10 Manfaat Teh Daun Sukun dan Cara Membuat Teh Daun Sukun

Posted on

Teh Daun Sukun – Tanaman sukun tumbuh subur di daerah tropis, terutama di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 20 meter. Anda mungkin sudah mengenal sukun karena sering dikonsumsi.

Tapi tahukah Anda bahwa daun sukun juga bisa digunakan sebagai minuman teh herbal?

Teh-Daun-Sukun
Teh Daun Sukun

Teh daun sukun memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan. Hal Itu karena jumlah nutrisi yang dikandungnya.

Kandungan Nutrisi Daun Sukun

  1. Energi : 119 kkal
  2. Karbohidrat : 28,1 g
  3. Protein : 1,4 g
  4. Lemak : 0,1 g
  5. Zat Besi : 1,4 mg
  6. Kalsium : 24 mg
  7. Fosfor : 44 mg
  8. Vitamin A : 0 IU
  9. Vitamin B1 : 0,17 mg
  10. Vitamin C : 52 mg

Kandungan lain yang terdapat pada daun sukun antara lain:

  1. Kalium
  2. Asam amino esensial
  3. Riboflavin (vitamin B2)
  4. Tannin
  5. Hidrosianat
  6. Polifenol
  7. Asteilcolin
  8. Antioksidan

Manfaat Teh Daun Sukun

Mengatasi Hipertensi

Kandungan nutrisi daun sukun sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Daun sukun dapat dikonsumsi sebagai minuman seperti teh herbal. Telah diketahui dalam industri farmasi bahwa ekstrak daun sukun secara alami dapat mengatasi hipertensi.

Mengontrol Kolesterol

Jika kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah di atas batas normal, maka bisa menimbulkan berbagai masalah, mulai dari masalah kesehatan hingga penyakit jantung. Konsumsi kelebihan lemak dan protein bisa menjadi faktor utama kolesterol tinggi. Teh Daun Sukun memiliki kemampuan untuk menurunkan kelebihan kolesterol dan menghambat penumpukan di dinding pembuluh darah (aorta).

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit kronis yang tidak mengenal usia. Gaya hidup yang tidak sehat sekarang menjadi faktor utama dalam perkembangan penyakit ini. Dalam teh daun sukun, ada obat yang disebut flavonoid, serta sitosterol. Kedua obat dapat memiliki efek positif pada kesehatan jantung dan juga pada pembuluh darah.

Bagus untuk Diabetes

Penderita diabetes biasanya menerima insulin untuk menjaga kadar gula darah stabil. Teh daun sukun tampaknya memiliki fungsi yang sama dengan insulin, karena dapat menurunkan kadar gula darah. Menurut penelitian, senyawa flavonoid pada daun sukun memiliki kemampuan melawan diabetes, yang cukup efektif.

Menyehatkan Ginjal

Salah satu masalah yang dapat mempengaruhi kerja ginjal adalah batu ginjal. Racun yang semakin menumpuk dan mengeras di ginjal bisa menjadi batu ginjal. Jika terus dibiarkan tentu akan berdampak sangat negatif bagi tubuh. Teh daun sukun tampaknya merupakan salah satu solusi alami untuk masalah ini. Dikatakan bahwa kalium yang terkandung dalam daun sukun dapat memecah batu ginjal untuk selanjutnya dikeluarkan dari tubuh bersama dengan urin.

Mengatasi Asam Urat

Daun sukun sendiri sering dikaitkan dengan asam urat. Dipercayai bahwa dengan minum ekstrak daun sukun serta teh daun sukun penyakit asam urat dapat diobati secara teratur. Minuman herbal ini juga baik terhadap efek asam urat seperti peradangan yang terjadi pada persendian sudah tepat.

Mengobati Maag

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kadar asam amino esensial dalam daun sukun cukup efektif dalam mencegah penyakit maag. Selain ituasam lambung, yang merupakan penyebab maag juga dapat distabilkan oleh kalium. Dan riboflavin (vitamin B2), tanin, serat, polifenol, asteilkolin, dan hidroksi pada daun sukun dapat membantu mencegah penyebab kanker di usus besar.

Mencegah Kanker

Kandungan nutrisi, seperti. Antioksidan dalam daun sukun juga dapat membantu mencegah aktivasi sel kanker dalam tubuh. Antioksidan sudah dikenal sebagai agen anti kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Inflamasi

Untuk memanfaatkan daun sukun, yang dapat membantu mencegah inflamasi dan peradangan, siapkan 1 lembar daun sukun tua, cuci daun sukun sampai bersih dan rebus daun sukun dengan 5 gelas air. Setelah air mendidih dan air rebusan dibelah dua, tambahkan air lagi, tuangkan air daun sukun dan minum secara teratur.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan tanaman obat alami untuk mengurangi gula darah mulai meluas. Sukun adalah jenis tanaman yang memiliki efek insulin, yang dapat menurunkan gula darah. Penelitian ilmiah juga telah mengkonfirmasi kemanjuran banyak tanaman dalam mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hasil penelitian Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo dan Euis Filaila dari LIPI Chemical Research Center menunjukkan bahwa senyawa flavonoid daun roti roti yang berhasil diisolasi 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone adalah agen anti-diabetes yang kuat.

Cara Membuat Teh Daun Sukun

  1. Sebenarnya cukup mudah membuat teh sendiri dari daun sukun. Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun sukun yang sudah terlihat tua dan bagus, dan siapkan air bersih.
  2. Selanjutnya, jemur daun sukun hingga kering. Masak dengan air jernih setelah pengeringan Dosis bisa mencapai 5 gelas air. Didihkan sampai setengah dari air tersisa.
  3. Ketika sisa setengah dari dosis awal kemudian tambahkan air dan direbus sampai mendidih. Sebelum dikonsumsi, tunggu sampai air rebusan benar-benar dingin.

Demikianlah pembahasan tentang teh daun sukun semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: