10 Jenis Tanaman Hias Batang Dan Nama Latinnya

Posted on

10 Jenis Tanaman Hias Batang Dan Nama Latinnya – Pengertian dari tanaman hias batang adalah segala jenis tanaman dan tumbuhan yang memiliki keindahan batang dari tanaman tersebut dan sengaja ditanam pada pekarangan rumah untuk memperindah pekarangan tersebut.

Berdasarkan jenisnya tanaman hias dapat dibagi menjadi tanaman hias batang, daun, bunga, serta buah, tanaman hias daun keindahannya berdasarkan bentuk dan warna daunnya yang indah, begitu juga tanaman hias bunga yang dilihat dari bentuk, warna serta aroma dari bunga tersebut.

Berikut jenis tanaman hias batang dan nama latinnya

1. Bambu Air

Bambu-Air
Gambar Bambu Air

Tanaman ini memiliki nama latin “Equisetum hyemale“, tanaman ini memiliki sekitar 25 spesies di alam liar, bambu ini cukup populer bagi para pecinta tanaman hias sehingga banyak orang yang membudidayakannya, berbeda dengan jenis bambu biasa ukuran bambu air ini hanya 3 meter saja.

Batang bambu air berwarna hijau dan daunnya keluar pada sela-sela batangnya serta terdapat cincin coklat dapa batangnya.

Tanaman ini sering dikenal sebagai tanaman paku ekor kuda karena memiliki bentuk runcing dan hijau mirip dengan tanaman paku. tanaman ini begitu populer dan banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias karena jenis tanaman yang cantik dan indah untuk dipandang.

Dipasaran tanaman ini begitu banyak permintaan dari pada pecinta tanaman hias, selain indah dipandang mata, tanaman ini juga dipercaya sebagai tanaman pembawa hoki jika ditempatkan di dalam ruangan.

2. Bambu Kuning

Bambu-Kuning
Gambar Bambu Kuning

Tanaman ini memiliki nama latin “Bambusa vulgaris var. striata“, tanaman bambu kuning dijadikan tanaman hias karena memiliki bentuk batang yang unik dan warna kuning yang indah, bentuk batang yang kecil dan tumbuh nya yang tidak besar oleh karena itu tanaman ini sering juga disebut sebagai bambu kuning mini.

Tanaman ini biasa nya ditanam sebagai ornamen taman atau pembatas, agar menjadi tanaman hias yang cantik sebaiknya tanaman ini ditanam berkelompok agar terlihat rimbun dan cantik.

Tanaman ini juga bisa ditanam pada teras rumah karena bambu kuning ini lebih menyukai sinar matahari tak langsung dan tempat yang sejuk

Tanaman ini selain untuk sebagai tanaman hias juga dipercaya sebagai tanaman pengusir hantu, sebagian orang juga sering memanfaat bambu kuning sebagai tanaman obat.

Baca Juga : Jenis-jenis Tanaman Hias Daun Paling Populer

3. Palem Bambu

Palem-Bambu
Gambar Palem Bambu

Nama latin dari tanaman palem bambu adalah “Chamaedorea elegans“, tanaman ini sering dijadikan tanaman hias karena memiki banyak kelebihan yaitu mampu hidup di dalam ruangan maupun outdoor, mampu hidup yang panjang, mamiliki daun yang kuat,.

Tanaman ini juga sangat cocok ditanam didalam ruangan, selain dapat mempercantik ruangan tanaman ini juga dapat membersihkan udara kotor yang ada dalam ruangan anda, tanaman ini juga dapat tumbuh pada pencahayaan yang minim.

Walaupun memiliki nama palem bambu tapi tanaman ini tidak ada hubungan dengan jenis bambu-bambuan, tanaman ini sangat cocok ditanam bergelombol karena terlihat unik.

4. Kaktus Mini

Kaktus-Mini
Gambar Kaktus Mini

Nama latin dari tanaman ini adalah “Cactaceae“, tanaman ini sudah banyak dimanfatkan sebagai tanaman hias batang karena memiliki bentuk batang yang unik dengan banyak duri.

Sesuai namanya ukuran dari tanaman ini memang lebih kecil, tanaman ini juga memiliki banyak kelebihan sehingga banyak diminati para pecinta tanaman hias, selain mudah dalam perawatannya karena tanaman ini dapat menyimpan air didalam tubuh nya.

Baca Juga : 35 Jenis Tanaman Hias Outdoor Lengkap Gambar dan Penjelasannya

5. Kaktus Zebra

Kaktus-Zebra
Gambar Kaktus Zebra

Tanaman ini memiliki nama latin yaitu “Haworthia Attenuata“, seperti tanaman kaktus lainnya tanaman ini juga lebih menyukai tempat yang kering dan menyukai sinar matahari, tanaman yang satu ini juga mudah dalam hal perawatan karena itu tanaman ini banyak di minati oleh para pecinta tanaman hias.

Tanaman yang berasal dari afrika selatan ini memiliki bentuk daun yang unik dan tebal serta warna hijau tua dengan bercak-bercak putih, daunnya juga agak tebal mirip dengan batu karenanya tanaman ini juga sering disebut sebagai daun batu.

Menanam tanaman ini juga sangat mudah, hanya membutuh nya media tanah yang kering, tanaman ini juga tidak perlu banyak air cukup disiram 3 hari sekali, jika tanah nya lembab serta banyak tergenang air dapat menyebabkan akar dari tanaman ini cepat membusuk.

6. Tanaman Kamboja

Tanaman-Kamboja
Gambar Tanaman Kamboja

Tanaman Hias yang satu ini memiliki nama latin “Plumeria“, tanaman ini ditemukan oleh orang berkebangsaan perancis yang bernama charles plumier, oleh karena itu namanya dijadikan nama tanaman ini, tanaman ini ditemukan di amerika tengah, walaupun namanya kamboja tetapi tanaman ini bukan berasal dari negeri tersebut.

Tanaman ini dahulu banyak ditemukan pada tempat religi seperti kuburan dan dijadikan sebagai bunga pemujaan masyarakat bali.

Tanaman ini juga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat dan juga banyak dijadikan sebagai bahan makanan.

7. Dragon Tree

Dragon-Tree
Gambar Dragon Tree

Tanaman ini memiliki nama latin yaitu “Dracaena draco“, tanaman ini biasa nya ditanam pada pekarangan yang luas seperti kantor dan halaman rumah, tanaman ini juga diminati karena perawatannya yang mudah.tanaman ini dapat tumbuh optimal pada tempat yang terang dan cahaya yang cukup.

Selain menjadi tanaman hias, dragon tree juga banyak manfaatnya salah salah satunya yaitu untuk menjaga kebersihan dan untuk kesehatan.

Baca Juga : Macam Macam Bunga Langka Di Indonesia dan Dunia

8. Palem Botol

Palem-Botol
Gambar Palem Botol

Nama latin dari tanaman ini adalah “Hyophorbe lagenicaulis“, palem botol memiliki bentuk yang unik yakni batang nya yang membulat dan pendek mirip dengan botol, tanaman ini juga banyak diminati para pecinta tanaman hias.

Tanaman ini dapat ditanam melalui biji nya, perawatan dari palem botol ini juga sangat mudah karena tahan terhadap cuaca dan menyukai panas, karena nya tidak perlu banyak dilakukan penyiraman.

9. Pandan Bali

Pandan-Bali
Gambar Pandan Bali

Nama latin dari tanaman ini adalah “Cordyline australis“, tanaman pandan bali ini sangat cocok menjadi tanaman hias rumah anda, selain dapat memperindah pekarangan murah anda tanaman ini juga dapat menyaring kotoran dan debu.

Tanaman ini memiliki bentuk batang yang panjang dan kokoh serta memiliki daun yang menjuntai kebawah, daunnya memiliki tekstur halus dan tipis serta tidak memiliki duri.

10. Bonsai Serut

Bonsai-Serut
Gambar Bonsai Serut

Tanaman ini memiliki nama latin “Streblus asper“, bentuk ukuran yang kecil menjadi salah satu alasan kenapa tanaman ini begitu diminati para pecinta tanaman hias, bentuknya yang kecil juga menjadikannya dapat tumbuh secara optimal jika ditempatkan pada sebuah pot.

Keindahan bonsai serut ini terletak pada batangnya yang unik. tanaman ini dapat dibudidayakan melalui tiga cara, dengan tunas sebagai bibit dan juga teknik pencangkokan serta stek.

Itulah tanaman hias batang beserta nama latinnya yang cocok untuk mengisi lahan kosong pekarangan anda. semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi anda.