8 Manfaat Salad Buah dan Cara Membuat Salad Buah

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pada dasarnya tubuh kita membutuhkan pasokan mineral dan vitamin yang cukup setiap hari. Salah satu cara tubuh mengekstraksi mineral dan vitamin adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah dianjurkan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Jika Anda ingin mengadopsi gaya hidup sehat, Anda harus mengubah diet Anda mulai sekarang misalnya menghindari makan-makanan gorengan dan yang tidak ada kandungan gizi sama sekali.

Sekarang saatnya makan makanan sehat seperti salad buah. Tetapi masih ada orang yang berpikir bahwa makan salad adalah makanan kebarat-baratan, jadi tidak semua orang menyukainya. Tahukah Anda bahwa salad buah memiliki manfaat yang mungkin tidak Anda ketahui. Apa manfaat makan salad buah secara teratur? Mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Manfaat-Salad-Buah
Manfaat Salad Buah

Manfaat Salad Buah

Mencukupi Kebutuhan Mineral dan Vitamin

Seperti yang dijelaskan di atas, buah-buahan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh. Tubuh kita membutuhkan mineral dan vitamin yang penting untuk pemeliharaan organ sehat seperti mata, jantung, dan jantung. Mineral dan vitamin dapat diperoleh dari semangkuk salad buah. Vitamin yang bisa Anda dapatkan termasuk vitamin A untuk mata, vitamin B6 dan B12 untuk kesehatan kulit dan vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi Kalori dalam Tubuh

Bagi Anda yang sedang diet mengkonsumsi salad buah sangat dianjurkan. Tidak hanya mengandung banyak nutrisi, mereka juga merasa kenyang lebih lama karena mereka tinggi serat. Dipercaya bahwa mengkonsumsi salad secara teratur dalam jumlah yang cukup akan mengurangi kalori dalam tubuh sehingga berat badan akan perlahan-lahan berkurang.

Mencegah Kanker

Manfaat lain yang Anda dapatkan dari makan salad buah secara teratur adalah Anda dapat menghindari risiko kanker. Kandungan antioksidan dalam buah-buahan dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Jenis buah-buahan yang tinggi antioksidan adalah berry, apel, dan pir.

Kaya Serat

Salad buah sangat baik dalam hal memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Baik salad buah maupun salad sayuran, yang dikonsumsi mentah, menyediakan banyak serat dan dapat menurunkan kolesterol dalam waktu singkat.

Sembelit

Salad buah yang berserat tinggi membantu memperlancar sistem pencernaan, sementara usus dibersihkan dari racun dan residu yang menyebabkan penyakit. Mengkonsumsi salad buah setiap hari meningkatkan pergerakan usus dan meningkatkan metabolisme.

Sumber Antioksidan

Tentunya Anda mendapat banyak asupan antioksidan dari buah-buahan dan sayuran yang masih segar. Antioksidan berperan penting dalam mencegah efek negatif radikal bebas dan memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas. Yang paling penting adalah Anda tetap awet muda.

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi salad buah setiap hari secara alami mengurangi asupan karbohidrat dan membuatnya lebih mudah bagi tubuh Anda untuk menurunkan berat badan. Kalori membakar lebih baik dan Anda menjadi lebih kurus.

Membantu Sukseskan Diet

Jika Anda memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan, salad buah harus menjadi salah satu makanan yang Anda sertakan dalam diet sehat. Anda bisa mulai dengan salad yang mengandung banyak buah. Buah tidak hanya mengandung banyak nutrisi, tetapi juga kaya serat sehingga Anda kenyang lebih lama. Serat ini juga membantu membuat Anda lapar.

Cara membuat salad buah

Ada berbagai jenis buah dari mana salad dapat dibuat. Buah-buahan yang biasa digunakan untuk membuat salad buah adalah apel, alpukat, anggur, stroberi, jeruk, dan pepaya. Anda juga bisa memilih jenis buah lain yang sesuai dengan selera Anda.

Cara membuat salad buah adalah:

  1. Potong buah menjadi ukuran yang lebih kecil.
  2. Campur semua buah dalam satu wadah.
  3. Tuang saus ke dalam buah dan aduk sampai rata. Anda bisa menggunakan mayones atau saus yogurt. Penggunaan mayones tidak dianjurkan karena mengandung banyak lemak dan kalori. Kami merekomendasikan penggunaan yogurt karena kaya akan kalsium dan bakteri yang mudah dicerna.
  4. Tambahkan pemanis pada saus salad buah. Hindari menggunakan pemanis seperti gula, susu kental manis atau sirup. Penggunaan madu sebagai pemanis sangat dianjurkan.
  5. Tambahkan topping. Penggunaan keju atau cokelat icing tidak dianjurkan. Keju dan cokelat mengandung kalori tinggi untuk menghilangkan manfaat utama buah.
  6. Agar lebih segar, letakkan salad buah di lemari es.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat salad buah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: