15 Jenis Tanaman Obat Jantung Alami (100% non kimia)

Posted on

Tanaman Obat Jantung – Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak memakan korban jiwa. Penyakit ganas ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, kurang olahraga, makanan yang banyak mengandung kolesterol, merokok dan minum minuman beralkohol yang semuanya bisa menyebabkan penyakit jantung.

Sejak dahulu kala, tanaman herbal telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa tanaman ini juga dikenal kemudian untuk menjaga kesehatan jantung.

Tidak diragukan lagi, menjaga kesehatan jantung adalah salah satu langkah pertama untuk hidup bahagia sampai usia lanjut. Ini karena jantung adalah salah satu organ inti, di mana organ pendukung bekerja sesuai dengan fungsinya.

Jika kesehatan jantung tidak terjaga, stroke atau serangan jantung tidak bisa lagi dihindari. Apalagi jika Anda menderita faktor risiko penyakit jantung seperti kelebihan berat badan atau obesitas, diabetes mellitus, kebiasaan merokok, hipertensi dan lain-lain.

Berikut Adalah Tanaman Obat Jantung

Buah Manggis

Buah-Manggis
Buah Manggis

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa kulit manggis adalah buah yang paling efektif melawan penyakit jantung, bukan daging. Namun, tidak mudah untuk mengekstraksi xanthones dari cangkang manggis.

Anda perlu mengekstrak proses dari pabrik dengan alat terbaru untuk memisahkannya. Zat xanthone ini mengandung antioksidan super yang sangat baik untuk obat penyakit jantung. Zat ini mampu dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan lemak.

Daun Bambu

Daun-Bambu
Daun Bambu

Bambu adalah tanaman dengan banyak manfaat, tetapi biasanya kita hanya menggunakan pohon bambu. Namun, sebuah penelitian di Cina menunjukkan bahwa bambu mengandung senyawa yang disebut flavonoid.

Flavonoid ini dapat meningkatkan sistem mikrovaskular pasien jantung dan juga meningkatkan fungsi trombosit dan aliran darah ke jantung.

Buah Mengkudu

Tanaman-Obat-Buah-Mengkudu
Buah Mengkudu

Buah untuk jantung selanjutnya adalah mengkudu. Buah ini terkenal karena kemampuannya menjaga tekanan darah stabil. Karena itu, buah mengkudu sering digunakan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Dengan penurunan tekanan darah ini tentu saja dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

Buah bengkudu mengandung xeronine, kaya akan vitamin dan mineral yang meningkatkan fungsi tubuh dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan stroke.

Namun demikian, obat untuk penyakit jantung ini memiliki aroma yang sangat menyengat. Meskipun buah mengkudu tidak menarik dari segi bentuk dan aroma, buah mengkudu adalah salah satu buah dengan antioksidan dalam jumlah besar.

Antioksidan ini bisa melebarkan pembuluh darah yang menyempit. Dengan demikian, jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah dan tekanan darah bisa kembali normal.

Daun Kumis Kucing

Daun-Kumis-Kucing
Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing atau Orthosiphon stamineus juga dapat menjaga kesehatan jantung.

Menurut penelitian, daun kumis kucing mengadung anti-inflamasi dan diuretik, yang dapat menurunkan tekanan darah dan menghilangkan kelebihan air dari tubuh.

Tomat

Tanaman-ObatTomat
Tomat

Diyakini bahwa kandungan kalium dalam tomat cukup tinggi untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, tomat memiliki kadar gula dan kalori yang rendah.

Obat penyakit jantung ini, yang umumnya berwarna merah, juga merupakan sumber dari salah satu senyawa antioksidan, likopen. Likopen adalah karotenoid yang dapat membantu menghilangkan lemak jahat, mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan mengurangi risiko serangan jantung.

Teh Hijau

Tanaman-Obat-Teh-Hijau
Teh Hijau

Teh hijau tidak hanya baik untuk diet, tetapi juga untuk kesehatan pembuluh darah sehingga terhindar dari penyumbatan. Penelitian menunjukkan bahwa jantung bekerja lebih baik dalam 30 menit setelah minum teh hijau.

Alpukat

Alpukat
Alpukat

Alpukat dianggap sebagai buah dalam penyakit jantung karena diperkaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat berkontribusi menurunkan kadar kolesterol.

Buah ini juga memiliki kandungan kalium tinggi, yang memiliki efek positif pada kesehatan jantung dan merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Alang-alang

Tanaman-Obat-Alang-alang
Alang-alang

Tentu saja, banyak dari kita sudah tahu bagaimana bentuk dan rupa tanaman ini. Tanaman alang-alang diklasifikasikan sebagai tanaman yang mudah ditemukan. Biasanya tanaman ini hidup di ladang di sekitar kita, tapi jangan tertipu, alang-alang ini punya banyak keunggulan.

Dalam rimpang alang-alang terkandung imperanene yang menghambat agregasi trombosit (sel pembekuan darah) menurut hasil penelitian oleh para ahli dari universitas di Jepang. Efek menghambat agregasi trombosit sesuai dengan efek asetosal (asam asetilsalisilat) yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah pada pasien dengan infark miokard.

  1. Untuk menggunakan alang-alang sebagai obat penyakit jantung.
  2. Gunakan rumput Alang 100 g, akar teratai 100 g,jamur kuping hitam 25 g, jamur hioko 25 g dan jamur putih kering 25 g.
  3. Rebus dengan air 800ml hingga tersisa 200 ml, Saring dan airnya diminum.

Anggur

Tanaman-Obat-Anggur
Anggur

Buah yang baik untuk anggur jantung berikutnya. Buah ini mengandung resveratrol, senyawa polifenol yang banyak digunakan dalam biji dan buah-buahan. Resveratrol bertindak sebagai antioksidan, sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Buah anggur ini mengandung resveratrol, senyawa polifenol yang banyak terdapat dalam biji dan buah. Resveratrol bertindak sebagai antioksidan, sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah dan baik untuk jantung.

Manfaat anggur yang sama dapat diperoleh dari anggur merah. Namun, anggur merah diklasifikasikan sebagai minuman beralkohol yang konsumsinya terbatas. Konsultasikan dengan dokter sebelum minum.

Daun Seledri

Tanaman-Obat-Daun-Seledri
Daun Seledri

Daun seledri atau Apium graveolens L mengandung apigenin dan polifenol, yang dapat bertindak sebagai antioksidan kuat.

Dengan cara ini, daun seledri dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas yang menyebabkan pembentukan plak dan kerusakan sel-sel endotel di pembuluh darah.

Buah Pisang

Buah-Pisang
Buah Pisang

Buah berwana kuning ini adalah jenis buah dengan kandungan asam lemak jenuh yang rendah, sehingga risiko peningkatan kadar kolesterol dapat dikurangi.

Selain itu, buah ini diperkaya dengan kalium, yang diyakini dapat menurunkan tekanan darah, sehingga terhindar dari risiko tekanan darah tinggi, salah satu faktor risiko serangan jantung. Buah obat penyakit jantung ini sangat mudah ditemukan, bahkan diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Buah Delima

Delima
Delima

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus delima secara teratur selama tiga bulan dapat meningkatkan aliran darah ke jantung.

Buah yang baik untuk jantung mengandung banyak antioksidan, termasuk anthocyanin dan polifenol, yang dapat menjaga fleksibilitas pembuluh darah. Jika sulit menemukan buah delima, Anda dapat menggantinya dengan apel yang memiliki konten dan manfaat yang hampir sama.

Jeruk

Jeruk
Jeruk

Jeruk juga merupakan buah yang baik untuk jantung. Wanita yang mengonsumsi flavonoid dalam jumlah besar dalam jeruk dan jeruk bali memiliki risiko stroke iskemik 19% lebih rendah (yang disebabkan oleh pembekuan darah) daripada wanita yang tidak menerima sebanyak memakan jeruk, senyawa ini seperti yang diungkapkan sebuah penelitian dari tahun 2012.

Buah jeruk juga kaya akan vitamin C, yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. waspadai jus jeruk, yang mengandung gula ekstra. Dan Anda tahu, produk jeruk bali bisa memengaruhi efek obat penurun kolesterol yang disebut statin.

Lavender

Lavender
Lavender

Bunga yang berwana ungu ini memiliki sifat alami sebagai penstabil sistem tubuh sehingga mereka dapat memperkuat otot jantung, yang dapat memaksimalkan proses kontraksi dan relaksasi jantung untuk mengedarkan darah. Fungsinya yang sederhana dapat menjaga jantung berdebar.

Buah Pepaya

Tanaman-Obat-Buah-Pepaya
Buah Pepaya

Menurut penelitian, pepaya ini adalah buah yang baikuntuk menyembuhkan penyakit jantung. Pepaya mengandung vitamin A, C dan E, magnesium, potasium, asam folat dan kalsium.

Buah pepaya Ini membantu meningkatkan kekebalan dan kesehatan jantung. Pepaya juga mengandung zat antiinflamasi dan mencegah kanker.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman obat jantung semoga bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: