15 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Berbagai jus buah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh,termasuk jus buah naga. Jus buah naga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda. Jika kekurangan nutrisi, tubuh menjadi sedikit lesu, gangguan pencernaan hingga risiko sakit.

Jus buah naga terdiri dari dua jenis yaitu buah naga berdaging putih dan buah naga berdaging merah. Walaupun jus buah naga memiliki tipe yang berbeda keduanya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi untuk kesehatan.

Manfaat-Jus-Buah-Naga
Manfaat Jus Buah Naga

Jus buah naga mengandung kalori yang cukup rendah untuk mencegah obesitas. Minuman ini juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, mineral, antioksidan, serat, fitonutrien, polifenol dan zat-zat penunjang kesehatan lainnya.

Anda perlu meminumnya secara teratur untuk memanfaatkan jus buah naga dengan lebih baik. Minuman sehat telah terbukti memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kaya akan vitamin.

Jus buah naga juga sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral di kulit manusia. Mereka yang mengonsumsi jus buah naga secara teratur dapat memiliki kulit yang sehat dan terlihat lebih cantik dan awet muda.

Karena kekayaan nutrisi, minum jus buah naga menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, Anda perlu mengetahui aturan sebelum mengonsumsi jus buah naga supaya tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Manfaat Jus Buah Naga

Menurunkan Berat Badan

Buah naga ini mengisi perut Anda dengan makanan berserat tinggi, rendah kalori, dan memastikan perut Anda terus terasa kenyang tanpa harus khawatir tentang kenaikan berat badan. Selain itu buah naga juga akan membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung banyak air.

Camilan Sehat untuk Diet

Seperti halnya poin pertama, bagi Anda yang sedang diet tidak salah untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal jika Anda memanfaatkan kandungan buah naga dalam diet Anda. Jika Anda makan buah naga secara teratur perut Anda akan terus merasa kenyang tanpa takut tubuh membesar.

Membantu Detoksifikasi

Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas di dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (penghilangan racun dalam tubuh) berjalan lancar.

Mencegah Diabetes

Sumber antioksidannya juga mencegah diabetes melitus terjadi karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan kebiasaan makan. Buah naga juga aman untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya sangat rendah.

Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung

Selain pencegahan kanker, likopen juga menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak, karena biji dari buah naga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6, yang dapat membantu meringankan penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga untuk sistem kekebalan tubuh adalah efek samping dari buah naga yang mengandung banyak nutrisi dan gizi. Selain itu, konsumsi buah naga yang cermat mempercepat proses penyembuhan luka eksternal dan internal.

Meningkatkan Nafsu Makan

Vitamin B1 dan B2 dalam buah naga meningkatkan nafsu makan jika Anda mengonsumsi buah naga secara teratur, terutama pada anak-anak yang biasanya sulit makan. Hal ini bertentangan dengan manfaat buah naga dalam menurunkan berat badan, tetapi bagi Anda yang melakukan diet, cukup mengganti makanan sehari-hari Anda dengan buah naga,yang membuat Anda kenyang bahkan tanpa takut tubuh melar.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk membersihkan pencernaan Anda, Konsumsilah buah naga. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan mengonsumsi daging buahnya yang juga mengandung protein baik Anda dapat membuat tubuh Anda sehat dan segar.

Menunda Penuaan Dini

Manfaat buah naga untuk kecantikan adalah memperlambat penuaan dini. Hal ini karena kandungan antioksidan yang dapat mengencangkan kulit beregenerasi dengan baik.

Meringankan Batuk dan Asma

Biji buah naga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6, yang dapat membantu meringankan masalah pernapasan, sehingga Anda yang menderita asma atau batuk tidak akan berhenti,ia akan sedikit lega. Namun bukan juga bisa dikatakan bahwa buah naga merupakan obat dari asma.

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah dan Gula Darah

Mengkonsumsi buah naga dapat menjaga tekanan darah dan stabilitas gula darah pada wanita hamil untuk menghindari komplikasi kehamilan. Karena tekanan darah dan gula darah tinggi dapat menyebabkan preeklampsia ibu hamil yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Mencegah Anemia

Buah naga juga dapat mencegah dan mengelola anemia atau kurang darah. Anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi buah naga karena buah naga kaya akan zat besi sebagai komponen utama sel darah merah.

Meningkatkan Imunitas (kekebalan Tubuh)

Buah naga mengandung vitamin C yang memperkuat kekebalan atau daya tahan tubuh. Serangan dari berbagai penyakit bisa dicegah dengan mengonsumsi buah naga.

Menambah Tenaga dan Kekuatan

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak energi untuk kegiatan sehari-hari mereka. Karena mereka harus berbagi makanan dengan janin yang mereka bawa. Buah naga sangat berguna bagi wanita hamil karena 100 gram buah naga mengandung sekitar 9-14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi alami. Wanita hamil yang mengkonsumsi buah naga mendapatkan kekuatan dan tenaga tambahan.

Mencegah Keguguran dan Kelahiran Prematur

Kandungan asam folat dalam buah naga memperkuat janin dan mencegah keguguran dan kelahiran prematur. Untuk itu disarankan ibu hamil banyak mengkonsumsi buah naga.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat jus buah naga semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya