6 Cara Merawat Agar Aglaonema Cepat Beranak

Posted on

Agar Aglaonema Cepat Beranak – Aglaonema merupakan tanaman hias yang paling populer karena memiliki daun yang indah, tanaman aglaonema memiliki daun dengan corak warna yang beragam mulai dari hijau, perak,hijau kekuningan, punk, kuning dan putih perkembangan tanaman aglaonema terbilang cepat hal ini dapat dilihat dari banyaknya jenis baru aglaonema.

Aglaonema selain mempunyai corak warna yang cantik juga tidak sulit dalam pemeliharaan nya, aglaonema merupakan tanaman hias yang mudah ditanam, tanaman aglaonema merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air, namun dalam penyiraman nya tidak perlu sampai berlebihan hingga menggenangi media tanam, hal ini malah dapat menyebabkan akar tanaman aglaonema membusuk, lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari

Tanaman-Aglaonema
Tanaman Aglaonema

Berikut Adalah Cara Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur

1. Media Tanam Yang Tepat

Media tanam untuk pertumbuhan tanaman aglaonema yang optimal adalah campuran tanah, pupuk kandang/kompos, dan pasir dengan perbandingan 2:2:1, dengan keasaman yang netral antara 5 – 7, masukkan campuran media tanam tersebut kedalam pot.

2. Penyiraman Yang Pas

Tanaman aglaonema merupakan tanaman yang menyukai air, untuk itu siramlah tanaman aglaonema secara rutin pada pagi dan sore hari, namun penyiraman jangan sampai menggenangi media tanam karena dapat menyebabkan pembusukan pada akar tanaman.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tidak Layu

3. Penempatan Yang Benar

Tanaman aglaonema menyukai tempat yang lembab, namun tumbuhan ini juga menyukai sinar matahari, namun daun aglaonema dapat mengering dan warna kecoklatan jika tempatnya terlalu panas, jadi sebaiknya beri perlindungan pada atap agar tanaman aglaonema tidak terkena panas sinar matahari langsung.

4. Pemupukan Yang Benar

Untuk menjaga agar pertumbuhan dari tanaman aglaonema optimal maka berilah pupuk tambahan sebagai nutrisi tanaman, pemberian pupuk alami lebih disarankan karena lebih banyak memberikan nutrisi untuk tanaman, berilah pupuk tambahan secara rutin setiap 3 bulan sekali.

Baca Juga : Bunga Alamanda : Habitat, Jenis dan Manfaatnya

5. Pencucian Daun Aglaonema

keindahan dari tanaman aglaonema terdapat pada daunnya untuk itu agar daunnya terlihat lebih cerah dan mengkilap anda dapat mencucinya dengan bahan-bahan berikut air, susu dan sabut kelapa, campurkan ketiga nya kedalam wadah kemudian ambil dan gosok pada permukaan daun secara merata, diamkan 15 – 30 menit kemudian bilas dengan air, maka tanaman aglaonema akan terlihat semakin cerah, bersih dan indah.

6. Penanganan Hama dan Penyakit

Tanaman aglaonema merupakan tanaman yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Namun bukan berarti tidak bisa terserang hama dan penyakit. Gunakan penanangan yang alami dan benar agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman aglaonema.

Agar Tanaman Aglaonema Cepat Beranak

Tanaman aglaonema dapat dikembangbiakkan dengan banyak cara salah satunya dapat menggunakan cara generatif menggunakan anakan, anda tentu ingin tanaman aglaonema berkembangbiak dengan cepat sehingga koleksi tanaman aglaonema semakin banyak, cara nya yaitu merangsang nya dengan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh).

ZPT merupakan zat khusus yang diciptakan untuk merangsang pertumbuhan tanaman, ZPT berbeda dengan pupuk, ZPT bertujuan menyerap unsur hara dari dalam tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dengan cepat sedangkan pupuk menyediakan unsur hara tersebut, ZPT bisa anda dapatkan ditoko pertanian terdekat.

Baca Juga : Contoh Tanaman Merunduk dan Cara Merundukkan Tanaman

ZPT mempunyai banyak Produk dengan tujuan yang berbeda, khusus untuk merangsang pertumbuhan tanaman aglaonema gunakan ZPT yang berjenis Sitokinin, Cara menggunakan ZPT sitokinin dapat dengan menyemprotkan pada tanaman dan gunakan dosis sesuai anjuran pada kemasan.

Setelah dilakukan Penyemprotan ZPT sitokinin tidak berapa lama kemudian pasti tanaman aglaonema akan menumbuhkan anakan dengan cepat.

Demikian lah pembahasan tentang perawatan aglaonema agar tumbuh subur dan cepat beranak, semoga menginspirasi anda.

Related posts: