Manfaat Kayu Secang Untuk Bayi dan Tubuh Manusia

Posted on

Manfaat Kayu Secang Untuk Bayi dan Tubuh Manusia – Tanaman secang merupakan tanaman pohon berduri dengan bentuk daun yang berukuran kecil, buah secang jika dilihat sekilas mirip dengan buah petai cina, namun yang membedakannya ketika tua akan berubah menjadi kecoklatan, tanaman secang juga memiliki bunga berwarna kuning dibagian pucuk nya.

Secang biasa disebut dengan sepang merupakan tanaman yang masih keluarga suku polong-polongan, tanaman secang juga banyak dimanfaatkan kulit nya untuk dijadikan rempah-rempah, kayu nya mempunyai banyak manfaat seperti dijadikan kerajinan, zat pewarna, dan juga dijadikan minuman herbal

Tanaman secang dapat tumbuh subur dindonesia, india serta malaysia, tanaman secang banyak dimanfaatkan kayu nya terutama bagian dalam kayu, masyarakat jawa sendiri memanfaatkan kayu secang sebagai minuman wedang secang yang menyegarkan.

Kayu-Secang
Gambar Kayu Secang

Manfaat Kayu Secang Untuk Bayi

Kayu secang mempunyai banyak manfaat salah satu nya dapat digunakan untuk bayi, kayu secang ini dapat membuat kulit bayi yang tadinya keriput dapat menjadi kencang dan padat selain itu kulit bayi menjadi bersih dan lebih cerah serta menjadi lebih bersih.

Berikut cara menggunakan kayu secang untuk kulit bayi

  1. ambilkan kayu secang secukupnya yang akan dicampurkan pada bak mandi bayi
  2. rebus kayu secang kedalam panci dengan air secukupnya sampai air mendidih
  3. setelah air rebusan kayu secang mendidih kemudian campurkan rebusan kayu secang tersebut kedalam bak mand bayi
  4. gunakan air rebusan kayu secang tersebut untuk memandikan bayi
  5. gunakan secara rutin setiap kali bayi mandi

Rebusan kayu secang juga bermanfaat untuk menyembuhkan biang keringat, jika anda ingin mendapatkan kayu secang ini bisa anda dapatkan di toko-toko jamu maupun dipasar yang banyak dijual.

Manfaat Kayu Secang Untuk Tubuh Manusia

Kandungan kayu secang adalah brazilin yaitu zat pewarna yang dapat memberikan warna alami yang berupa warna merah, brazilin juga sudah diuji secara ilmiah bersifat antioksidan, antibakteri, dapat menurunkan kadar lemak, dapat merelaksasi pembuluh darah, dapat melindungi hati, dan banyak dipercaya anti virus dan anti tumor.

1. Anti Tumor

Tumor adalah perkembangan jaringan sel yang tidak benar, tumor bisa jinak dan dapat juga ganas yang dapat menyebabkan kangker

Menurut penelitian ekstrak dari kayu secang dan tambahan sekitar 50% etanol dapat menghambat pertumbuhan tumor

2. Anti Bakteri

Bakteri dapat menyerang tubuh manusia ketika sistem imun manusia menurun dan infeksi bakteri adalah salah satu jenis penyakit menular yang umum.

Kayu secang dan tambahan etanol sebesar 90% sebagai pelarut minyak dapat meningkatkan kerja sistem imun dalam tubuh sehingga mampu melawan berbagai jenis bakteri seperti bakteri baksil subtilis (penyebab muntaber), bakteri Staphylococcus aureus (penyebab penyakit kulit), Salmonella typhi(penyebab tipes), bakteri E. coli(penyebab gangguan pencernaan dan diare).

3. Anti Radang

Menurut penelitian dari 130 obat-obatan herbal, kayu secang adalah obat herbal yang mampu mencegah peradangan.

4. Menurunkan kadar gula dan menjaga kesehatan hati

Menurut penelitian kayu secang mengandung metabolisme glukosa yang dapat menurunkan kadar gula, kandungan brazilin juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan hati.

Itulah pembahasan tentang manfaat kayu secang untuk bayi dan tubuh manusia semoga dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Related posts: