12 Manfaat Buah Ceri dan 5 Kandungan Buah Ceri

Posted on

Buah Ceri – Buah ceri adalah makanan penutup yang sering ditemukan atau sebagai hiasan dalam kue ulang tahun. Di balik bentuknya, buah ceri memiliki banyak manfaat kesehatan yang jarang diketahui.

Manfaat buah ceri yang dikenal sering digunakan sebagai hiasan kue karena bentuknya yang mungil dan warna yang manis. Buah mungil ini tidak hanya terlihat cantik dan manis, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Buah-Ceri
Buah Ceri

Hal Ini berkat kandungan buah ceri yang memiliki manfaat luar biasa. Ceri kaya akan vitamin A dan C. Ceri juga memiliki beberapa asam lemak, omega 3 dan omega 5.

Kandungan Buah Ceri

Kandungan buah ceri memiliki antioksidan dan polifenol yang dapat membantu memerangi penyakit. Selain itu, 1 cangkir buah ceri segar mengandung nutrisi berikut, menurut Departemen Pertanian AS (USDA):

Vitamin

Ceri mengandung 10,8 mg vitamin C, yang dibutuhkan untuk membentuk kolagen di tulang, darah, otot, dan pembuluh darah dan membantu tubuh menyerap zat besi. Kandungan ceri juga mengandung beta-karoten dan vitamin K dalam jumlah kecil, vitamin B-6 dan vitamin A.

Kalori, Karbohidrat dan Gula

Secangkir ceri mengandung 97 kalori, 25 gram karbohidrat dan 20 gram gula. Sebagian besar kalori berasal dari gula.

USDA merekomendasikan untuk mengonsumsi 130 gram karbohidrat per hari, tetapi mereka yang diet rendah karbohidrat harus dibatasi hanya 20 hingga 30 gram. Sebagai contoh, makan hanya beberapa buah ceri dapat melebihi batas itu.

Serat

Salah satu manfaat buah ceri adalah kandungan seratnya, yang bagus untuk pencernaan. Hingga 3 gram serat memberikan ceri 13 persen dari jumlah harian yang disarankan. Manfaat serat dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Mineral

Satu cangkir buah ceri mengandung 342 miligram kalium atau 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Kandungan ceri juga mengandung tembaga, mangan, magnesium, besi, kalsium, fosfor dan zinc.

Sterol

Buah Ceri mengandung banyak pitosterol. Kandungan ceri bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat Buah Ceri

Anti Inflamasi

Ceri memang dikenal sebagai anti-inflamasi yang kuat. Karena kandungan anthocyanin dalam buah ceri dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Artritis

Menurut Arthritis Foundation, minum jus ceri tiga kali dalam sehari dapat menyembuhkan radang sendi. Sekali lagi, hal ini disebabkan oleh efek anti-inflamasi dalam buah ceri.

Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian di University of Michigan menemukan bahwa mengkonsumsi buah ceri dapat mengurangi semua risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, lemak tubuh dan kolesterol.

Anti Kanker

Para peneliti telah menemukan bahwa antioksidan yang sangat tinggi, yang disebut cyanidin, dalam buah ceri sangat efektif melawan kanker.

Meningkatkan Daya Ingat

Buah Ceri mengandung senyawa anthocyanin, yang sangat baik untuk otak dan secara signifikan dapat meningkatkan daya ingat.

Kandungan Beta Karoten

Ceri memiliki kandungan beta-karoten tertinggi, yaitu 19 kali lebih tinggi dari blueberry atau stroberi.

Obat Tidur Alami

Buah Ceri mengandung melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur tubuh. Karena itu, makan buah ceri dapat meningkatkan siklus tidur yang baik. Ini akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

Menurunkan Gula Darah

Di dalam buah ceri, ada antioksidan tingkat tinggi dalam insulin yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Anda bisa makan ceri sesering mungkin untuk menjaga kadar gula tetap terkendali jika Anda makan berlebihan.

Mencegah Asam Urat

Antioksidan dalam ceri juga dapat membantu mencegah asam urat selain menurunkan kadar gula darah. Anda juga bisa mengubah buah ceri menjadi jus untuk membuatnya lebih lezat saat dikonsumsi. Asam urat dapat mengkristal pada persendian dan pada pasien yang sangat nyeri. Ceri mengandung antioksidan yang tinggi anti inflamasi yang disebut anthocyanin. Ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Buah ceri dalam jumlah sedang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke plasenta dalam darah Anda. Selain itu, buah ceri dapat membantu wanita hamil yang memiliki masalah tidur agar tidur lebih nyenyak di malam hari.

Menyehatkan Usus

Buah Ceri juga dapat memiliki efek positif pada mikrobioma usus manusia, sehingga usus Anda menjadi sehat. Makan lebih banyak ceri juga sangat baik untuk Anda karena dapat merangsang pertumbuhan bakteri di usus Anda.

Menurunkan Risiko Kesehatan Jantung

Ternyata buah ceri juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol, yang keduanya dapat menyebabkan penyakit jantung. Ini bisa mengurangi risiko kesehatan jantung.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah ceri semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: