Jenis-jenis Tanaman Hias Daun Paling Populer

Posted on

Jenis-jenis Tanaman Hias Daun Paling Populer – Tanaman hias memiliki arti sebagai semua jenis tanaman yang sengaja ditanam untuk menghiasi taman, kebun rumah, ruangan dll.

Tanaman hias dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian di antara nya tanaman hias batang, tanaman hias daun, tanaman hias bunga dan tanaman hias buah, disini akan dibahas mengenai tanaman hias daun yang mana keindahan nya terletak dari bentuk serta warna daunnya yang indah.

Berikut ini jenis-jenis tanaman hias daun paling populer

1. Daun Kastuba

Daun-Kastuba
Gambar Daun Kastuba

Tanaman ini begitu populer dikalangan pecinta tanaman hias, karena bentuk daun dan warna nya yang cerah yaitu hijau pada bagian pangkal dan merah terang pada bagian pucuk nya.

Tanaman ini berasal dari meksiko, sekarang sudah banyak dilakukan penelitian tentang tanaman ini sehingga warna daunnya menjadi beragam seperti merah muda, kuning dan putih.

2. Daun Aglaonema

Daun-Aglaonema
Gambar Daun Aglaonema

Tanaman ini juga begitu populer bagi para pecinta tanaman hias, tanaman ini juga biasa disebut dengan sri rezeki, tanaman ini cocok ditempatkan pada tempat yang teduh dengan sinar matahari tak langsung, tanaman ini akan layu dan kering jika ditempatkan langsung pada sinar matahari, tempatkan pada teras rumah karena disini tempat yang ideal untuk tumbuh secara optimal.

3. Daun Pucuk Merah

Daun-Pucuk-Merah
Gambar Daun Pucuk Merah

Tanaman ini banyak kita jumpai dipinggir jalan karena memang fungsi tanaman ini adalah dapat menyerap karbon polusi yang disebabkan asap kendaraan.sesuai namanya tanaman ini memiliki daun berwarna merah dibagian atas dari daun nya. tanaman ini dapat tumbuh baik jika mendapat pencahayaan yang cukup dan ditanam pada tempat terbuka.

4. Daun Anthurium

Daun-Anthurium
Gambar Daun Anthurium

Tanaman populer ini memiliki banyak spesies di alam liar, ada sekitar 1000 spesies dan merupakan jenis tanaman dengan spesies terbanyak. daya tarik dari tanaman ini terletak pada bentuk daunnya yang unik dan indah.daunnya berwarna hijau tua dan berurat besar.

5. Daun Calathea

Daun-Calathea
Gambar Daun Calathea

Tanaman cantik yang berasal dari amerika ini merupakan tanaman tropis dan dapat tumbuh hingga 30 sampai 50 cm. tanaman ini memiliki bentuk indah pada daunnya dengar warna dominasi hijau, putih serta merah hati menjadikan tanaman ini sangat cocok menjadi tanaman hias taman anda.

6. Daun Puring

Daun-Puring
Gambar Daun Puring

Tanaman ini begitu populer karena memiliki banyak macam warna dalam satu daun sehingga daunnya terlihat cantik, Semakin bertambah tua tanaman ini maka warna nya pun semakin terlihat cantik. Tanaman puring berasal dari daerah tropis, tanaman puring membutuhkan sinar matahari karena nya tanaman ini cocok menjadi tanaman hias outdoor.

7. Daun Gelombang Cinta

Daun-Gelombang-Cinta
Gambar Daun Gelombang Cinta

Tanaman yang satu ini dahulu begitu populer dikalangan pecinta tanaman hias karena itu dahulu tanaman ini memiliki nilai jual yang lumayan mahal, bentuk nya yang unik yaitu daun yang bergelombang menjadi daya tarik utama tanaman yang satu ini, sekarang tanaman ini masih banyak peminatnya namun harga nya turun drastis hal ini karena tanaman ini mudah dibudidayakan.

8. Daun Kuping Gajah

Daun-Kuping-Gajah
Gambar Daun Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah memiliki daun yang lebar dan berbentuk hati, bentuknya yang besar mirip seperti kuping gajah yang mendasari nama dari tanaman ini, tanaman ini berasal dari amerika selatan, tanaman ini memiliki daun yang lebat dan dapat tumbuh didalam ruangan.

9. Daun Spider Plant

Daun-Spider-Plant 
Gambar Daun Spider Plant

Tanaman yang satu ini populer dikalangan pecinta tanaman hias, daun spider plant ini berbentuk panjang dan berumpun dengan warna hijau dan kuning membuat tanaman ini begitu eksotis, kelebihan lainnya dari tanaman ini adalah perawatan nya yang mudah dan tidak membutuhkan banyak air.

10. Daun Tanduk Rusa

Daun-Tanduk-Rusa
Gambar Daun Tanduk Rusa

Daun tanduk rusa merupakan jenis paku-pakuan, tanaman yang satu ini memiliki bentuk yang unik yaitu daunnya menjuntai mirip seperti tanduk rusa yang terbalik, meski tanaman ini termasuk tanaman hias namun banyak orang memanfaatkan sebagai tanaman obat seperti obat demam, obat bisul dll.

11. Daun kadaka

Daun-Kadaka
Gambar Daun Kadaka

Tanaman yang biasa disebut tanaman sarang burung ini merupakan jenis tanaman paku-pakuan, kadaka dapat memberi kesan sejuk bak berada dipegunungan, tanaman ini juga dilapisi zat lilin pada permukaan daunnya, tanaman ini merupakan jenis paku-pakuan yang paling mudah ditemukan.

12. Daun Alokasia

Daun-Alokasia 
Gambar Daun Alokasia

Tanaman yang habitat asli nya berada di daerah tropis ini memiliki sekitar 70 spesies di alam liat, tanaman ini memiliki kemiripan dengan daun keladi, kemiripan nya terletak pada bentuk daunnya yang berbentuk hati, tanaman ini memiliki bentuk yang beragam dan corak warna yang bervariasi sehingga banyak diminati para pecinta tanaman hias.

13. Daun Dieffenbachia

Daun-Dieffenbachia
Gambar Daun Dieffenbachia

Daun Dieffenbachia juga dikenal sebagai daun bahagia, keindahan tanaman ini terletak pada bentuk daunnya yang unik dan warna daun yang bervariasi, tanaman ini banyak diminati karena mudah dalam perawatannya, meskipun indah anda harus hati-hati terhadap tanaman yang satu ini karena tanaman ini mengandung kalsium oksalat yang dapat membuat gatal-gatal hingga kejang-kejang.

14. Daun Philodendrons

Daun-Philodendrons
Gambar Daun Philodendrons

Seperti tanaman puring, tanaman ini juga memiliki beragam warna dalam satu daun, bentuk daunnya pun beragam seperti bentuk hati, menjari, panjang melengkung dll. tanaman ini memiliki 200 spesies di alam liar dan dapat tumbuh dengan baik di indonesia.

15. Daun Lemon Lime Dracaena

Daun-Lemon-Lime-Dracaena
Gambar Daun Lemon Lime Dracaena

Tanaman ini memiliki ciri bentuk daunnya yang menjuntai lurus dan batang tanaman yang keras serta daunnyayang dapat tumbuh dengan rimbun, warna daun nya yaitu kuning pada pinggir nya dan hijau pada bagian tengah nya serta ada sedikit garis putih, tanaman ini banyak diminati karena mudah dalam perwatannya.

Itulah tanaman hias daun paling populer, semoga dapat menjadi referensi untuk menjadikannya sebagai tanaman hias daun bagi pekarangan rumah anda.

Baca Artikel Lainnya:

35 Jenis Tanaman Hias Outdoor Lengkap Gambar dan Penjelasannya

Tanaman Hias Buah Untuk Mempercantik Rumah dan Banyak Manfaatnya

Macam Macam Bunga Hias Lengkap Gambar dan Penjelasannya

Related posts: