20 Jenis Tanaman Buah Dalam Pot Yang Paling Cepat Berbuah

Posted on

Jenis Tanaman Buah Dalam Pot – Jika pekarangan anda tidak begitu luas tetapi anda ingin membudidayakan tanaman buah, tidak perlu khawatir karena disini anda dapat membudidayakan tanaman buah dengan cara tambulampot atau tanaman yang tumbuh dalam pot, cukup siapkan media seperti pot, tanah yang subur dan bibit buah maka anda sudah dapat menaman buah-buahan kesukaan kamu dirumah lho.

Tidak hanya bunga, dan sayuran saja yang bisa ditanama dalam pot, tetapi tanaman buah juga dapat ditanam pada wadah kecil seperti pot.

Keuntungan dari menanam sendiri tanaman buah anda dirumah adalah selain anda dapat mencicipi berbagai rasa buah yang manis anda juga dapat menjaga kebersihan dan kehigenisan dari tanaman buah,

Berikut jenis tanaman buah dalam pot yang paling cepat berbuah

1. Buah Delima

Buah-Delima
Gambar Buah Delima

Buah delima lebih mudah dan dapat tumbuh juga secara maksimal karena tanaman yang satu ini memiliki akar yang lebih pendek dari tanaman buah yang lainnya.

Perawatan dari buah delima juga cukup mudah, cukup disiram secara rutin pada pagi dan sore hari, buah delima sudah dapat dinikmati dalam 2 bulan, pastikan buah ini mendapat cukup sinar matahari.

2. Buah Stroberi

Buah-Stroberi
Gambar Buah Stroberi

Buah stroberi merupakan buah yang paling diminati para pecinta tanaman karena mudah dalam proses penanaman dan dapat berbuah dalam waktu yang singkat.

Buah stroberi dapat tumbuh meskipun dalam pot yang kecil, karena tanaman ini tidak memerlukan tempat yang besar untuk cepat berbuah

3. Buah Jambu Air

Buah-Jambu-Air
Gambar Buah Jambu Air

Jika anda ingin menanam Jambu air dalam pot maka sebaiknya bibit jangan diambil dari biji tetapi dari cara cangkok pada tanaman induk jambu air yang sudah berbuah.

Bibit dari tanaman induk jambu air akan lebih mudah tumbuh dalam media pot, lakukan juga pemupukan rutin setiap bulan dan penyiraman rutin pagi dan sore, maka jambu air akan tumbuh dengan lebat dan manis.

4. Buah Jeruk Nipis

Buah-Jeruk-Nipis
Gambar Buah Jeruk Nipis

Jeruk nipis banyak ditanam karena memiliki banyak khasiat untuk manusia, oleh karena kita juga menanam jeruk nipis dipekarangan rumah.

Jika anda menanamnya dalam pot, jangan lupa bibit disiram secara rutin dan lakukan pemupukan serta pembersihan tanaman dari hama karena jeruk nipis rawan terkena penyakit

5. Buah Jambu Biji

Buah-Jambu-Biji
Gambar Buah Jambu Biji

Biasanya jambu biji ditanam pada pekarangan yang luas karena pohon ini memiliki ukuran yang tinggi dan besar, namun tanaman ini juga bisa ditanama pada pot.

Caranya juga begitu mudah kamu bisa mendapatkan bibit dengan cara mencangkok, namun anda harus memiliki pot yang kuat untuk menopang akar dan batang pohon jambu biji ini yang panjang dan tebal.

6. Buah Beach Cherry

Buah-Beach-Cherry
Gambar Buah Beach Cherry

Buah yang satu ini biasanya kita jumpai di daratan rendah atau pinggir pantai, tanaman ini memang sangat cocok ditanam pada pot.

Tanpa memerlukan perawatan khusus, tanaman ini dapat tumbuh subur dan cepat berbuah, tanaman ini juga sangat tahan terhadap cuaca ekstrem

7. Buah Ceri Berbados

Buah-Ceri-Berbados
Gambar Buah Ceri Berbados

Buah ini banyak ditanam pada pot karena proses tanam yang mudah begitu juga perawatannya,  buah ini dapat tumbuh dimana saja tetapi sebaiknya ditanam pada dataran rendah.

Buah ini juga biasa dikenal dengan nama sianci , jenis ini lebih mulus dari jenis ceri lainnya dan jenis dengan pertumbuhan yang cepat.

8. Buah Tomat

Buah-Tomat
Gambar Buah Tomat

Buah tomat sangat mudah ditanam dan dapat tumbuh pada semua jenis pot dan ukurannya, penanaman tomat dapat melalui bibit maupun biji.

Buah tomat dapat tumbuh secara optimal jika batangnya tumbuh dengan tegak, maka gunakan penyangga pada batangnya agar tumbuh dengan kuat.

9. Buah Blueberry

Buah-Blueberry
Gambar Buah Blueberry

Menanam Buah blueberry sebaiknya menggunakan pot yang berukuran besar, agar tumbuh secara maksimal maka diberi tambahan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Buah blueberry memerlukan waktu panen lebih lama dari buah lainnya , namun rasa manis dari buah blueberry dapat membayar jerih payah kita.

10. Buah Arbei

Buah-Arbei
Gambar Buah Arbei

Buah Arbei adalah jenis buah yang dapat tumbuh dalam pot, gunakan pot dengan ukuran yang kecil, tempatkan buah arbei pada tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Buah arbei lebih menyukai tanah yang berlumpur, penyiraman dilakukan secara rutin dan berilah pupuk sebagai tambahan untuk menunjang pertumbuhannya

11. Buah Semangka

Buah-Semangka
Gambar Buah Semangka

Semangka dapat tumbuh dalam pot, bahkan cara ini lebih mudah dalam perawatannya, keuntungan lainnya adalah menanam pada media pot dapat menghemat tempat.

Semangka lebih baik ditanam pada tempat yang cerah, buah semangka begitu segar jika dimakan terutama saat cuaca panas

12. Buah Melon

Buah-Melon
Gambar Buah Melon

Sama seperti buah semangka, buah melon juga dapat ditanam pada media pot, tanaman melon bisa dibiarkan merambat kesamping atau disanggah dengan batang.

Anda juga dapat menentukan seberapa besar buah melon yang ingin dihasilkan, jika anda ingin buah melon yayng kecil maka gunakan wadah pot yang kecil, begitu juga jika ingin memiliki buah melon yang besar, anda bisa menggunakan wadah pot yang besar.

13. Buah Nanas

Buah-Nanas
Gambar Buah Nanas

Buah nanas memang cocok jika ditanam pada media pot karena tanaman nanas juga tumbuh berukuran kecil pohon nanas tumbuh dengan tinggi maksimal 6 meter.

Tanaman nanas juga memiliki akar yang lebih pendek bila dibandingkan dengan tanaman buah lainnya sehingga cocok ditanam pada media pot.

14. Buah Pisang

Buah-Pisang
Gambar Buah Pisang

Belakangan banyak para pecinta tanaman membudidayakan tanaman pisang pada wadah pot, beberapa jenis tanaman pisang memang dapat tumbuh dengan baik di media pot.

Jenis pohon pisang ini tumbuh dengan kerdil dan tumbuh dengan tinggi maksimal 4 meter saja, tanaman pisang terkenal tidak memerlukan banyak perawatan dan dapat tumbuh dengan cepat

15. Buah Tin

Buah-Tin
Gambar Buah Tin

Buah tin dapat ditanam pada media pot selain itu buah tin dapat tumbuh pada tempat yang hangat, tempatkan juga tanaman tin ini pada tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Pemupukan dan perawatan juga diperlukan demi mendapatkan hasil yang maksimal dari tanaman ini, dan juga tanaman tin mempunyai banyak manfaat.

16. Buah Persik

Buah-Persik
Gambar Buah Persik

Buah persik sangat cocok ditanam pada media pot karena tanaman buah persik dapat tumbuh maksimal dengan tinggi 6 kaki saja,

Buah persik memiliki daging berwarna kuning dan memiliki biji dibagian tengahnya, banyak manfaat dari buah persik diantaranya dapat menurunkan berat badan, dapat membuat kulit sehat dan masih banyak manfaat dari buah persik

17. Buah Kiwi

Buah-Kiwi
Gambar Buah Kiwi

Buah kiwi dapat juga lho anda tanam pada media pot, sehingga anda bisa menanamnya sendiri dirumah dan tidak perlu lagi membelinya dimall dan supermarket yang harga nya tentu saja mahal.

Terdapat beberapa jenis dari kiwi ini yang tumbuh kerdil namun rasanya lebih segar dan manis sehingga cocok ditanam di media pot

18. Buah Mentimun

Buah-Mentimun
Gambar Buah Mentimun

Buah mentimun juga salah satu tanaman sayuran buah yang bisa ditanam pada media pot, tanaman yang merambat dapat ditempatkan pada pagar agar tanaman mentimun merambat pada pagar.

Memanen tanaman buah mentimun sebaiknya dilakukan secara rutin agar mendapat buah mentimun yang baik.

19. Buah Srikaya

Buah-Srikaya
Gambar Buah Srikaya

Buah srikaya dapat ditanam pada media pot jika anda rutin memangkas batang nya agar tetap kerdil, tanaman ini juga mudah dalam perawatannya.

Srikaya merupakan tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun, srikaya juga dapat beradaptasi pada iklim dan juga tanah.

20. Buah Anggur

Buah-Anggur
Gambar Buah Anggur

Buah anggur sudah banyak dibudidayakan banyak orang pada wadah pot, jika anda memilih untuk membudidayakan pada wadah pot, pilihlah pot dengan ukuran yang besar karena akar dari tanaman anggur ini sangat kuat.

Pilihlah jenis buah anggur yang tumbuh dengan kerdil, meskipun hampir semua jenis anggur dapat ditanam pada media pot.

Demikianlah pembahasan tentang jenis tanaman buah pot yang paling cepat berbuah, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya :

Cara Menanam Buah Semangka Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Terong Di Polybag

Cara Budidaya Kacang Panjang Dalam Polybag

Related posts: