Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tidak Layu

Posted on

Cara Merawat Bunga Krisan – Diindonesia bunga krisan begitu populer terutama bagi wanita, bunga krisan juga biasa disebut dengan bunga seruni, keindahan warna dari bunga krisan ini banyak dimanfaatkan sebagai dekorasi pada sebuah acara pernikahan dan juga sering kita jumpai dipekarangan rumah di indonesia.

Bunga seruni merupakan jenis dari suku kenir-keniran yang biasa disebut asteraceae, karena keindahan bunga seruni, maka bunga ini dijadikan sebagai bunga nasional negara jepang, karena keindahan warna dan mempunyai wangi yang khas maka bunga seruni banyak dimanfaatkan juga sebagai minuman teh.

Bunga seruni juga mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh, dan mempunyai vitamin A dan C, teh dari bunga seruni juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, selain itu bunga seruni juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk anda.

Jika anda ingin membudidayakan tanaman bunga seruni ini anda tentunya harus mengetahui karakteristik dari tanaman bunga seruni ini.

Cara-Merawat-Bunga-Krisan
Cara Merawat Bunga Krisan

Berikut Cara Merawat Bunga Krisan

1. Penyiraman Bunga Krisan

Penyiraman-Bunga-Krisan
Penyiraman Bunga Krisan

Pada umum nya semua jenis tanaman membutuhkan air untuk pertumbuhannya dan menambah masa hidupnya, begitu juga tanaman bunga krisan ini membutuhkan air untuk pertumbuhannya.

Siramlah secara teratur tanaman bunga krisan pada pagi dan sore hari, siramlah pagi hari pada jam 6- 9 pagi dan sore hari pada jam 3 – 4 sore.

Penyiraman pada pagi hari sangat dianjurkan karena bunga krisan dapat asupan air untuk bertahan pada panas siang hari.

2. Penyinaran Bunga Krisan

Penyinaran-Bunga-Krisan
Penyinaran Bunga Krisan

Penyinaran matahari untuk bunga krisan sangat penting untuk proses fotositensis, namun kita juga harus memperhatikan kebutuhan sinar matahari yang ideal untuk tanaman bunga krisan, karena penyinaran matahari langsung secara berlebihan merupakan cara yang salah karena dapat membuat tanaman bunga krisan menjadi layu, dan kekeringan.

Tanaman Bunga krisan membutuhkan 3 – 4 jam sinar matahari langsung, untuk itu jika anda ingin menanamnya pada tempat yang terbuka maka berilah pelindung berupa atap diatas tanaman bunga krisan.

3. Suhu Dan Kelembaban

Suhu-Dan-Kelembaban
Suhu Dan Kelembaban

Beberapa jenis tanaman baik itu tanaman bunga, tanaman sayuran, dan tanaman buah serta tanaman yang lainnya membutuhkan suhu dan kelembaban yang pas untuk pertumbuhan nya, begitu juga tanaman bunga krisan membutuhkan kelembaban dan suhu yang ideal pada tempat tumbuhnya.

Untuk itu anda harus mengetahui suhu serta kelembaban tanaman bunga krisan yang ideal agar dapat tumbuh dengan optimal dan tidak mudah mati.

4. Pemberian Pupuk dan Nutrisi Tambahan

Pemberian-Pupuk-dan-Nutrisi-Tambahan
Pemberian Pupuk dan Nutrisi Tambahan

Tanaman bunga krisan membutuhkan tambahan nutrisi agar dapat tumbuh secara optimal dan pertumbuhan yang baik sehingga dapat menghasilkan bunga tampa mengenal musim, pemberian pupuk sangat dibutuhkan guna memenuhi nutrisi pada tanaman.

Kebutuhan nutrisi seperti nitrogen, magnesium, fosfor, sulfur, kalsium dan juga potassium semua nya terdapat pada tanah, oleh karena itu berilah pupuk dan juga nutrisi tambahan pada tanah.

Sebaiknya tanah diberi pupuk alami seperti pupuk kandang dan juga kompos, karena dengan pupuk alami tanaman dapat tumbuh dengan sempurna, dan tanah terhadap berbagai macam penyakit.

5. Pembersihan Hama dan Gulma

Pembersihan-Hama-Dan-Gulma
Pembersihan Hama dan Gulma

Tanaman bunga krisan merupakan tanaman yang rentan terhadap hama dan penyakit dan cara penanggulangan nya tergantung dari hama atau penyakit yang menghampiri.

Biasanya hama yang terdapat pada bunga krisan ini seperti ulat tanah, trimps, tungau merah, serta pengerek daun, cara mengatasinya bisa dengan cara manual yaitu ngambil dan mengumpulkan ulat tanah tersebut kemudian dibakar, bisa juga disemprot dengan cairan insektisida namun dengan takaran secukupnya agar tanaman bunga krisan tetap dapat tumbuh dengan optimal.

6. Tehnik Pinching Dan Disbudding

Tehnik-Pinching-Dan-Disbudding
Tehnik Pinching Dan Disbudding

Tehnik pinching merupakan metode yang dilakukan dalam pemotongan atau pembuangan pucuk daun pada awal penanaman untuk menghasilkan tunas bunga, metode ini banyak digunakan untuk pembudidayaan bunga krisan karena dengan metode ini akan lebih banyak tumbuh bunga daripada daun.

Tehnik Disbudding adalah metode pemotongan yang dilakukan terhadap bunga yang diinginkan atau bunga layu agar mendapatkan bunga yang lebih sempurna.

7. Menjaga Kebersihan Media Tanam

Menjaga-Kebersihan-Media-Tanam
Menjaga Kebersihan Media Tanam

Kebersihan tanaman bunga krisan merupakan hal yang penting untuk pertumbuhan bunga krisan yang lebih optimal, bersihkan benda-benda disekitar tanaman bunga krisan yang tidak dapat diuraikan.

Bersihkan juga tanaman bunga krisan dari gulma tanaman disekitar agar tidak terjadi persaingan tanaman yang diinginkan.

Itulah pembahasan tentang cara merawat bunga krisan, tanaman bunga krisan jika kita mengetahui cara perawatan nya yang benar selain kita dapat keindahan dari bunga krisan juga kita dapat banyak manfaat. terima kasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Related posts: