Contoh Tanaman Merunduk dan Cara Merundukkan Tanaman

Posted on

Contoh Tanaman Merunduk dan Cara Merundukkan Tanaman – Sama seperti binatang, tanaman juga memiliki jenis perkembangbiakan yang begitu bervariasi, tanaman merupakan hal yang begitu penting bagi manusia, tanpa adanya tanaman kebutuhan kita akan oksigen juga kurang karena pada dasar nya tanamanlah yang menyerap gas CO2 dan menghasilkan Gas O2 yang bermanfaat bagi kita, selain itu juga jika tidak ada tanaman dihutan ataupun dikebun, maka bumi tentu akan semakin panas untuk ditinggali dan terlihat gersang.

Tahukan anda tentang tanaman merunduk dan bagaimana ciri cirinya?

Tanaman merunduk merupakan salah satu jenis dalam perkembangbiakan tanaman. perkembangbiakkan merunduk ini merupakan jenis pembudidayaan yang di katagorikan sebagai vegetatif buatan.

Terdapat beberapa syarat agar tanaman dapat dibudidayakan dengan cara merunduk ini seperti tanaman harus memiliki batang yang panjang dan juga tanaman harus memiliki sifat lentur dan jarak tumbuh berdekatan dengan tanah, jenis tanaman apa saja yang cocok dibudidayakan dengan cara merunduk ini.

Tanaman-Merunduk
Tanaman Merunduk

Berikut Contoh Tanaman Merunduk

Sangat banyak contoh tanaman merunduk, dengan syarat-syarat diatas tentu anda sudah tau dan dapat membayangkan jenis tanaman apa saja yang dapat dibudidayakan menjadi tanaman merunduk, contoh tanaman yang dapat dikembangbiakkan menjadi tanaman merunduk adalah tanaman anggur, tanaman soka, bunga mawar, buah arbei serta jambu air.

Tanaman Merunduk Majemuk

1. Anggur

Anggur merupakan tanaman yang dapat dikembangbiakan dengan cara merunduk majemuk, sistem ini adalah menggunakan cara menimbun seluruh cabang tanaman anggur kedalam tanah, sehingga menghasilkan tanaman baru.

2. Tanaman Asoka

Tanaman asoka juga merupakan tanaman yang dapat dikembangbiakan dengan cara merundung majemuk, dengan cara vegetatif buatan perkembangan tanaman asoka akan tumbuh dengan perkembangan yang lebih cepat.

3. Apel

Apel juga merupakan tanaman yang dapat dikembangbiakan dengan cara vegetatif buatan dengan cara merunduk majemuk.

Tanaman Merunduk Biasa

1. Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan tanaman yang dapat dikembangbiakan menggunakan cara vegetatif buatan merunduk biasa, cara ini hampir sama dengan merunduk majemuk hanya saja cabang tanaman hanya sebagian saja yang ditanam kedalam tanah

2. Buah Arbei

Buah arbei dapat dikembangbiakan menggunakan cara merunduk biasa, setelah tanaman ditimbun kedalam tanah, butuh waktu 2-3 minggu untuk dapat menghasilkan tunas.

3. Jambu Air

Jambu air dapat dikembangbiakan menggunakan cara merunduk biasa, menanam jambu air menggunakan metode merunduk akan lebih cepat menghasilkan buah.

Cara Merundukkan Tanaman

Mengembangbiakkan tanaman merunduk memiliki 2 cara

Yang pertama adalah merunduk secara majemuk, merunduk secara majemuk dapat dilakukan dengan merundukkan dengan cara ditimbun tanah keseluruh tempat hingga ujung tanaman. tanaman yang dapat dirundukkan dengan cara majemuk adalah tanaman anggur dan tanaman soka

Dan cara yang kedua adalah merunduk secara biasa adalah tanaman yang dirundukkan dengan cara ditimbun dengan tanah, tetapi ujung dari cabang tanaman tidak ditimbun menggunakan tanah. dan ketika cabang itu membentuk sebuah akar maka tanaman tersebut kemudia dipotong, dengan tujuan mendapat tanaman yang baru, tanaman yang dapat ditundukkan secara biasa ini cukup banyak seperti bunga mawar, buah arbei, dan jambu air.

Untuk mengembangbiakkan tanaman dengan cara merunduk, anda dapat melakukan percobaan menggunakan beberapa jenis tanaman diatas, tanaman yang mudah untuk melakukan percobaan tanaman merunduk ini seperti buah arbei, buah apel, bunga mawar dan lain-lain. media tanam yang harus disiapkan adalah pot, air, pupuk, pisau yang tajam atau cutter.

Yang harus anda lakukan adalah mencari batang pohon yang kuat,cukup tua dan memiliki batang yang panjang, kemudian bagian batang dari pohon dikikis seperti menggunakan metode pencangkokan.

Kemudian bengkokkan cabang pohon yang akan di rundukkan hingga menyentuh tanah dan mengubur bagian dari tanaman tersebut menggunakan tanah, biarkan tanaman tersebut selama satu minggu, tetapi jangan lupa mengontrolnya setiap hari dan juga menyiram nya. Dan pada saat anda melihat tunas baru muncul maka ambillan tanaman tersebut menggunakan cutter. kemudian tanaman tersebut dapat dipindahkan pada lahan yang telah disiapkan.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh tanaman merunduk dan cara merundukkan tanaman semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya :