhan sel kanker dan pada saat yang sama perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi Adriamycin .

Untuk merasakan manfaat daun Sirsak untuk kanker, yang perlu Anda lakukan hanyalah minum air rebusan dengan daun Sirsask. Caranya adalah memasak 10 daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Masak sampai hanya air tersisa setengahnya. Bisa diminum hangat atau dingin. Minumlah setiap pagi untuk melihat manfaat daun sirsak dengan cepat.

Mengobati Penyakit Paru-paru

Sebagai agen antibakteri, manfaat Sirsak dapat digunakan untuk mengobati penyakit paru-paru. Daun sirsak yang dimasak dapat digunakan untuk mengobati penyakit paru-paru basah atau kering.

Mengobati Asam Urat

Manfaat lain dari daun sirsak adalah obat asam urat. Ini karena daun sirsak mengandung annocatalin, acetogenin, annomuricin, asam gentisat, asam linoleat dan caclourin, yang dapat membantu menyembuhkan asam urat.

Mengobati Kista Ovarium

Tentu saja ini dialami oleh wanita. Kista ovarium juga dapat disebut sebagai tumor jinak yang terjadi pada ovarium. Jika tidak diobati, kista dapat berkembang menjadi kanker. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan daun Sirsak untuk kista ovarium.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengkonsumsi air rebusan daun sirsak yang sudah dimasak.

Caranya adalah memasak 10 daun sirsak yang baru dipetik dengan 3 gelas air mineral. Masak sampai hanya setengah air yang tersisa. Bisa diminum hangat atau dingin. Minumlah setiap pagi untuk melihat manfaat daun sirsak dengan cepat.

Menghilangkan Kutu

Manfaat selanjutnya dari rebusan Daun Sirsak adalah menghilangkan kutu. Daun sirsak bermanfaat bagi manusia, tetapi sangat beracun bagi serangga atau parasit.

Itulah sebabnya daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe. Caranya adalah mencuci rambut dengan air rebusan sirsak.

Meningkatkan Kesuburan

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki anak, Anda harus mencoba manfaat dari daun sirsak ini! Daun sirsak dapat meningkatkan produksi sperma pada pria dan juga bermanfaat bagi wanita karena mereka juga dapat membuahi rahim!

Menghilangkan Jerawat

Manfaat sirsak adalah menghilangkan flek hitam dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Untuk membuat masker daun sirsak: Pilih sekitar 6 lembar daun sirsak dan hancurkan sampai halus. Lalu campur air mawar pada daun yang dihancurkan dan gunakan sebagai masker. Oleskan secara teratur pada waktu tidur untuk hasil terbaik.

Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Sering Menahan buang air kecil? Anda tidak bisa mempertahankan kebiasaan ini tidak boleh ditunda karena dapat merusak dan menyebabkan penyakit batu ginjal.

Namun, ada beberapa cara untuk menghindari hal ini yaitu mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Diyakini bahwa kandungan alami daun ini dapat mencegah pembentukan dan penumpukan garam kalsium pada urin di ginjal.

Menghilangkan Jerawat

Kita juga bisa memanfaatkan daun sirsak untuk menghilangkan jerawat dengan membuat masker wajah. Untuk membuat masker daun sirsak untuk menghilangkan jerawat: Pilih sekitar 6 lembar daun sirsak dan tumbuk dengan halus. Lalu campur air mawar pada daun yang dihancurkan dan gunakan sebagai masker. Gunakan secara teratur sebelum tidur untuk hasil terbaik.

Mengatasi rematik dan Nyeri Sendi

Manfaat kesehatan lain untuk daun sirsak adalah mengatasi penyakit rematik dan sendi. Penyakit, yang sering diderita orang tua, dapat diatasi dengan daun sirsak, karena mengandung kalsium dan fosfor, yang berguna untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Demikianlah pembahasan tentang Manfaat daun sirsak untuk kolesterol semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: