15 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Posted on

Bawang Merah – Jangan katakan bahwa Anda orang Indonesia jika Anda tidak mengenal bawang merah (Allium cepa L). Tentu saja Anda tahu sebagai orang Asia Tenggara karena sudah menjadi salah satu bumbu penyedap ini.

Kandungan bawang merah umumnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan, yaitu umbi yang digunakan sebagai bawang goreng. Sedangkan daun bawang merah untuk penyedap masakan.

Manfaat-Bawang-Merah
Manfaat Bawang Merah

Kandungan vitamin dan nutrisi hanya bisa bermanfaat jika dikonsumsi mentah. Saat dimasak, vitamin dan nutrisi berkurang dan bahkan hilang.

Manfaat Bawang Merah

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh jelas dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerang kuman, virus dan bakteri yang menyerang dari luar tubuh. Nah, manfaat kesehatan bawang merah yang pertama adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Diyakini bahwa kandungan selenium dalam bawang merah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga kita dapat terhindar dari penyakit.

Mencegah Kanker

Manfaat kesehatan yang terkenal dari bawang merah dikatakan sebagai salah satu obat mujarab untuk menghancurkan kanker usus dan payudara. Diyakini bahwa kandungan quercetin dan anthocyanin dalam bawang merah dapat menghambat dan menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti juga melihat seberapa sering orang Italia dan Swiss makan bawang merah, bawang putih dan sayuran. Hasilnya adalah orang yang mengonsumsi lebih banyak bawang merah cenderung semakin rendah terkena kanker.

Menyehatkan Jantung

Manfaat bawang merah bagi kesehatan sangat penting dan dapat menyehatkan jantung. Kandungan metilallyl sulfida dan asam amino sulfur dalam bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, bawang merah juga bisa mengendalikan tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat kesehatan berikutnya dari bawang merah adalah untuk menurunkan kolesterol. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) kelebihan berat badan. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, ada yang diminta banyak mengkonsumsi bawang merah, kelompok kedua diminta untuk mengkonsumsi sedikit bawang merah. Hasilnya adalah orang yang banyak mengonsumsi bawang merah, tingkat kolesterolnya turun

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Tulang adalah salah satu hal terpenting dalam tubuh yang tugasnya menopang tubuh kita. Sebagai perlindungan, Anda bisa mengkonsumsi bawang merah yang kaya kalsium, serta minuman seperti susu. Alasan bawang merah bermanfaat untuk kesehatan lebih lanjut adalah untuk meningkatkan kepadatan tulang. Bawang merah dipercaya dapat mencegah osteoporosis dan menjaga massa tulang.

Mengatasi Sembelit

Bawang merah adalah ramuan yang tepat untuk mengatasi masalah sembelit. Kandungan yang terdapat dalam bawang merah dapat membantu dalam proses mengeluarkan racun melalui tubuh, sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. Manfaat kesehatan bawang merah adalah untuk mengatasi sembelit.

Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah penyakit yang sering disebabkan oleh infeksi atau radang tenggorokan. Untuk mengatasi radang tenggorokan, Anda bisa menggunakan bawang merah. Soalnya, manfaat bawang merah untuk kesehatan lainnya adalah mengatasi radang tenggorokan. Hal Ini karena kandungan quercetin dalam bawang merah, yang diyakini dapat meredakan peradangan.

Melancarkan Sistem Pernapasan

Manfaat kesehatan bawang merah adalah salah satu obat anti-inflamasi. Karena itu, penderita asma dan penderita alergi disarankan untuk mengambil jenis umbi-umbian tersebut. Juga diyakini bahwa bawang merah melancarkan sistem pernapasan.

Tingkatkan Kualitas Tidur

Jika Anda sulit tidur, mulailah mengkonsumsi bawang merah. Sebab manfaat bawang bagi kesehatan adalah dengan meningkatkan kualitas tidur. Rempah-rempah yang satu ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres. Selain itu, diyakini bahwa bakteri baik yang terkandung dalam bawang merah merangsang kinerja otak.

Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat bawang untuk kesehatan lebih lanjut berkontribusi pada kesehatan mata. Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang merah terbukti baik untuk kesehatan mata. Zat-zat ini dapat merangsang produksi protein, yaitu glutathione, yang bertindak sebagai antioksidan. Vitamin E dalam bawang merah sangat baik untuk mata.

Menurunkan Hipertensi

Dalam jurnal Pharmacological Reports 2009 yang diterbitkan juga disebutkan bahwa quercetin yang cukup tinggi dalam bawang merah dapat menurunkan hipertensi. Pada seseorang dengan tekanan darah tinggi, ada risiko menderita berbagai penyakit degeneratif, seperti Penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal dan diabetes mellitus.

Mendongkrak Stamina Pria

Manfaat bawang merah tidak hanya bagi kesehatan saja. Namun, khasiat bawang merah untuk lelaki juga bisa membantu sistem imun tubuh yang lemah dapat membuat seseorang lemas, mudah lelah, serta bergerak lambat di atas ranjang.

Mengatasi Kulit Terbakar

Bawang merah dapat digunakan untuk mengobati kulit terbakar. Ahli pengobatan tradisional di Farmasi Rakyat mengklaim bahwa jus bawang segar adalah balsem yang sempurna untuk mengobati luka bakar baru.

Bawang merah bahkan dapat mencegah pembakaran lepuh kulit. Caranya adalah dengan mengambil seluruh bawang dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian oleskan ke bagian pembakaran.

Mengatasi Jerawat dan Bekas Jerawat

Anda bisa membuat obat jerawat dari bawang merah. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 kuning telur, 1 sendok makan minyak zaitun, 2 sendok makan jus bawang merah dan 2 sendok makan jus mentimun.

Oleskan dengan jerawat di wajah. Biarkan selama sepuluh daun sebelum Anda mencuci muka seperti biasa.

Mengontrol Diabetes

Kandungan bawang merah yaitu flavonoid membantu mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes. Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat bawang merah mentah dapat meningkatkan produksi insulin dan membantu mengendalikan berat badan terkait diabetes. sifat bawang merah tertentu merangsang sekresi insulin, mengurangi respons inflamasi yang terkait dengan diabetes.

Demikianlah pembahasan tentang bawang merah semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: